Tata Cara Seminar Proposal

Seminar proposal merupakan salah satu fase yang harus dilewati mahasiswa tingkat akhir agar bisa menyelesaikan penelitiannya. Oleh karena itu penting untuk mengetahui tata cara seminar proposal agar penelitian yang akan dilakukan dapat disetujui oleh penguji. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengikuti seminar proposal:

1. Siapkan Proposal Penelitian

Mengikuti seminar proposal berarti calon peserta seminar harus sudah menyelesaikan proposal penelitian. Hal ini dikarenakan seminar proposal merupakan kesempatan mahasiswa tingkat akhir untuk mempresentasikan desain penelitiannya kepada penguji.

Adapun, proposal penelitian pada umumnya terdiri dari Bab I yang berisikan uraian mengenai latar belakang masalah. Kemudian Bab II yang menjelaskan konsep dan teori yang digunakan dalam penelitian. Lalu, Bab III berisi metodologi penelitian yang menjelaskan bagaimana mekanisme dan tahapan penelitian yang akan dilakukan peneliti hingga mendapatkan simpulan.

2. Daftar Seminar Proposal

Tata cara seminar proposal yang berikutnya yaitu mendaftar ke bagian staf kampus. Pada umumnya kampus akan membuka pendaftaran seminar proposal di setiap semester dalam periode waktu tertentu. Jadi, pastikan catat kapan calon peserta seminar bisa mendaftar dan sampai kapan batas waktu pendaftarannya. Beberapa kampus memberlakukan aturan yang ketat sehingga mahasiswa yang telat mendaftar tidak bisa mengikuti seminar.

Selain itu, biasanya ada sejumlah persyaratan lainnya yang harus dipenuhi mahasiswa saat mendaftar seminar. Antara lain itu menyerahkan draf proposal seminar yang terdiri bab pertama sampai bab ketiga. Oleh karena itu, sebelum mendaftar pastikan proposal penelitian sudah selesai dan telah disetujui oleh pembimbing untuk mengikuti seminar.

3. Perhatikan Jadwal Seminar

Dalam kebanyakan kasus, kampus selalu menyelenggarakan seminar di setiap jadwal mata kuliah seminar. Dengan demikian, seminar akan berlangsung selama waktu mata kuliah tersebut berjalan. Jika jumlah peserta seminar cukup banyak, maka seminar bisa dilaksanakan selama berhari-hari bahkan hingga berminggu-minggu. Hal ini dikarenakan pelaksanaan seminar hanya bisa dilakukan mahasiswa sendiri-sendiri. Jadi, presentasi untuk menjelaskan proposal penelitian dilakukan secara bergantian.

Setelah jadwal seminar diumumkan, pastikan untuk mempersiapkannya dengan baik supaya presentasi dapat berjalan dengan lancar. Catat kapan mendapat giliran untuk presentasi dan pastikan untuk datang lebih awal supaya tidak terlambat.

4. Kenali Audiens

Meskipun seminar masih dilaksanakan di lingkungan kampus, bukan berarti bisa menyepelekan siapa saja audiens yang akan hadir. Anggap saja seminar ini adalah momen yang sama dengan tampil berbicara di depan umum. Supaya setiap materi yang akan disampaikan bisa dipahami oleh audiens, tentunya pembicara harus bisa menyesuaikan bagaimana penyampaian materi yang baik.

Pada umumnya, audiens yang hadir dalam seminar proposal adalah rekan sekelas, dosen pembimbing, dan juga dosen penguji. Jika memungkinkan, carilah informasi terlebih dahulu siapakah dosen penguji yang akan hadir. Dosen penguji yang sudah dikenal tentunya akan membuat rasa percaya diri lebih meningkat saat presentasi. Sedangkan penguji yang kritis sebaiknya diantisipasi dengan mempersiapkan materi presentasi sebaik mungkin.

5. Presentasikan Proposal Penelitian

Setelah melakukan keempat cara di atas, tiba waktunya untuk tampil dan mempresentasikan proposal penelitian. Selain mempersiapkan materi presentasi dengan baik, penting juga untuk memperhatikan durasi presentasi. Jangan sampai waktu yang sudah ditentukan tidak cukup untuk menjelaskan seluruh materi presentasi. Hal ini dapat berakibat fatal dan berpotensi mendapatkan pengurangan nilai dari dosen penguji.

Demikianlah penjelasan mengenai tata cara seminar proposal. Pastikan setiap cara yang telah dijelaskan di atas dilakukan dengan baik untuk mendapatkan nilai maksimal. Seminar yang dapat membuat penguji terkesima sudah pasti akan mendapatkan persetujuan untuk melanjutkan penelitian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *