Apa itu kemampuan spasial matematis pada anak? Kemampuan spasial merupakan kemampuan seseorang dalam memahami, menghubungkan, menapulasi maupun manafsirkan suatu objek yang ada pada pikiran secara nyata.

Faktor yang mempengaruhi kemampuan spasial matematis

Apabila masih ada siswa yang belum fasih dalam membayangkan perspektif maupun representative gambar secara jelas maka akan merasakan kesulitan dalam mencari salah satu jawaban jika ada soal yang berhubungan dengan spasial.

Kemampuan spasial yang harus ada pada siswa tergambar secara jelas dalam intruksi program matematika dengan memperhatikan geometri dan spasial, sehingga siswa bisa menggunakan penalaran spasial dalam memecahkan masalah. Ada tiga faktor dalam kemampuan spasial:

1.      Orientasi Spasial

Yang pertama mengenai orientasi spasial, orientasi spasial ini merupakan kemampuan siswa agar tidak bingung saat ada perubahan orientasi. Orientasi spasial ini sebagai kemampuan seseorang dalam membayangkan penampilan objek dalam perspektif yang berbeda.

2.      Visualisasi Spasial

Selanjutnya, faktor yang mempengaruhi kemampuan spasial matematis pada anak yaitu visualisasi spasial. Maksud dari visualisasi yaitu memahami gerakan imajiner yang ada dalam ruangan tiga dimensi. Dalam hal ini, merupakan kemampuan dalam memanipulasi, berputar, membalik benda dan membayangkan pada seseorang.

3.      Rotasi Percepatan

Yang ketiga ada rotasi percepatan, maksudnya hubungan spasial dalam kemampuan mental untuk memutar objek spasial dengan benar dan secepat mungkin. Selain itu, juga bisa dengan memahami susunan pada suatu objek serta bagaimana hubungannya yang satu dengan yang lainnya.

Matematika menjadi salah satu mata pelajaran wajib saat di sekolah. Salah satu tujuan dari belajar matematika yaitu dengan memahami konsep matematika serta bisa mengaplikasikan algoritma secara mudah. Selain itu, ada juga geometri yang berguna untuk memcahkan masalah dalam hal matematika yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Alat dan temmmpat yang bagus untuk melatih kemampuan anak adalah di Play Group, Taman Kanak kanak, studi center. Dengan pendampingan pembimbing yang sudah bersertifikasi akan menjamin proses dan pemilihan materi cocok dan sesuai dengan perkembangan siswa.

Salah satu standar masalah geometri pada mata pelajaran matematika yaitu agar anak bisa menggunakan kemampuan dalam penalaran spasial, visualisasi serta menyelesaikan masalah. Karena, matematika siswa di Indonesia masih tertinggal, sehingga perlu adanya kemampuan spasial matematis pada anak yang perlu adanya peningkatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *