beasiswa kedokteran untuk sma

Setiap anak mempunyai kesempatan untuk meraih mimpi menjadi apa pun yang diimpikannya, termasuk menjadi seorang dokter. Bagi seluruh anak Indonesia bisa mencoba beasiswa kedokteran untuk SMA yang telah banyak ditawarkan oleh pemerintah atau pun lembaga swasta. Untuk lebih lanjutnya simak penjelasan terkait cara mendapatkan beasiswa kedokteran berikut:

Pilihan Beasiswa Kedokteran untuk SMA Terkini

Nah, bagi seluruh pelajar Indonesia yang ingin meraih mimpinya sebagai seorang dokter, bisa memanfaatkan beasiswa dalam negeri. Sekarang terdapat berbagai pilihan beasiswa yang bisa digunakan untuk melanjutkan pendidikan. Berikut pilihan beberapa beasiswa Universitas kedokteran yang bisa dicoba yaitu:

  • Kedokteran Militer dari Universitas Pertahanan.
  • Universitas Atma Jaya.
  • Perguruan Tinggi Islam Indonesia.
  • UNAIR.
  • Beasiswa Universitas Indonesia.
  • Universitas Swasta, UPH.

Itulah beberapa Universitas yang menawarkan program beasiswa kepada para pelajar SMA atau pun yang sudah menyelesaikan pendidikan di bangku SMA. Sebenarnya banyak perguruan tinggi yang memberikan beasiswa bahkan hingga luar negeri. Beberapa beasiswa tersebut juga menawarkan berbagai program serta kelebihannya masing-masing.

Syarat Mendapatkan Beasiswa Kedokteran di Perguruan Tinggi Dalam Negeri

Bagi yang tengah menempuh pendidikan di SMA bisa mempertimbangkan beasiswa kedokteran yang telah disediakan oleh beberapa universitas negeri. Di Indonesia sendiri setiap kampus negeri biasanya akan memberikan peluang terhadap pelajar untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Namun terdapat beberapa Syarat yang perlu diperhatikan supaya bisa lolos dan berhasil untuk mendapatkannya diantaranya yaitu:

1. Terdaftar di Jurusan IPA

Hal pertama yang harus dipenuhi oleh seseorang yang ingin memperoleh beasiswa kedokteran untuk SMA yaitu terdaftar di jurusan IPA. Hal tersebut sudah dijadikan syarat mutlak yang telah diberlakukan oleh seluruh kampus. Tujuan dari diambilnya jurusan tersebut karena merupakan jurusan yang paling relevan dan sinkron dengan bidang kedokteran.

2. Lulus Tes Kesehatan

Berikutnya syarat yang harus dipenuhi setiap pelajar yang ingin menjadi seorang dokter yaitu harus lulus tes kesehatan. Merupakan syarat penting, sebba tidak mungkin seorang dokter yang bertugas menjadi penyelamat mempunyai kondisi fisik yang lemah. Selain itu dengan diberlakukannya sayarat ini menjadikan semua dokter harus kuat secara fisik dan juga mental.

3. Mempunyai Prestasi Baik

Bagi seorang penerima beasiswa bukanlah orang sembarangan, pelajar SMA atau calon penerima harus mempunyai prestasi yang baik. Nilai yang dimiliki harus diatas rata-rata dan bisa dibilang jika penerima tersebut adalah seorang yang cerdas. Merupakan faktor terpenting, sebab ilmu kedokteran amat rumit, sehingga dibutuhkan orang-orang yang memang mumpuni.

4. Tidak Buta Warna

Selanjutnya bagi pelamar yang ingin mendapatkan beasiswa pendidikan kedokteran tidaklah buta warna baik ringan atau berat. Kelainan buta warna termasuk hal penting yang dijadikan syarat karena bisa menimbulkan masalah yang fatal bagi seseorang terlebih dokter. Hal tersebut dikarenakan akan mengganggunya dalam konsentrasi dan juga menangani pasien nantinya.

5. Telah Lulus Tes Universitas

Terakhir para peserta yang telah mendaftarkan dirinya untuk menerima beasiswa, sebelumnya harus lulus tes seleksi yang dilakukan universitas tersebut. Proses tes bisa dilakukan sebelum mengajukan permohonan beasiswa. Jadi pastikan untuk belajar dan mengikuti tes perguruan tinggi hingga akhirnya dinyatakan lulus.

Nah, itulah beberapa syarat yang perlu dilengkapi dan juga dilakukan secara maksimal oleh setiap pelajar. Persyaratan yang diberikan memang cukup tinggi, mengingat program beasiswa tersebut diberikan kepada calon dokter. Hal tersebut juga tidak lepas dari faktor biaya studi pendidikan dokter yang terbilang mahal, oleh sebab itu syaratnya cukup selektif.

Demikianlah penjelasan terkait pilihan beasiswa kedokteran untuk SMA dalam negeri beserta syaratnya harus diketahui. Supaya bisa lulus dan berhasil mendapatkan beasiswa tersebut tentu diperlukan usaha yang maksimal. Mengingat jumlah persaingan dalam mendapatkan beasiswa sangat ketat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.