Macam Macam Beasiswa ke Turki

Semakin ke sini semakin banyak siswa maupun mahasiswa yang menjadikan negara Turki sebagai tempat tujuan terbaik untuk melanjutkan pendidikan masing-masing. Tidak heran jika pada masa sekarang ini, semakin banyak pula yang mencari tahu informasi mengenai macam macam beasiswa ke Turki. Belum lagi jika ternyata ada beasiswa yang mudah untuk diajukan.

Secara garis besar, memang lebih banyak jenis beasiswa untuk pendidikan khusus perguruan tinggi yang disediakan oleh berbagai lembaga yang ada. Beberapa di antaranya juga ada yang sudah terkenal dan bahkan sering dijadikan sebagai pilihan utama bagi para mahasiswa asal Indonesia. Silakan simak beberapa pilihan berikut ini yang dapat dijadikan pilihan:

1. Yunus Emre Turkish Language Scholarship Program

Jenis beasiswa yang pertama ini dapat dikenali dan dipahami sebagai beasiswa yang disediakan untuk para mahasiswa yang tertarik dengan bahasa. Pasalnya sejak awal, jenis beasiswa ini memang disediakan dan ditawarkan untuk mempermudah akses dalam mempelajari bahasa Turki dengan lebih dalam. Bahkan program yang disediakan pun termasuk bervariasi sesuai dengan keinginan.

2. Vakiflar Genel Mudurlugu

Kemudian ada juga jenis program beasiswa yang disediakan secara khusus oleh lembaga pendidikan yang ada di Turki untuk mempermudah mahasiswa. Bahkan untuk urusan dana yang bisa diperoleh, para mahasiswa tidak perlu lagi merasa khawatir karena uang sakunya pun cukup besar. Selain itu, berbagai jenis jurusan juga dapat disesuaikan dengan programnya.

3. Anatolian Undergraduate Scholarship Program

Berbeda dengan macam macam beasiswa ke Turki yang sebelumnya sudah dijelaskan, jenis program ini malah direkomendasikan kepada para pelajar SMA. Bahkan para pelajar yang masih menduduki kelas kedua di SMA juga bisa memanfaatkan jenis beasiswa ini demi mendapatkan bantuan finansial. Selain itu, program jurusan yang ada pun cukup lebih bervariasi.

4. Bab-I Alem International Student Association 

Sementara itu, untuk jenis program beasiswa ke negara Turki yang keempat ini juga menawarkan kemudahan dalam penyesuaian dengan jurusan masing-masing. Hanya saja, sejak awal dirilis jenis beasiswa ini hanya ditawarkan kepada para laki-laki sehingga perempuan tidak dapat mengajukan. Walaupun begitu, proses pendaftaran dapat dilakukan dengan mudah dan online.

5. Islamic Studies Scholarship Program

Jangan sampai dilewatkan selain macam macam beasiswa ke Turki sebelumnya, ada juga program beasiswa ke Turki yang dapat dijadikan pilihan. Namun kali ini, setiap orang wajib mengetahui bahwa seperti nama yang digunakan, hanya ada jurusan tertentu yang bisa digunakan nantinya. Beasiswa ini hanya dikhususkan untuk jenis jurusan seperti studi Islam.

6. Bosphorus Undergraduate Scholarship Program

Berikutnya ada jenis program beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke Turki yang ternyata memiliki ketentuan yang jauh lebih bebas daripada sebelumnya. Pasalnya, jenis program ini sejak awal dapat memudahkan setiap orang untuk menentukan pilihan program studi dengan beberapa batasan yang ada. Misalnya, jurusan agama dan kedokteran tidak dapat menggunakan program ini.

7. YTB Success and Support Scholarship Programs

Sejak awal, jenis program beasiswa ini hanya bisa diajukan oleh beberapa orang yang sudah mengikuti seleksi awal yang ketat. Walaupun begitu, setidaknya jenis program ini menawarkan keuntungan yang lebih berkaitan dengan jumlah dana yang ditawarkan dan dapat dinikmati nantinya. Apalagi beasiswa ini bersifat lebih resmi dan dikeluarkan oleh pemerintah.

Mengetahui macam macam beasiswa ke Turki sejak awal bisa memberikan keuntungan terutama memudahkan dalam menentukan pilihan yang dianggap paling tepat. Apalagi pada masa sekarang ini semakin banyak yang menunjukkan ketertarikan untuk menempuh pendidikan lanjutan di beberapa wilayah di negara Turki. Selain itu, beberapa beasiswa juga perlu disesuaikan dengan program studinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.