Apa yang Dimaksud dengan Metode Penelitian

Saat mengerjakan penelitian, akan selalu dibutuhkan penyusunan metode penelitian. Ketika menulis skripsi, mahasiswa biasanya akan diminta untuk memahami bagian ini dengan sebaik-baiknya. Kali ini akan diberikan penjelasan untuk membantu memahami apa yang dimaksud dengan metode penelitian sekaligus apa saja jenis-jenisnya.

Pengertian

Mari mulai dari pemahaman arti, metode penelitian ini bisa dipahami sebagai sebuah cara ilmiah yang diaplikasikan untuk mendapat data. Metode ini diterapkan untuk mencapai tujuan tertentu dari suatu penelitian. Langkah-langkah dan metode yang digunakan harus didasari oleh ciri-ciri ilmiah yakni bersifat rasional, empiris, juga sistematis.

Metode yang diaplikasikan harus bersifat rasional, yakni masuk akal dan dapat dinalar. Kemudian bersifat empiris yang artinya dapat diamati oleh indera manusia sehingga langkah-langkah penelitian dapat diketahui dengan baik. Kemudian bersifat sistematis yang berarti penelitian tersebut memakai langkah-langkah berurutan yang logis.

Menurut Prof. M. E. Winarno, metode penelitian diartikan sebagai suatu kegiatan ilmiah yang memakai teknik yang cermat dan sistematis. Sementara itu Muhammad Nasir mengartikan metode penelitian sebagai poin penting bagi peneliti untuk mencapai suatu tujuan dan bisa menemukan jawaban dari masalah yang diajukan.

Pengertian metode penelitian juga dipaparkan oleh seorang ahli bernama Sugiyono. Disebutkan bahwa metode penelitian yaitu suatu cara ilmiah untuk memperoleh data dengan tujuan yang bisa dideskripsikan, dibuktikan, dikembangkan, juga ditemukan pengetahuan teori. Teori ini nantinya akan dipahami dan digunakan untuk mengantisipasi masalah bagi kehidupan manusia.

Jenis-Jenis

Setelah mengetahui apa yang dimaksud metode penelitian, mari kini pelajari apa saja jenis-jenisnya. Metode penelitian ternyata punya banyak jenis yang bisa digunakan dalam suatu penelitian. Berikut adalah jenis-jenis metode penelitian yang penting untuk dipahami:

1. Metode Kuantitatif

Pertama ada metode kuantitatif dimana akan dilakukan pengumpulan data dengan memakai alat ukur, penelitian, serta data yang bersifat kuantitatif. Biasanya ada dua metode yang digunakan yakni metode survey dan metode eksperimen. Hasil data yang diperoleh berupa angka yang kemudian akan diolah lebih lanjut.

2. Metode Kualitatif

Selanjutnya ada metode penelitian kualitatif. Metode ini biasa digunakan untuk meneliti objek yang alamiah.  Hasil penelitian biasanya dipaparkan dalam bentuk laporan naratif kronologis.

3. Metode Kombinasi

Pengaplikasian metode kualitatif bersamaan dengan kuantitatif biasa dikenal sebagai metode kombinasi. Pada penerapan metode ini, peneliti akan menggunakan data deduktif dan induktif. Biasanya jenis metode ini digunakan untuk penelitian yang dilakukan di laboratorium.

4. Metode Deskriptif

Ada pula metode penelitian deskriptif. Metode penelitian yang satu ini menggunakan gambaran subjek atau objek sebagai langkah pemecahan masalah. Objek atau subjek yang digambarkan tergantung pada topik penelitian yang diangkat.

5. Metode Pengembangan

Terakhir ada metode pengembangan yang sering juga dikenal dengan istilah litbang. Metode ini banyak sekali dipakai di dunia pendidikan. Metode pengembangan merupakan suatu cara ilmiah yang digunakan untuk mendapatkan data. Data tersebut kemudian dipakai untuk mengembangkan dan memvalidasi produk.

Dalam perjalanan menyusun skripsi dan melakukan penelitian, mahasiswa tentu harus menyertakan bagian metode penelitian ini. Metode yang diterapkan tentu harus valid dan sesuai dengan teori yang ada demi bisa mencapai tujuan penelitian. Pastikan untuk memahami metode penelitian ini dengan baik karena biasanya pertanyaan pada sidang banyak membahas bagian ini.

Itulah pembahasan mengenai apa yang dimaksud metode penelitian dan jenis-jenisnya. Pahami dulu topik metode penelitian ini dengan baik sebelum menjalani skripsi. Pemahaman menyeluruh tentang topik metode penelitian akan mempermudah mahasiswa dalam mengerjakan skripsinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *