Pertanyaan Seminar Hasil Skripsi

Bukan rahasia lagi jika suatu kegiatan yang berkaitan dengan pertanyaan seminar hasil skripsi adalah kegiatan yang seringkali membuat mahasiswa gugup. Hal ini dikarenakan pada kegiatan tersebut, setiap mahasiswa harus mampu menyampaikan secara garis besar penelitian yang dilakukan terutama mempresentasikan hasilnya. Ditambah lagi, hasil dari penelitian perlu disampaikan dengan sedetail mungkin.

Ketika seorang mahasiswa sedang menyampaikan hasil dari penelitian skripsi masing-masing, mahasiswa akan dihadapkan pada beberapa dosen penguji. Setelah presentasi selesai dilakukan, umumnya setiap penguji akan mengajukan beberapa pertanyaan, memberikan kritik secara detail, hingga saran selanjutnya. Jika ingin tahu pertanyaan tentang apa saja yang disampaikan, maka simak ulasan berikut dengan saksama:

1. Latar Belakang Masalah

Pertama-tama, terdapat satu aspek yang secara jelas sudah ditanyakan ketika seminar proposal namun akan tetap ditanyakan kembali saat presentasi hasil. Secara sederhana, latar belakang dari setiap penelitian skripsi dari mahasiswa merupakan titik tolak dari penting atau tidaknya penelitian yang dilakukan. Jangan lupa siapkan jawaban yang meyakinkan dengan fakta yang kuat.

2. Kerangka Penelitian

Secara sederhana, aspek yang dimaksud dengan kerangka penelitian dapat dikatakan sebagai pelaksanaan mulai dari persiapan hingga hasil secara garis besar. Setiap mahasiswa perlu menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan aspek ini secara detail namun tetap tidak membuang waktu terlalu banyak. Coba sampaikan pula kesinambungan yang ada dan ditemukan dalam penelitian masing-masing.

3. Pertanyaan Penelitian

Selain aspek yang berkaitan latar belakang, terdapat pula aspek lainnya yang tidak kalah penting untuk disiapkan jawabannya ketika ditanyakan kelak. Pada umumnya para penguji akan menyampaikan sebuah pertanyaaan mengenai pertanyaan penelitian atau rumusan masalah yang mungkin sudah pernah ditanyakan sebelumnya.

4. Teknik Pengumpulan Data

Selanjutnya, ada pertanyaan yang memiliki persentase besar akan disampaikan oleh para penguji yang berkaitan tentang bagaimana cara pengumpulan data penelitian. Selain itu, pertanyaan tersebut memang terlihat seperti pertanyaan yang mudah untuk dijawab namun mahasiswa perlu hati-hati ketika menjawab pertanyaan ini. Mahasiswa perlu menyampaikan rincian tentang data apa saja yang diperoleh.

5. Pemilihan Objek Formal

Jika dibandingkan dengan pertanyaan yang berkaitan dengan objek yang dipakai, maka pertanyaan tentang objek formal lebih sering disampaikan oleh penguji. Pada umumnya, pertanyaan ini merupakan sebuah ujian khusus bagi setiap mahasiswa untuk menyampaikan alasan pemilihan teori yang digunakan. Selain itu, penguji juga akan melihat kesesuaian objek formal yang dipakai tersebut.

6. Penyusunan Judul

Ada pertanyaan seminar hasil skripsi selanjutnya yang perlu diketahui oleh setiap mahasiswa terutama yang berkaitan dengan penggunaan diksi dalam judul. Penguji akan menganalisis apakah judul yang dipakai kemudian disampaikan memang benar-benar sudah unik dan merepresentasikan isi dari penelitian. Kemudian jika menemukan keraguan tertentu, maka penguji akan mengajukan pertanyaan tentang judul.

7. Kesimpulan dan Saran

Terakhir, setiap mahasiswa juga perlu menyampaikan kesimpulan yang benar-benar mewakili setiap hasil dari penelitian skripsi yang sudah dimiliki. Selain itu, jangan sampai lupa untuk menyampaikan saran yang dimiliki yang masih berkaitan dengan pengembangan objek tertentu dalam penelitian selanjutnya. Mahasiswa juga perlu menjelaskan baik kesimpulan atau saran tertentu dengan cukup meyakinkan.

Menjalani sebuah presentasi hasil dari penelitian skripsi masing-masing dengan lancar apalagi sampai dinyatakan lulus merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Namun, jangan sampai setiap mahasiswa tidak melakukan persiapan terlebih dahulu termasuk membuat pertimbangan tentang setiap pertanyaan seminar hasil skripsi. Kemudian jangan lupa pula untuk menyiapkan setiap jawaban yang tepat sesuai dengan hasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *