Beasiswa Eksistensi D3 Ke S1 Jepang

Sudah tahu bahwa terdapat beberapa beasiswa ekstensi dari D3 ke S1 di Jepang? Ya, benar. Memang saat ini sudah cukup banyak yang menawarkan beasiswa ekstensi D3 ke S1 Jepang dengan full scholarship. Dimana  artinya seluruh kebutuhan setiap mahasiswa akan dijamin oleh sang pemberi beasiswa. Mau tahu informasi selengkapnya mengenai beasiswa ekstensi di Jepang ini? Berikut ulasannya:  

Apa Definisi Dari Program Eksistensi Itu?

Mungkin sebelumnya masih banyak dari pembaca yang belum mengetahui tentang program eksistensi ini. Sebenarnya, program ekstensi ini menjadi salah satu peluang untuk mahasiswa D3 yang mungkin ingin melanjutkan program sarjana. Dan penerusan pendidikan dari D3 ke S1 ini, mahasiswa tidak akan mengulang mata kuliah yang sama. Hanya meneruskan mata kuliah yang belum didapatkan saja.

Melalui program ekstensi ini, mahasiswa yang melanjutkan S1 dari D3 ini juga akan diuntungkan mengenai masa studi tambahan ini. Waktu yang dibutuhkan oleh mahasiswa D3 yang menempuh program ekstensi S1 ini hanya membutuhkan waktu 2 tahun saja. Namun, tak sedikit juga mahasiswa eksistensi ini yang bisa menyelesaikan studinya hanya dalam waktu 1,5 tahun.

Bagaimana dengan mahasiswa yang telah mendapatkan pekerjaan, namun ingin tetap menempuh program ekstensi ini? Tak perlu risau, pasalnya terdapat beberapa program ekstensi yang menyediakan kelas malam atau kelas karyawan. Pelaksanaan dari kelas karyawan ini biasanya dipusatkan di hari Sabtu dan Minggu. Jadi, mahasiswa yang telah bekerja juga masih bisa menempuh program ekstensi ini.

Persiapan Mendaftar Beasiswa Ekstensi D3 Ke S1 Jepang

Lalu, mahasiswa harus mempersiapkan apa saja untuk mendaftar beasiswa ekstensi D3 ke S1 di Jepang ini? Tenang, karena persiapan untuk mendaftar beasiswa eksistensi ini tidaklah seribet orang yangs sedang mendaftar program sarjana dari awal. Berikut yang wajib dipersiapkan jika ingin mengambil program ekstensi D3 ke S1 di Jepang, antara lain :

1. Berkas Administrasi

Pada persiapan berkas administrasi untuk program ekstensi di Jepang ini, tidak terlalu rumit. Berkas-berkas yang dibutuhkan juga tidak jauh berbeda dari berkas pendaftaran beasiswa S1 sejak awal. Adapun berkas administrasi yang harus dipersiapkan:

  • Scan Surat Keterangan Lulus D3. Berkas ini sangat harus dipersiapkan jika ingin mengambil program ekstensi di Universitas yang berbeda dari sebelumnya.
  • Hasil Studi dari D3 yang telah lulus. Bagi beberapa Universitas memberikan syarat minimal program eksistensi IPK 3.00.
  • Essay tentang diri sendiri.
  • Curriculum Vitae.
  • Rekomendasi dari Dosen Pembimbing (jika ada).
  • Salinan Paspor.
  • Hasil tes TOEFL/IELTS. Untuk tes TOEFL minimal skor 550 sedangkan IELTS minimal skor 6.0.
  • Sertifikasi JLPT (Japanese Language Proficiency Test) minimal telah lulus N5.

2. Tes Tulis

Setiap pendaftaran beasiswa untuk seluruh jenjang pendidikan, tentunya harus melewati beberapa kali tahapan tes. Adapun tes tulis ini yang selalu digunakan untuk menyisihkan beberapa orang yang layak menerima dari banyaknya orang yang mendaftar. Pada tes tulis ini biasanya diberikan dari pihak pemberi beasiswa yang bekerja sama dengan universitas di Jepang.

Namun, ada juga yang memberikan tes dua kali. Yakni tes untuk mendaftar beasiswa dan tes untuk mendaftar program ekstensi. Biasanya tes untuk mendaftar program ekstensi ini tidak seluruhnya diterapkan pada semua Universitas. Namun, ada baiknya calon pendaftar beasiswa ini juga mempersiapkan tes tulis ini juga.

Materi yang akan diujikan di tes ini, tentu tidaklah mudah. Mulai dari pengetahuan umum hingga sejumlah materi matematika lanjutan akan menjadi ujian di tes ini. Sebenarnya, materi yang diujikan di tes ini hampir sama dengan tes tulis saat mendaftar S1 reguler pada umumnya. Hanya saja tingkatan level soalnya yang sedikit berbeda.

3. Tes Wawancara

Pada tes wawancara ini menjadi tes terakhir yang diujikan untuk mendaftar beasiswa program ekstensi dari D3 ke S1 di Jepang ini. Untuk tes wawancara ini, pendaftar hanya perlu menyiapkan mental dan kesehatan yang prima agar bisa menjawab segala pertanyaan dengan lancar. Usahakan untuk rileks dalam pelaksanaan tes ini agar jawaban yang dikeluarkan dapat maksimal.

Itulah ulasan informasi mengenai persiapan beasiswa ekstensi D3 ke S1 Jepang yang bisa dipersiapkan dari sekarang. Meskipun persiapan ini tidaklah banyak, hanya saja ada baiknya untuk dipersiapkan mulai dari sekarang.  Sehingga, hal ini dilaksanakan agar dapat menghindari kesalahan yang tidak diharapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.