Teknik Pengumpulan Data Adalah

Setiap penelitian baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif memiliki komponen-komponen tertentu yang dianggap penting agar penelitian dapat berjalan lancar. Misalnya, teknik pengumpulan data adalah komponen penting yang tidak dapat dipilih kemudian dituliskan secara sembarangan. Peneliti juga harus menyesuaikan dengan kondisi lapangan dan tujuan utama dari penelitian yang memang akan dilakukan.

Teknik yang dimaksud dalam penjelasan ini menempati ruang yang krusial terutama dalam memastikan suatu pengkajian dapat berjalan dengan lancar. Bahkan tidak sedikit yang menganggap bahwa tanpa adanya teknik tersebut, suatu penelitian bisa mencapai kegagalan dan tidak mencapai sasaran. Untuk lebih lanjut, ketahui dan pahami informasi tentang teknik tersebut sebagai berikut:

Definisi dari Teknik Pengumpulan Data secara Garis Besar

Siapa dari peneliti di Indonesia baik yang merupakan mahasiswa, dosen, ataupun akademisi lainnya yang tidak mengenal istilah teknik pengumpulan data? Teknik tersebut secara sederhana dapat dikatakan sebagai salah satu bagian dari metode atau pendekatan penelitian yang digunakan dan diaplikasikan. Oleh karena itu, keberadaan teknik tersebut sama pentingnya dengan bagian-bagian lainnya.

Secara garis besar, dapat dinyatakan secara gamblang pula bahwa teknik pengumpulan data adalah komponen yang memiliki peran yang sangat penting. Penentuan teknik tersebut juga sejak awal memerlukan pertimbangan tepat dan matang dalam berbagai aspek yang dipengaruhi oleh berbagai kondisi pula.  Selain itu, teknik tersebut juga harus memiliki karakter seperti adaptif.

Berbagai Jenis Teknik Pengumpulan Data yang Bisa Dipilih

Penelitian baik yang bersifat kualitatif yang berfokus pada data yang terdiri dari kata ataupun kuantitatif yang berfokus pada angka membutuhkan teknik tersebut. Tanpa adanya kejelasan ataupun ketetapan mengenai teknik yang dipilih dalam proses pengumpulan data penelitian, penelitian tidak akan berjalan lancar. Ketahui beberapa kategori dari teknik tersebut dalam uraian berikut:

1. Wawancara

Pertama, terdapat kategori dari teknik untuk mengumpulkan data dalam penelitian yang pada umumnya perlu dilakukan secara langsung. Namun dalam kondisi khusus seperti pada masa pandemi saat ini, teknik ini dapat pula dilakukan secara online melalui berbagai media. Peneliti dapat memanfaatkan media umum seperti Google Meet atau Zoom dalam waktu tertentu.

2.  Observasi

Berbeda dengan teknik sebelumnya, teknik kedua ini hanya bisa dilakukan dan dipraktikkan secara tepat dan menyeluruh dengan datang ke lapangan. Peneliti harus melakukan berbagai perhitungan mulai dari persoalan transportasi yang tidak mudah hingga pada persoalan peralatan untuk pengamatan. Selain itu, setiap peneliti juga harus mampu menyesuaikan diri dengan lapangan tertentu.   

3. Dokumentasi

Teknik ini dapat dilakukan dengan bantuan berbagai situs resmi dari lembaga pemerintah maupun swasta untuk memperoleh data yang memang diinginkan. Dokumentasi yang dimaksud dapat berupa video atau foto tertentu yang sesuai kategori. Setiap peneliti sebelumnya perlu membuat suatu surat permohonan akses terhadap lembaga tersebut agar penelitian dapat dinyatakan memang berhasil.

4. Studi Pustaka

Melalui teknik ini, peneliti harus siap untuk menelusuri buku, jurnal, ataupun dokumen tulis lainnya yang memang dijadikan sebagai sumber penelitian. Selain itu, peneliti juga harus membuat pemahaman sebelum menuliskan kembali dalam bagian analisis objek formal dan objek material. Walaupun seringkali dijadikan sebagai pilihan terakhir, teknik ini tetap jangan dilewatkan untuk dicoba.

5. Kuesioner

Terakhir, terdapat teknik yang dapat diaplikasikan dan disebarkan secara langsung ataupun melalui bantuan media daring tertentu sesuai kondisi yang dimiliki. Jika secara langsung, maka pastikan kuesioner memang diisi oleh masyarakat yang sesuai dengan kriteria. Sementara jika secara online, maka coba manfaatkan situs survei tertentu saja yang tersedia banyak dalam internet.

Teknik yang dijelaskan dalam uraian di atas disediakan dalam berbagai kategori yang dapat dipilih oleh setiap peneliti sesuai dengan rencana. Apalagi jika tidak dapat dipungkiri bahwa teknik pengumpulan data adalah bagian krusial yang tidak dapat dilewatkan oleh setiap peneliti manapun. Pilih teknik yang memang sesuai dengan rencana dan semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *