Pertanyaan saat Bimbingan Skripsi

Dalam perjalanan skripsi, mahasiswa harus menghadapi bimbingan dengan dosen selama beberapa kali. Dalam kesempatan tersebut mahasiswa harus siap menghadapi berbagai pertanyaan saat bimbingan skripsi. Dosen biasanya akan memberi berbagai pertanyaan yang berhubungan dengan penyusunan skripsi. Agar bisa mempersiapkan diri, berikut adalah 5 topik pertanyaan yang sering ditanyakan:

1. Alasan Memilih Judul

Saat menjalani bimbingan pertama dengan dosen, maka mahasiswa perlu mengajukan judul. Bagian ini sangatlah penting karena akan menjadi awal mula proses penulisan skripsi. Dosen pembimbing biasanya akan menanyakan, mengapa judul tersebut dipilih. Selain itu biasanya ditanyakan pula penelitian sebelumnya yang mendasari mahasiswa dalam memilih judul tersebut.

Untuk menjawab pertanyaan ini maka silahkan ungkapkan secara jujur alasan pemilihan judul. Lebih baik siapkan juga judul penelitian sebelumnya yang menjadi landasan pemilihan judul tadi. Tanpa bukti dan alasan, mungkin saja judul yang diajukan akan ditolak oleh dosen pembimbing sehingga mahasiswa perlu mencari judul baru.

2. Masalah dan Solusi

Pada saat bimbingan skripsi, dosen juga biasanya akan menanyakan masalah apa yang ingin diangkat dalam skripsi tersebut. Pertanyaan ini pun biasanya akan diikuti dengan pertanyaan solusi seperti apa yang ditawarkan lewat penelitian. Pertanyaan ini tentu membutuhkan persiapan untuk dijawab. Mahasiswa harus bisa memahami topik skripsi dengan baik terlebih dahulu.

Selain memberi penjelasan masalah dan solusinya, berikan bukti juga bahwa topik tersebut belum dibahas di skripsi lainnya. Masalah yang diangkat harus merupakan masalah baru yang belum menemui solusi. Penelitian yang akan dilakukan seharusnya akan memberi solusi tersebut.

3. Tujuan dan Manfaat

Dalam suatu penelitian dan penulisan skripsi, tentu harus ada tujuan dan manfaat yang ingin didapatkan. Dosen pembimbing juga biasanya akan menanyakan tujuan penelitian serta manfaatnya. Di sini mahasiswa harus bisa memaparkan dengan jelas sehingga dosen pembimbing bisa mengerti bahwa penelitian yang akan dilakukan memang penting.

Pastikan untuk memberikan jawaban yang detail dan rasional. Jika memang ingin memperjuangkan judul skripsi, maka paparkan kepada dosen tujuan dan manfaat yang tepat. Ini bisa menjadi bahan penilaian bagi dosen untuk menentukan apakah memang topik skripsi tersebut akan dibutuhkan atau tidak.

4. Metode Penelitian yang Dipakai

Pertanyaan saat bimbingan skripsi yang biasanya paling membutuhkan waktu banyak untuk dibahas adalah tentang metode penelitian. Dosen sudah pasti akan menanyakan metode apa yang akan digunakan dalam penelitian secara menyeluruh. Awas, pertanyaan ini harus dijawab dengan tepat karena juga akan menguji keseriusan mahasiswa selama kuliah.

Pelajari dulu seperti apa metode penelitian yang akan dilakukan. Bandingkan juga dengan teori yang ada. Jangan sampai mengarang sendiri metode yang akan dipakai dalam proses penelitian. Penjelasan metode harus sesuai dengan teori yang ada. Namun tak ada salahnya juga untuk bertanya jika ada bagian yang diragukan. Dosen tentu akan melaksanakan tugasnya membimbing mahasiswa dalam penelitian.

5. Referensi

Pertanyaan selanjutnya yang mungkin akan diberikan adalah pertanyaan seputar referensi. Penulisan skripsi harus dilakukan berdasarkan sumber-sumber yang akurat dan relevan. Pemilihan sumber yang tepat menjadi salah satu kunci dalam penyelesaian skripsi. Oleh karena itu usahakan untuk mencari sumber yang relevan dan akurat. Bawa juga bukti-bukti sumber penulisan jika memang dibutuhkan.

Itulah 5 topik pertanyaan saat bimbingan skripsi yang paling sering muncul. Meskipun baru bimbingan, mahasiswa harus belajar sebaik mungkin memahami skripsi yang disusun. Jawab saja dulu sesuai pengetahuan yang dimiliki baru nanti akan diluruskan oleh dosen pembimbing. Jadi, tak perlu merasa takut atau gugup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *