Cara Menjawab Pertanyaan Sidang Skripsi

Dalam sidang skripsi akan ada sesi tanya jawab di mana dosen penguji mengajukan pertanyaan seputar skripsi yang dipresentasikan. Maka, penting bagi mahasiswa untuk mengetahui cara menjawab pertanyaan sidang skripsi dengan benar supaya tidak dicecar oleh dosen. Jawaban yang dapat memuaskan dosen tentunya akan menghasilkan penilaian yang bagus. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan mahasiswa dalam menjawab pertanyaan dalam sidang:

1. Pelajari Materi yang Berpotensi Ditanyakan

Sebagai seorang penyusun skripsi yang baik sudah seharusnya memahami seluruh materi yang dibahas dalam skripsi itu sendiri. Hal ini penting supaya tidak kebingungan saat ada materi yang ditanyakan oleh dosen penguji. Tak hanya itu, mahasiswa juga harus bisa memprediksi kira-kira pertanyaan apa saja yang akan muncul saat sidang skripsi. Setelah memprediksinya pastikan untuk mencari jawaban dengan lengkap dan mulai mencatatnya.

Buatlah catatan kecil berupa poin-poin yang mewakili setiap materi dalam skripsi. Supaya dapat memahaminya dengan mudah, poin-poin tersebut harus dikuasai dan diberi kata kunci yang memudahkan otak berpikir dalam keadaan mendesak.

2. Jawab dengan Percaya Diri

Cara menjawab pertanyaan sidang skripsi berikutnya yaitu menjawab pertanyaan yang diajukan dosen penguji dengan tepat. Tak jarang, pertanyaan yang diajukan hanya bersifat menguji dan sebetulnya hal yang ditanyakan sudah dijelaskan saat presentasi. Hanya saja, dosen penguji bertanya dengan kalimat yang cukup membingungkan.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan panik dalam menghadapi setiap pertanyaan dosen. Cobalah untuk tenang dan pahami pertanyaan tersebut. Setelah itu, jawab dengan percaya diri dan berikan argumentasi tepat mengapa jawaban tersebut benar.

3. Jangan Melawan Ketika Dosen Membantah Materi Skripsi

Mungkin akan ada dosen yang membantah materi skripsi yang telah dipresentasikan. Namun, sebaiknya jangan menjawab bantahan tersebut dengan kalimat yang menunjukan kesan perlawanan. Jika materi yang disampaikan sudah merasa benar, cobalah untuk menjelaskannya sekali lagi dengan kalimat yang sopan.

Melawan atau menyanggah bantahan dosen bisa jadi membuat mahasiswa mendapatkan penilaian buruk. Tetaplah menjawab dengan elegan dan berikan argumentasi kuat, kalau perlu sertakan teori yang melandasi materi tersebut.

4. Menjawab ‘Tidak Tahu’ dengan Penjelasan

Dalam beberapa kasus, mahasiswa yang sedang sidang skripsi mendapatkan pertanyaan yang tidak dikuasainya. Waktu sidang terkadang memang tidak cukup untuk membaca ulang beberapa referensi yang digunakan dalam skripsi. Di sisi lain, dosen terus mendesak agar pertanyaannya bisa segera dijawab. Jika terdapat pertanyaan yang betul-betul tidak dikuasai dan tidak bisa menemukan jawabannya, sebaiknya katakanlah ‘tidak tahu’ dengan elegan.

Mulailah berkata “Maaf, saya belum mengetahui hal tersebut”. Sertakan juga penjelasan materi yang berkaitan dengan pertanyaan tersebut dan katakan “Tetapi, berdasarkan referensi yang saya pelajari hal ini ada kaitannya bahwa . . .”

5. Tanyakan Lagi Apakah Dosen Memahami Jawaban yang Diberikan

Jangan lupa untuk bertanya kembali kepada dosen penguji apakah jawaban yang diberikan sudah cukup atau masih ada materi yang perlu dijelaskan. Ucapkanlah kalimat simpel seperti “Sudah cukup jelas, pak?”. Hal ini akan membuat mahasiswa terlihat menguasai materi karena bersedia menjelaskan ulang materi yang ditanyakan.

Selain mempersiapkan materi presentasi dengan baik, penting juga untuk memperhatikan durasi sesi tanya jawab. Jangan sampai waktu yang sudah ditentukan tidak cukup untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan.

Itulah 5 cara menjawab pertanyaan sidang skripsi dengan tepat. Pastikan untuk menguasai seluruh materi presentasi dengan baik supaya tidak muncul pertanyaan yang membingungkan. Jangan lupa luangkan waktu untuk berlatih menjawab pertanyaan dengan teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *