Cara Mengolah Data Kuesioner

Pada masa sekarang, sebagian besar penelitian memerlukan media kuesioner sebagai salah satu cara yang digunakan untuk mengumpulkan data yang diinginkan. Oleh karena itu, semakin banyak peneliti yang membutuhkan informasi tentang cara mengolah data kuesioner yang tepat dan sesuai sasaran. Ada yang melakukan secara manual dan ada pula melalui bantuan aplikasi.

Selain dapat dilakukan secara manual, data kuesioner tertentu terutama yang memiliki kerumitan yang tinggi sebenarnya dapat diolah melalui aplikasi tertentu. Peneliti mungkin mengenal aplikasi Microsoft Excel, namun hanya sedikit yang mengenal aplikasi lainnya yang bernama Statistical Product and Service Solutions. Padahal aplikasi kedua tersebut dapat dimanfaatkan seperti dalam panduan berikut:

1. Mengenal Apa Itu SPSS Terlebih Dahulu

Pertama-tama, terutama untuk peneliti yang belum mengetahui aplikasi Statistical Product and Service Solutions, mengenalnya dahulu itu sangat diperlukan. Aplikasi yang lebih dikenal dengan nama SPSS itu dirilis bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan input data tertentu hingga mengolahnya. Selain itu, aplikasi tersebut dilengkapi dengan fitur yang canggih dan sangat berguna.

2. Melakukan Pengunduhan Aplikasi secara Resmi

Setelah mengetahui informasi tentang aplikasi SPSS melalui penjelasan sebelumnya secara garis besar ataupun media lainnya, lanjutkan dengan melakukan proses pengunduhan. Masyarakat terutama para peneliti dapat melakukan searching melalui browser masing-masing yang dimiliki dan memilih situs web yang terpercaya. Walaupun begitu, pastikan terdapat ketersediaan memori pada perangkat PC yang memang digunakan.

3. Membuka Aplikasi dan Memeriksa Bagian Pengaturan

Jika proses pengunduhan berhasil dan aplikasi SPSS dapat diinstall secara tepat dan menyeluruh, maka cara mengolah data kuesioner dapat dilanjutkan. Namun, setelah membuka aplikasi tersebut, segera periksa menu yang berkaitan dengan pengaturan untuk variabel penelitian dan sebagainya. Perhatikan setiap menu dan petunjuk yang ada secara teliti agar pengaturan sesuai keinginan.

4. Memasukkan Setiap Data Kuesioner yang Ada

Pada umumnya, peneliti memanfaatkan kuesioner dalam bentuk print out yang disebar secara langsung ataupun melalui media online seperti Google Formulir. Jika setiap kuesioner sudah diisi oleh sasaran penelitian sesuai rencana, maka lanjutkan dengan memasukkan dan menuliskan hasil ke aplikasi SPSS. Namun perhatikan setiap hasil yang akan dimasukkan untuk menghindari kesalahan.

5. Membagi Data Berdasarkan Kategori Tertentu

Selanjutnya, melalui berbagai fitur yang tersedia dalam aplikasi SPSS yang sudah diunduh, peneliti dapat memulai proses pengkategorian data sesuai keinginan. Peneliti dapat memanfaatkan fitur khusus yang bernama Analyze yang sudah tersedia dan kemudian memilih menu yang berkaitan dengan perhitungan statistik. Ditambah lagi, fitur tersebut dapat membantu mengkategorikan data sesuai variabel.

6. Memulai Proses Pengujian Secara Teliti

Ketika setiap kategori data sudah dibentuk dengan bantuan menu dalam aplikasi SPSS, peneliti dapat melanjutkan proses pengujian data sesuai dengan rencana. Lebih tepatnya, peneliti dapat memanfaatkan aplikasi SPSS untuk menguji setiap kualitas yang dimiliki oleh data yang sudah dimasukkan dan dikategorisasikan. Setelah itu, hasil tersebut dapat diketahui dalam beberapa waktu.

7. Menambahkan Sebuah Pengujian Asumsi

Terakhir, peneliti juga dapat melakukan proses pengujian lainnya melalui aplikasi SPSS selain pengujian kualitas data, yaitu pengujian asumsi secara klasik. Peneliti dapat memilih dan memanfaatkan menu khusus yang bernama Transform yang sudah tersedia sejak awal. Melalui fitur tersebut, peneliti dapat melakukan proses pengujian atau regresi baik secara linear ataupun sebaliknya.

Peneliti perlu menyesuaikan proses pengolahan dari data yang sudah dikumpulkan dengan keinginan ataupun rencana yang sudah disusun sebelumnya. Oleh karena itu, penjelasan tentang cara mengolah data kuesioner melalui bantuan aplikasi seperti SPSS secara tepat di atas dapat dijadikan pilihan. Ketahui tentang aplikasi tersebut dahulu dan manfaatkan setiap fitur yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *