Cara Membuat Judul Penelitian Kualitatif

Penelitian merupakan salah satu aktivitas dalam bidang akademis yang dilakukan baik oleh mahasiswa, dosen, ataupun ilmuwan dalam berbagai aspek kehidupan. Namun bukan suatu rahasia jika tutorial penyusunan judul termasuk berbagai cara membuat judul penelitian kualitatif semakin hari semakin dibutuhkan. Hal ini dikarenakan judul dianggap sebagai komponen yang merepresentasikan penelitian tertentu.

Jika suatu penelitian memiliki judul yang selain menarik untuk didengar namun juga sesuai dengan substansi, maka dapat dikatakan penelitian tersebut berkualitas. Oleh karena itu, penyusunan judul dalam penelitian baik bersifat kualitatif maupun bersifat kuantitatif memerlukan proses pertimbangan yang tepat. Khusus untuk penelitian bersifat kualitatif, perhatikan prosedur pembuatan judul berikut ini:

1. Mengetahui Perbedaan Kualitatif dengan Kuantitatif

Secara garis besar berdasarkan metode atau pendekatan penelitian serta cara mengumpulkan data, penelitian dapat dikategorikan menjadi dua jenis. Ada penelitian yang bersifat kuantitatif yang menggunakan angka sebagai basis utama dalam proses pengumpulan data, pengolahan data, hingga proses kesimpulan. Sedangkan penelitian kualitatif lebih berfokus pada data-data yang tidak didominasi oleh angka.

2. Menentukan Objek Material dan Objek Formal

Seperti penelitian pada umumnya, cara membuat judul penelitian kualitatif harus diawali dengan penentuan objek material dan formal Pada umumnya, penelitian bersifat kualitatif dikenal sebagai jenis penelitian yang mewakili bidang sosio humaniora mulai dari sosiologi hingga filsafat. Oleh karena itu, objek material dan formal dari penelitian tidak jauh dari bidang tersebut.

3. Memilih Model Pendekatan yang Akan Dipakai

Setelah memilih dan menentukan baik objek material maupun objek formal yang akan digunakan, lanjutkan dengan menentukan pendekatan atau metode tertentu. Terdapat berbagai jenis pendekatan penelitian khususnya untuk berbagai bidang dalam ilmu sosio humaniora mulai dari pendekatan historis hingga fenomenologis. Walaupun begitu, pastikan untuk memilih pendekatan yang memang benar-benar sudah tepat.

4. Memperhatikan Latar Belakang dalam Penelitian

Setiap peneliti baik itu mahasiswa ataupun akademis lainnya tentunya sudah memiliki gambaran tertentu tentang latar belakang dalam penelitian yang dilakukan. Oleh karena itu, ketika menyusun suatu judul tertentu, pastikan untuk sering melakukan rujukan terhadap latar belakang yang sudah disusun sebelumnya. Latar belakang juga dapat membantu dalam memilih diksi judul tertentu.

5. Memeriksa Kembali Berbagai Referensi Sebelumnya

Selain perlu melakukan rujukan terhadap latar belakang masalah penelitian yang sudah disusun sebelumnya, lanjutkan dengan memeriksa kembali referensi yang dipilih. Pemeriksaan tersebut memiliki tujuan agar judul yang akan disusun itu sesuai dengan beberapa titik fokus permasalahan yang dikaji dalam penelitian. Selain itu, peneliti juga dapat mendapat inspirasi beberapa judul penelitian.

6. Menetapkan Satu atau Dua Variabel Penelitian

Selanjutnya peneliti dapat memulai pertimbangan dalam menentukan variabel apa yang akan dipilih dalam proses penelitian kualitatif yang akan dilakukan. Penentuan variabel tersebut dapat juga membantu peneliti dalam mempraktikkan cara membuat judul penelitian kualitatif yang  tepat dan sesuai dengan rencana. Peneliti secara bebas menentukan mana yang merupakan variabel primer dan sekunder.

7. Menggunakan Pertimbangan dari Dosen Pembimbing

Jika peneliti misalnya telah memiliki beberapa diksi pilihan yang akan dipakai ketika menyusun judul, maka peneliti dapat memanfaatkan bantuan dosen. Mulai dari menyampaikan kepada dosen pembimbing mengenai judul yang akan dipakai dalam suatu penelitian kemudian minta komentar dan sarannya. Kemudian manfaatkan komentar dan saran dari dosen pembimbing tersebut dengan sebaik-baiknya.

Setiap peneliti memerlukan pertimbangan yang matang sebelum memutuskan untuk menggunakan suatu judul dalam penelitian yang akan dilakukan. Oleh karena itu, panduan tentang cara membuat judul penelitian kualitatif seperti dalam uraian di atas dapat dijadikan referensi yang terbaik. Ditambah lagi, panduan di atas cocok dimanfaatkan dan dipraktikkan dalam bidang sosio humaniora.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *