Menguasai Statistik dengan SPSS 24 Oleh Singgih Santoso 3

Mengenal Pengertian SPSS dan Kelebihannya – Data statistika menjadi salah satu jenis data yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat sehari-hari. Untuk hal ini diperlukan proses analisis dengan sistem atau metode khusus yang memiliki prosedur yang sudah disesuaikan dengan jenis data yang akan dikelola.

Untuk menunjang proses pengolahan dan analisis data terdapat beberapa jenis software olah data yang dapat digunakan tergantung dengan jenis kebutuhan. Terlebih pengelolaan data harus dilakukan dengan cukup detail dan tidak bisa dilakukan sembarangan. Perhitungan yang tepat dan pengelolaan yang sesuai akan membuat pekerjaan lebih mudah dan data bisa dikelola dengan baik.

Salah satu software yang dapat membantu untuk menunjang pengolahan data tersebut ialah SPSS. Istilah ini merupakan singkatan dari statistical package for the social science. Software ini sangat membantu dalam pengolahan data salah satunya pada mata kuliah di program studi matematika. Untuk melakukan analisis statistika tingkat lanjut software atau aplikasi ini dapat digunakan.

Deskripsi Istilah ini sudah populer di kalangan statistikawan untuk membantu melakukan perhitungan mengenai analisis data. Hal-hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan software ini meliputi riset pemasaran, pengendalian serta perbaikan mutu. Bahkan riset sains sekalipun dapat dibantu dengan menggunakan aplikasi ini. Nantinya Anda dapat membuat sebuah lembar kerja seperti pada contoh berikut ini.

Aplikasi ini terus ditingkatkan hingga akhirnya dapat digunakan pada operasi Windows mulai dari versi 6.9 hingga versi terbarunya. Software ini pada awalnya diciptakan dan dikembangkan oleh SPSS Inc. yang kemudian diakuisisi oleh IBM corporation. Pada perkembangannya aplikasi yang digunakan di bidang bisnis, perkuliahan serta digunakan oleh para peneliti.

Cara Kerja

Aplikasi ini memiliki cara kerja khusus yang terbagi menjadi tiga jenis. Pertama terdapat proses input data seperti halnya melakukan input data pada data view ataupun nama variabel di variabel view. Selanjutnya, terdapat proses data di mana pengguna bisa memilih metode yang digunakan untuk mengolah data.

Terakhir terdapat proses output atau hasil analisis yang nantinya dapat digunakan untuk mengambil keputusan sesuai dengan metode yang digunakan. Ketiga tahapan tersebut tentunya akan menghasilkan sebuah hasil analisis berdasarkan tujuan dan kebutuhan dari penggunaan aplikasi SPSS.

Kelebihan

Setiap jenis aplikasi tentu memiliki kelebihan tak terkecuali pada jenis aplikasi yang satu ini. Aplikasi tersebut dapat mengakses data dari berbagai jenis format yang ada sehingga data yang sudah tersedia dalam berbagai jenis format bisa digunakan secara langsung. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan tampilan data yang lebih informatif dan akurat sehingga memudahkan pengguna dalam membaca hasil yang diberikan.

Berdasarkan penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa SPSS merupakan salah satu software atau aplikasi yang dapat membantu dalam proses analisis data statistik dengan berbagai kemudahan dan akurasinya. Cara kerjanya yang cukup simple bisa Anda pelajari dengan baik untuk beberapa kebutuhan pekerjaan.

Referensi :

https://iteba.ac.id/blog/software-spss-untuk-statistik/ https://bbs.binus.ac.id/bbslab/2019/12/spss/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.