Beasiswa Lulusan SMP ke Jepang

Menempuh pendidikan pada masa sekarang bisa dikatakan sebagai hal yang krusial terutama bagi masyarakat Indonesia yang masih lulusan SMP. Saat ini, sudah semakin banyak para lulusan SMP yang ingin mencoba untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, misalnya di Jepang. Tidak heran jika beasiswa lulusan SMP ke Jepang banyak dicari.

Secara garis besar, beasiswa yang disediakan oleh berbagai lembaga untuk menempuh pendidikan di Jepang memang banyak ditawarkan untuk lulusan S1. Walaupun begitu, setidaknya pada masa sekarang, ada beberapa lembaga dan program khusus beasiswa yang dikhususkan untuk lulusan pendidikan SMP saja. Berikut ini beberapa program beasiswa yang dapat dimasukkan ke rekomendasi:

1. Beasiswa Pandan College 

Pertama, ada sebuah program beasiswa yang disediakan oleh sebuah lembaga bernama Pandan College yang dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan. Secara sederhana, jenis program beasiswa ini sudah disediakan dan ditawarkan kepada para lulusan SMP di Indonesia sejak sekitar tahun 2012. Selain itu, persyaratan yang diminta pun dapat dipenuhi oleh siswa.

Jenis program beasiswa ini dapat dipahami sebagai salah satu program agar para lulusan SMP di Indonesia bisa merasakan SMA Jepang. Selain itu, sejak awal ditawarkan, program beasiswa ini sudah bekerja sama dengan pihak pemerintah Jepang sehingga ada beberapa pembelajaran khusus. Misalnya, setiap siswa nantinya dituntut pula untuk mempelajari kebudayaan Jepang.

Melalui Belajar Bimbel Privat kamu Pelajar Siswa SMP MTs dapat persiapkan materi seleksi Beasiswa Kedokteran lebih awal

Kemudian untuk durasi waktu pendidikan yang disediakan oleh program ini hanya sekitar satu tahun dengan bimbingan bahasa Jepang terlebih dahulu. Setiap siswa nantinya juga perlu menyerahkan berkas bukti terkait ijazah atau kelulusan SMP masing-masing di Indonesia ketika melakukan proses pendaftaran.

2. College of Technology (Kosen)

Kemudian ada juga jenis program beasiswa lulusan SMP ke Jepang yang lainnya yang jangan sampai ketinggalan untuk diketahui terlebih dahulu. Kali ini, ada sebuah program beasiswa yang bisa dikatakan lebih resmi jika dibandingkan dengan program Pandan College yang dijelaskan sebelumnya. Apalagi program ini juga bekerja sama dengan pihak universitas tertentu.

Seperti nama yang digunakan sejak awal, jenis program ini secara sederhana lebih berfokus untuk mengembangkan kemampuan terkait bidang teknik dari siswa. Selain itu, jenis program ini biasanya lebih dianjurkan kepada para lulusan SMP yang memang memiliki ketertarikan misalnya pada teknik mesin. 

Sementara itu, berbeda dari program yang telah dijelaskan sebelumnya, jenis program ini melibatkan durasi waktu yang lama, sekitar lima tahun. Meskipun begitu, dengan durasi tersebut, setiap siswa nantinya tidak hanya bisa menikmati lingkungan pendidikan SMA namun juga sampai pendidikan tinggi. 

3. Kakehashi Project Scholarship

Untuk program beasiswa lulusan SMP ke Jepang yang terakhir ini bisa dikatakan sebagai sebuah program pertukaran pelajar bagi siswa SMA. Program ini cocok untuk para lulusan SMP karena memang syarat yang diminta hanyalah bukti kelulusan SMP yang tentunya sudah dimiliki. Selain itu, program ini bahkan aktif diadakan rutin setiap tahun.

Kelebihan dari program ini terletak pada kerjasamanya yang resmi dengan pihak Kemendikbud sehingga proses pendaftarannya pun lebih aman dilakukan. Selain itu, program ini menuntut para siswa lulusan SMP untuk tinggal dan sekaligus belajar bahasa Jepang setidaknya selama 10 bulan.

Memutuskan untuk mencoba salah satu atau beberapa beasiswa lulusan SMP ke Jepang memang bisa memberikan banyak keuntungan bagi para siswa. Belum lagi ternyata beberapa beasiswa yang sudah diuraikan di atas dapat diajukan dengan mudah asalkan sudah memenuhi persyaratan yang ada. Selain itu, durasi waktu yang ada pun disesuaikan dengan programnya.

Baca Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.