Beasiswa SMA di Singapura

ASEAN Scholarship for Indonesia tampaknya menjadi angin segar bagi para pelajar. Penawaran beasiswa SMA di Singapura ini tentu ditawarkan pemerintah Singapura untuk para pelajar mulai dari SMP dan SMA yang ingin mengenyam pendidikan di Singapura. 

Namun, tentunya bagi pelajar yang ingin bisa mendapatkan beasiswa ini haruslah terlebih dahulu melengkapi persyaratan yang ditentukan. Nah, lalu apa saja sebenarnya persyaratan yang harus dilengkapi supaya lolos seleksi? Berikut ulasan lengkapnya: 

Menilik Syarat Beasiswa di Singapura 

Tentunya bagi yang ingin mendapatkan beasiswa SMA di Singapura haruslah terlebih dahulu melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan. Melalui persyaratan ini jugalah nantinya data diri data diseleksi supaya bisa lolos untuk mendapatkan beasiswa. 

Kesempatan Belajar Privat untuk Pelajar dan Mahasiswa, materi sesuai permintaan pengajar berpengalaman

Persyaratan yang diperlukan inipun nantinya akan terdiri dari beberapa poin yang perlu diperhatikan oleh setiap setiap siswa. Nah, lalu apa saja syarat tersebut? Simak ulasannya berikut ini: 

1. Ketentuan Dokumen Siswa 

Pada persyaratan pertama nantinya siswa haruslah terlebih dahulu melampirkan dokumen yang menyatakan tentang identitas dari siswa. Nantinya kelengkapan dokumen ini akan ditinjau untuk kemudian diseleksi. Nah, lalu apa saja dokumen identitas siswa yang harus dilengkapi? Berikut 3 diantaranya:

  • Syarat pertama yang harus dipenuhi tentu saja siswa harus tercatat sebagai Warga Negara Indonesia. 
  • Melampirkan sertifikat keterlibatan dalam kegiatan ko-kurikuler sekolah.
  • Melampirkan hasil ujian. (Minimal hasil ujian harus memiliki nilai yang baik). 

Syarat lainnya adalah mahir dalam menggunakan bahasa Inggris. Syarat ini memang pada dasarnya tidak terlampir karena biasanya akan dilakukan dalam bentuk wawancara.

2. Ketentuan Jenis Beasiswa

Pada syarat berikutnya adalah tentang ketentuan syarat bagi siswa sesuai dengan jenis beasiswa yang akan diikuti. Ketentuan ini nantinya akan masuk dalam beasiswa secondary 3 yang diperuntukkan untuk siswa SMA. Nah, lalu apa saja syaratnya? Berikut ketentuannya: 

  • Siswa yang boleh mengikuti program ini adalah siswa yang memiliki tahun kelahiran di 2005 hingga 20007. 
  • Minimal jenjang pendidikan yang kini tengah dijalani adalah kelas 2 SMP. Namun, bagi Siswa kelas 3 SMP pun juga masih diperbolehkan untuk mengikuti program ini. 

Apabila dalam seleksi yang dilakukan siswa lolos maka, siswa akan menjalani program pendidikan SMA di Singapura selama 4 tahun.

Fasilitas dari Beasiswa Singapura

Setiap siswa yang berhasil mendapatkan beasiswa SMA di Singapura pun tentunya juga akan mendapatkan berbagai fasilitas. Tentunya fasilitas ini nantinya akan menjadi tunjangan yang dapat membantu siswa selama menjadi siswa di Singapura. Nah, lalu apa saja sih tunjangan yang bisa didapatkan siswa dari fasilitas yang disiapkan? Simak ulasannya berikut ini: 

  1. Fasilitas pertama yang didapatkan siswa adalah adanya tiket pesawat untuk mengantar datang ke Singapura dalam kelas Ekonomi. 
  2. Siswa akan mendapatkan tunjangan saat pertama kali datang ke Singapura dan ke sekolah yang dituju. 
  3. Siswa juga akan mendapatkan fasilitas hostel tahunan. Fasilitas ini disiapkan sebagai tempat tinggal siswa selama di Singapura. 
  4. Siswa juga akan mendapatkan biaya untuk ujian GCE O serta A level. 
  5. Fasilitas terakhir yang akan diberikan untuk siswa adalah asuransi kecelakaan beserta dengan subsidi kesehatan selama di Singapura. 

Tentunya dengan adanya berbagai fasilitas yang telah dipersiapkan dalam cakupan beasiswa ini, siswa dan orang tua tidak perlu merasa khawatir selama siswa tinggal di Singapura.

Itulah tadi sekilas tentang beasiswa SMA di Singapura yang tahun ini tengah membuka peluang baru untuk setiap siswa di ASEAN termasuk juga Indonesia. Pendaftaran terakhir dari beasiswa ini pun telah dimulai pada mei bulan lalu dan menjadi keberangkatan terakhir pada desember bulan ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.