beasiswa d3 ke s1 dalam negeri

Program kuliah vokasi hingga jenjang D3/D4 banyak diminati pelajar karena jurusan nya lebih banyak dibanding jenjang Strata 1. Lulusan D3 tetap dapat meraih gelar S1 setelah melanjutkan kuliah melalui program S1 Ekstensi. Jika ingin mencari peluang beasiswa D3 ke S1 dalam negeri untuk membantu biaya kuliah, hal tersebut juga terbuka untuk program S1 Ekstensi.

Walaupun tidak sebanyak beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa program S1 Reguler, namun di Indonesia ada beberapa Yayasan dan Instansi yang memiliki kepedulian kepada mahasiswa lulusan D3 agar dapat melanjutkan studi ke jenjang S1 dengan memberikan beasiswa.

Mengenal Program S1 Ekstensi

Program kuliah D3 diminati oleh pelajar yang ingin memiliki keterampilan khusus untuk bekerja setelah lulus. Hal ini disebabkan karena program ini lebih menekankan pada praktek dibandingkan teori dengan komposisi 60% praktek dan 40% teori. Sebagian besar lulusan program D3 langsung bekerja setelah menyelesaikan masa studinya.

Mahasiswa lulusan D3 dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 melalui sebuah program yang dinamakan S1 Ekstensi. Umumnya kelas untuk program kuliah S1 Ekstensi dilaksanakan sore hingga malam hari, atau di akhir minggu.

Hal ini disebabkan pesertanya kebanyakan adalah karyawan yang harus bekerja di pagi dan siang hari. Tidak semua Universitas membuka kelas S1 Ekstensi di setiap jurusan. Namun semua lulusan D3 dapat mengambil program S1 Ekstensi meskipun pada jurusan yang tidak linier.

Beasiswa yang Tersedia Untuk Program S1 Ekstensi

Melanjutkan pendidikan dari D3 ke S1 membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Meskipun umumnya lulusan D3 yang ingin melanjutkan studi telah bekerja sebelumnya, namun tidak semua dapat mengumpulkan biaya yang cukup untuk melanjutkan pendidikannya.

Mencari peluang beasiswa adalah salah satu usaha agar impian meraih pendidikan lebih tinggi bisa tercapai. Saat ini ada beberapa beasiswa yang terbuka di Indonesia untuk para mahasiswa dan lulusan D3 yang ingin meraih pendidikan di level S1. Beasiswa tersebut diantaranya adalah:

  • Beasiswa Banyuwangi Cerdas.
  • Kinobi.
  • Beasiswa Sinarmas Agribusiness And Food.
  • SIMAK UI.
  • Dan sebagainya.

Cara Mendapatkan Beasiswa

Untuk mendapatkan beasiswa D3 ke S1 dalam negeri tidaklah mudah. Persaingan yang ketat di antara para kandidat mengharuskan setiap calon penerima beasiswa untuk membuktikan prestasinya, baik melalui bukti tertulis berupa transkrip nilai maupun melalui proposal dan tes wawancara yang harus diikuti. Berikut ini beberapa persyaratan umum yang harus dimiliki setiap kandidat:

  • Warga Negara Indonesia yang dibuktikan oleh dokumen Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga.
  • Ijazah D3 yang telah dilegalisir oleh Universitas yang menerbitkannya.
  • IPK minimal 3.00 yang dibuktikan oleh transkrip nilai.
  • Tidak terlibat dalam perbuatan melanggar hukum yang dibuktikan oleh SKCK.
  • Beberapa pihak akan meminta Surat Keterangan Bebas Narkoba untuk membuktikan kandidat tidak pernah menggunakan atau terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Selain dari persyaratan diatas masih ada beberapa persyaratan khusus yang diminta oleh masing-masing pemberi beasiswa. Setiap yayasan atau institusi yang mendanai program beasiswa memiliki kebijakan tersendiri dalam menentukan persyaratan beasiswa. Tidak tertutup kemungkinan beasiswa juga diberikan oleh kampus yang bersangkutan dimana kandidat mendaftar untuk melanjutkan studi.

Demikian ulasan singkat mengenai program beasiswa D3 ke S1 dalam negeri yang terbuka bagi lulusan D3 semua jurusan. setelah menyelesaikan program studi S1 diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dan kompetensi. Ilmu yang didapat juga dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat sehingga lebih bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.