Beasiswa Prestasi Talenta

Pernah mendengar beasiswa prestasi talenta? Beasiswa ini merupakan beasiswa yang dikelola oleh Kemdikbud yang diperuntukkan untuk mahasiswa S1 baik di dalam negeri maupun kampus luar negeri. Bukan hanya diperuntukkan bagi mahasiswa S1 saja, beasiswa talenta ini juga diperuntukkan oleh mahasiswa S2 baik dalam maupun luar negeri.

Bagi peserta didik yang memiliki prestasi baik tingkat nasional maupun internasional berkesempatan mendapatkan beasiswa dari Kemendikbud RI ini. Diperuntukkan juga untuk peserta didik pra-sejahtera yang berprestasi di bidang akademik yang berhasil diterima perguruan tinggi utama dunia yang daftarnya telah ditentukan oleh pihak LPDP.

Namun yang perlu digaris bawahi terkait beasiswa ini adalah peserta didik berprestasi pada Bidang Sains, Bidang Literasi, Budaya, dan juga Seni. Tak hanya itu saja, Bidang Vokasi, Teknologi, Kewirausahaan sampai Jasmani juga termasuk di dalamnya. Jika merasa punya prestasi dari bidang keilmuan di atas, maka Beasiswa Prestasi talenta ini bisa menjadi salah satu pilihan.

Apa Saja Syarat Mendaftarnya?

Hampir semua jenis beasiswa memberikan beberapa persyaratan kepada calon penerimanya sebagai langkah awal mendaftar. Terkait persyaratan menjadi salah satu penerima beasiswa prestasi talenta ini akan dibahas satu persatu pada ulasan berikut:

  • Telah menyelesaikan studi. Peserta didik haruslah yang telah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau kejuruan dibuktikan dengan adanya ijazah.
  • Merupakan warga negara Indonesia dibuktikan dengan adanya tanda pengenal (KTP)
  • Tidak sedang dalam program beasiswa lain
  • Pemenang kompetisi yang diadakan oleh Kemdikbud RI dibuktikan dengan adanya sertifikat ataupun sejenisnya yang bisa jadi bukti.
  • Lulus pada perguruan tinggi yang telah ditetapkan oleh LPDP.

Fasilitas yang Didapatkan

Berbicara tentang fasilitas yang akan didapatkan jika berhasil mendapatkan beasiswa prestasi ini mencakup biaya pokok pendidikan maupun beberapa biaya pendukung. Untuk penjelasan lengkapnya, berikut ini penjelasannya:

1. Uang Pendaftaran dan Biaya SPP

Biaya pendaftaran kuliah pada universitas yang sudah ditentukan sebelumnya akan ditanggung sepenuhnya oleh Kemendikbud RI. Tak hanya itu saja, biaya SPP pun akan dibayarkan setiap tenggat waktu masing-masing kampus dalam semester berjalan perkuliahan. Jadi mahasiswa hanya perlu fokus belajar jika sudah menjadi salah satu penerima beasiswa ini.

Butuh olah data Skripsi Tesis Diseertasi? Hubungi kami

2. Biaya Buku dan Skripsi

Selanjutnya pembiayaan yang masuk anggaran beasiswa adalah biaya buku penunjang hingga biaya skripsi juga akan difasilitasi oleh penyelenggara beasiswa. Perlu diketahui, pembiayaan ini ditujukan untuk mahasiswa yang berhasil lolos ke perguruan tinggi utama luar negeri yang masuk dalam daftar LPDP.

3.  Biaya Hidup dan Asuransi

Jangan khawatir akan biaya hidup selama di luar negeri. Beasiswa prestasi talenta akan menjamin biaya hidup mahasiswa per bulannya beserta asuransi kesehatan selama kuliah. Tak hanya itu saja, apabila terjadi peristiwa darurat, beasiswa ini juga menyediakan biaya keadaan darurat untuk mahasiswa yang terdaftar.

4. Biaya Kedatangan dan Transportasi

List pembiayaan yang juga termasuk dalam anggaran beasiswa adalah biaya kedatangan dan transportasi dari Indonesia ke negara tempat kampus mahasiswa berada. Pengurusan dan biaya visa juga sudah ditanggung di dalamnya. Bagi mahasiswa disabilitas yang lolos juga akan mendapatkan dana asuransi, transportasi, dan dana lainnya sesuai yang disetujui LPDP.

Fasilitas di atas berlaku untuk mahasiswa yang berhasil lolos dalam maupun luar negeri ya. Hanya terkait visa saja yang membedakan keduanya, selebihnya sama saja. Jadi, bagi peserta didik yang berprestasi dan bertalenta jangan lewatkan beasiswa satu ini.

Demikian ulasan singkat mengenai beasiswa prestasi talenta yang ditujukan untuk peserta didik bertalenta. Beasiswa ini diadakan untuk mendukung berkembangnya karir belajar dan peningkatan sumber daya manusia yang profesional. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.