cara mendapatkan beasiswa sma di korea selatan

Berbicara tentang beasiswa pasti tidak jauh-jauh dari perkuliahan bukan? namun siapa sangka, ternyata banyak juga beasiswa SMA baik dalam negeri maupun luar negeri. Tertarik melanjutkan sekolah menengah atas di Korea Selatan dengan beasiswa full? Berikut ini akan dibahas cara mendapatkan beasiswa SMA di Korea Selatan.

Korea sendiri  ternyata memiliki beragam jenis SMA. Ada sekolah menengah khusus seni, sains, dan juga SMA biasa seperti SMA pada umumnya. Biasanya sekolah di Korea tersebut membuka kelas Internasional yang memberikan kesempatan kepada siswa di seluruh dunia untuk bisa menuntut ilmu di Korea ini.

Sama seperti SMA pada umumnya, SMa di Korea pun membutuhkan waktu sekitar 3 tahun masa belajar. Bedanya, di Korea sendiri pada tahun pertama siswa diwajibkan mempelajari pelajaran dasar SMA. Lalu di tahun kedua yang akan dipelajari siswa lebih fokus ke pelajaran-pelajaran yang ada di bangku perkuliahan. Intinya pelajaran SMA pada umumnya difokuskan pada tahun pertama sekolah saja.

Bagaimana Cara Mendapatkan Beasiswa SMA di Korea Selatan ini?

Jika benar-benar memiliki ketertarikan untuk menempuh sekolah SMA di Korea Selatan hal yang harus dipersiapkan pertama kali adalah kemampuan bahasa.  Kemampuan bahasa benar-benar menjadi modal utama yang harus dimiliki. Tentunya tidak semua SMA di Korea membuka kelas internasional untuk para pelajar lulusan SMP di seluruh dunia. Adapun langkah-langkah mendaftar adalah sebagai berikut:

1. Cobalah Daftarkan Diri Pada Beberapa Sekolah

Persaingan yang kompetitif akan menjadi tantangan terbesar para pendaftar beasiswa. Terbatasnya kuota yang disediakan sekolah internasional di Korea membuat siswa berlomba-lomba mendaftarkan diri. Untuk itu daftarkan diri pada beberapa sekolah SMA sehingga nantinya terdapat beberapa pertimbangan terbaik akan masuk di mana.

Mau tau lebih detail pengolahan data Skripsi Tesis Disertasi dengan software tertentu? Kami siap membantu

2. Mempersiapkan Dokumen Pribadi

Setiap kelas internasional yang dibuka oleh SMA internasional di Korea pastinya disertai dengan program beasiswa juga. Siapkan dokumen seperti akta lahir, paspor, dan beberapa dokumen identitas serta dokumen pendukung lainnya.

3. Mengikuti Serangkaian Tes dan Persyaratan Lainnya

Jika sudah melakukan pendaftaran dan verifikasi, maka calon pelajar ini akan mengikuti beberapa tes yang menjadi persyaratan kelulusan. Kelas internasional di Korea Selatan ini memang diperuntukkan bagi pelajar luar negeri di seluruh penjuru dunia. Jadi, siapkan diri sebaik mungkin agar bisa lulus dan mendapatkan beasiswa full.

Tips Agar Bisa Mendapat Beasiswa

Sama seperti persyaratan untuk mendapat beasiswa pada umumnya, biasanya program beasiswa sangatlah ketat untuk hal dokumen-dokumennya. Beberapa tips dibawah ini mungkin bisa dicoba agar peluang lulus bisa semakin besar:

1. Aktif Berkegiatan

Mengambil kesempatan sebanyak dan sebaik mungkin dalam berbagai kesempatan seperti event, olimpiade atau lomba akademik bisa menjadi solusi. Dengan aktif berkegiatan akan membuka peluang terkait cara mendapatkan beasiswa SMA di Korea Selatan. Kenalan, informasi-informasi beasiswa biasanya akan banyak didapatkan melalui berbagai event.

2. Kuasai Bahasa

Bahasa menjadi syarat penting dan paling terpenting yang harus dikuasai. Minimal untuk percakapan sehari-hari sudah lancar. Terkait bahasa negara yang akan didatangi seperti Korea Selatan misalnya, lancar tidaknya bisa diusahakan. Biasanya sekolah internasional dalam berkomunikasi menggunakan bahasa persatuan internasional, yakni Bahasa Inggris.

3. Memperhatikan Kelengkapan Dokumen

Kelengkapan dokumen menjadi suatu hal yang sangat penting juga untuk dinomor satukan. Pasalnya, program beasiswa baik dari pemerintah setempat maupun universitas sangat ketat dalam memeriksa kelengkapan dokumen para calon penerima beasiswa. Jadi, selain bahasa, dokumen yang diminta juga sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari.

Nah demikianlah tadi ulasan tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa SMA di Korea Selatan? Tertarik untuk mendaftar? Jangan lupa siapkan dokumen terbaik dan kuasai bahasa asing ya. Good luck!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.