beasiswa untuk gap year

Tidak sedikit siswa yang lebih memilih untuk gap year demi mencapai goals tertentu sebelum masuk dunia perkuliahan setelah lulus sekolah. Waktu gap year ini biasanya dimanfaatkan untuk mempersiapkan diri maupun finansial dengan waktu lebih guna masuk ke jenjang selanjutnya. Bahkan, kini siswa gap year juga difasilitasi dengan sejumlah beasiswa untuk gap year yang sayang jika dilewatkan. Berikut diantaranya:

1. Quipper Scholarship Award

Salah satu perusahaan edutech ternama di Indonesia yaitu Quipper, ternyata memiliki program beasiswa untuk para mahasiswa gap year. Dalam program ini Quipper diketahui telah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi ternama di wilayah Indonesia. Ada beberapa jenis beasiswa yang bisa dipilih calon mahasiswa gap year.

Pertama, ada yang namanya program beasiswa Quipper Full Scholarship yang merupakan beasiswa pembiayaan full selama berkuliah. Ada juga jenis beasiswa parsial dimana beasiswa yang diberikan hanya sebagian saja. Ada sedikit catatan, dengan banyaknya jumlah pilihan kampus, pemohon beasiswa hanya bisa memilih dua perguruan tinggi sekaligus.

2. AMA Scholarship

Bagi yang sering mengikuti segala hal tentang Korea, tentu tidak asing dengan yang namanya AMA. Lembaga AMA tersebut memfasilitasi pelajar gap year untuk bisa mendapatkan beasiswa selama berkuliah S1. Tidak tanggung-tanggung beasiswa yang diberikan secara penuh untuk bisa berkuliah di salah satu sekolah seni terkenal di sana yaitu Korean National University of Arts.

Bukan hanya biaya kuliah, biaya transport dari Indonesia juga termasuk untuk pulang pergi Indonesia-Korea Selatan selama program berjalan. Setiap bulannya mahasiswa juga akan menerima tunjangan sebesar 80.000 won atau jika dirupiahkan sejumlah 10 juta rupiah. Ini merupakan angka yang fantastis untuk ukuran beasiswa.

Syaratnya juga terbilang mudah asalkan memiliki kemampuan berbahasa Korea yang standarnya disesuaikan dengan jurusan yang dipilih. Untuk setiap jurusan yang akan dipilih juga memiliki persyaratan khususnya tersendiri. Adapun jurusan yang tersedia disana mulai dari Instrumental music hingga film making tersedia lengkap disana.

3. STMKG

Bersekolah di sekolah kedinasan merupakan suatu harapan yang diinginkan oleh banyak orang tua terhadap anaknya. Ini dikarenakan, biasanya jika bersekolah di kedinasan sudah terjamin pekerjaannya. Meskipun tidak semuanya begitu, tetap saja bersekolah di kedinasan adalah gengsi tersendiri.

Kini untuk bersekolah di kedinasan, ada beasiswa untuk gap year. Meskipun tidak berstatus sebagai mahasiswa, namun sekolah kedinasan ini memberikan biaya gratis selama masa belajar dan ikatan dinas. STMKG sendiri merupakan singkatan dari Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika yang sudah dibuka sejak beberapa tahun lalu.

Sekolah ini menyediakan beberapa program D4 yang berkaitan dengan ilmu yang diterapkan di BMKG. Syarat untuk bisa mendaftar kesini adalah harus telah lulus SMA atau dari SMK dengan jurusan tertentu yang ditentukan.

4. Beasiswa Telkom University

Kampus yang namanya dikenal sebagai Tel-U, ini terletak di Bandung, lebih tepatnya daerah Buah batu. Jika mengira berkuliah di universitas swasta sangat menguras uang tentu bukan pikiran yang salah. Namun tenang, Telkom University memiliki program beasiswa untuk mereka yang telah menjalani gap year.

Beasiswa ini diberikan oleh IDCloudHost untuk siswa yang lulus 5 tahun sejak 2021. Pemberian beasiswa akan didasarkan pada Indeks Prestasi tiap semesternya, Sehingga setiap jenjang nilai akan mendapatkan jumlah beasiswa yang berbeda dari mulai 100%. Bahkan bisa saja sampai beasiswa dicabut jika nilai gagal memenuhi ekspektasi.

Nah, itulah beberapa jenis beasiswa untuk gap year yang tidak boleh terlewatkan bagi calon mahasiswa yang hendak kuliah tahun ini. Belum ada informasi terbaru mengenai kelanjutan program-program yang disebutkan tadi. Namun jika melihat beberapa tahun ke belakang, program tersebut rutin diadakan setiap tahunnya, jadi jangan sampai terlewatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.