Proker KKN Manajemen SDM

Kuliah Kerja Nyata atau KKN menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat. Lewat kegiatan ini, mahasiswa akan mengembangkan banyak program kerja atau proker. Salah satunya, proker kkn manajemen sdm yang dapat dilaksanakan diberbagai bidang.

Adapun tujuan dari proker ini adalah untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia di wilayah tempat kkn berlangsung. Para mahasiswa dapat menyalurkan ide dan pengalaman serta keterampilannya dalam proker ini. Bagi para mahasiswa yang saat ini masih bingung dengan proker yang akan dilaksanakan selama kkn, mari simak ulasan berikut ini:

1. Proker Manajemen SDM di Bidang Pendidikan

Setiap proker yang disusun oleh mahasiswa tentu saja menyesuaikan dengan kondisi lokasi pelaksanaan kkn. Termasuk untuk proker kkn manajemen sdm di bidang pendidikan.

Setelah melaksanakan observasi, para mahasiswa tentu bisa menentukan masalah yang tengah dihadapi masyarakat di lokasi kkn berlangsung. Saat itulah, rencana terhadap proker dapat dirancang.

Bidang pendidikan misalnya, menjadi bidang yang tidak pernah absen untuk program kerja kkn. Untuk proker manajemen sdm, mahasiswa dapat merancang pelatihan pengembangan media belajar untuk para guru.

Selain itu, mahasiswa juga bisa ikut mengajar. Mahasiswa bisa merancang rencana pembelajaran yang menyenangkan menggunakan berbagai media dan alat belajar. Melalui kesempatan ini pula, mahasiswa bisa memberikan pengalaman belajar yang berbeda kepada para siswa.

2. Proker Manajemen SDM di Bidang Kesehatan

Proker di bidang kesehatan bisa dirancang menyesuaikan dengan isu kesehatan yang sedang berkembang di lokasi kkn. Misalnya, masyarakat di lokasi kkn yang dituju sering mengalami kasus penyakit demam berdarah.

Isu tersebut bisa dijadikan proker untuk mengadakan penyuluhan kepada masyarakat. Penyuluhan yang dilakukan dapat berupa ajakan pencegahan melalui gerakan 3M. Menguras tempat air mandi atau bak mandi, menutup tempat penyimpanan air di rumah serta mengubur barang bekas.

Selain penyuluhan 3M untuk mencegah demam berdarah, masih banyak proker lain yang bisa dikembangkan. Seperti, proker pelatihan membuat herbal bagi lokasi kkn yang memiliki banyak sumber daya alam tanaman herbal yang melimpah.

Proker edukasi kesehatan kepada masyarakat juga bisa dikembangkan. Edukasi yang dipilih bisa berupa pelatihan tentang cara pertolongan pertama kepada orang yang sakit atau cedera. Hal ini sangat berguna bagi masyarakat, apalagi jika lokasi desa jauh dari puskesmas.

3. Proker Manajemen SDM di Bidang Pertanian dan Peternakan

Setiap desa yang menjadi lokasi kkn, kebanyakan masyarakatnya bekerja sebagai petani atau peternak. Kondisi masyarakat ini bisa dijadikan sebagai salah satu proker kkn.

Bagi mahasiswa pertanian dan peternakan, kesempatan ini bisa digunakan untuk menyalurkan ide dan ilmu yang sudah dipelajari. Mahasiswa bisa memberikan berbagai pelatihan terkait pertanian dan peternakan kepada masyarakat.

Mahasiswa bersama-sama juga dapat mengajarkan cara atau teknologi terbaru terkait pertanian dan peternakan kepada masyarakat setempat. Cara ini diharapkan dapat membantu meringankan masalah yang tengah dihadapi masyarakat.

4. Proker Manajemen SDM di Bidang Ekonomi

Setelah bertani dan beternak, masyarakat tentu saja berharap hasil kerjanya akan menghasilkan pundi-pundi uang untuk keluarga. Lewat kkn, mahasiswa bisa memberikan kiat-kiat yang bisa dilakukan masyarakat untuk meningkatkan penjualan.

Apalagi di era industri saat ini yang semua hal berhubungan dengan digital. Mahasiswa bisa memberikan pelatihan tentang penjualan melalui digital. Selain itu, mahasiswa juga bisa menjadi pihak kedua yang menghubungkan masyarakat dengan pembeli. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

5. Proker Manajemen SDM di Bidang Pariwisata

Semua lokasi kkn, umumnya memiliki kekayaan alam yang berpotensi sebagai tempat wisata. Melalui kegiatan kkn, mahasiswa dapat mengembangkan proker di bidang pariwisata.

Salah satu contohnya, mahasiswa bersama masyarakat dapat mengembangkan lokasi ekowisata di lokasi kkn. Memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada. Sehingga, kegiatan ini juga bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

Itulah lima proker kkn manajemen sdm yang dapat dikembangkan di berbagai bidang. Melalui kegiatan ini, harapannya baik mahasiswa maupun masyarakat dapat memperoleh keuntungan. Sehingga kegiatan kkn yang berlangsung di suatu wilayah, dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan sumber daya manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.