Contoh Program Kerja KKN Fakultas Ekonomi Akuntansi

Pembuatan rencana program kerja untuk KKN harus dilakukan secara matang sesuai jurusan masing-masing mahasiswa. Termasuk mahasiswa dari fakultas ekonomi akuntansi yang punya banyak jangkauan jenis program. Ada banyak contoh program kerja KKN fakultas ekonomi akuntansi yang bisa diterapkan. Berikut ini akan dibahas 5 contoh program yang sangat memungkinkan untuk dijalankan oleh mahasiswa ekonomi akuntansi.

1. Sosialisasi Menabung untuk Anak

Program pertama yang bisa dilakukan oleh mahasiswa fakultas ekonomi akuntansi adalah menyelenggarakan sosialisasi kegiatan menabung pada anak. Kegiatan ini bisa dijalankan di sekolah-sekolah karena targetnya adalah anak-anak. Kebiasaan menabung sangat penting untuk dilakukan sejak dini sehingga program ini akan sangat bermanfaat.

Menargetkan anak-anak, program bisa dijalankan dengan prosedur yang menyenangkan. Misalnya lewat sosialisasi melalui pendekatan dongeng-dongeng yang menarik. Mahasiswa juga bisa membuat beberapa games seru agar anak tidak merasa bosan saat mengikuti sosialisasi tersebut.

2. Pelatihan Pembukuan untuk Remaja

Mahasiswa ekonomi akuntansi tentu paham betul dengan ilmu pembukuan. Topik ini sangat bermanfaat untuk dipahami apalagi bagi para remaja. Mengapa menargetkan remaja? Alasannya karena remaja memiliki kemampuan menyerap ilmu lebih cepat dan mudah untuk diajari agar menjadi terampil dalam dunia pembukuan akuntansi.

Program pelatihan ini juga akan sangat membantu para remaja yang ingin masuk ke jurusan akuntansi. Termasuk remaja yang ingin meneruskan ke SMK jurusan akuntansi maupun ke jenjang universitas. Selain itu pelatihan ini juga bisa bertujuan agar remaja yang sudah menerima ilmu bisa membantu warga sekitar yang membutuhkan bantuan pembukuan untuk usahanya.

3. Evaluasi Pembukuan untuk UMKM

Jika di lokasi KKN sudah ada banyak warga yang menjalankan UMKM, maka mahasiswa bisa melaksanakan program evaluasi pembukuan. Ini salah satu contoh program kerja KKN fakultas ekonomi akuntansi yang akan sangat membantu para warga. Proses pencatatan dan pembukuan keuangan sangatlah penting di dunia usaha. Namun tidak semua pelaku UMKM bisa melakukannya dengan baik.

Mahasiswa bisa melakukan wawancara dan memberikan masukan mengenai proses pembukuan pada warga yang menjalankan UMKM. Jika teknik pembukuan akuntansi yang dilakukan warga masih salah, mahasiswa bisa mengarahkan ke jalur yang benar. Bantuan ini akan sangat membantu warga untuk berbenah dan bisa mengembangkan usahanya lebih baik lagi.

4. Penyuluhan Pengelolaan Finansial

Mahasiswa fakultas ekonomi akuntansi juga bisa mengadakan program penyuluhan pengelolaan finansial. Ilmu ini jelas sangat bermanfaat bagi warga terutama yang menjalankan usaha kecil-kecilan. Pengaturan finansial akan sangat penting untuk dilakukan agar perputaran uang bisa berjalan lancar dan membawa keuntungan. Hal ini akan menjadi topik yang sangat bagus untuk dijadikan topik penyuluhan oleh mahasiswa KKN.

5. Pendataan Aset Desa

Mahasiswa juga bisa menjalankan program pendataan aset yang dimiliki oleh desa. Program ini dilakukan untuk mendapatkan informasi mengenai potensi dan kekayaan yang dimiliki oleh desa. Hasil dari pendataan ini bisa digunakan untuk menunjang kelengkapan administrasi desa agar pengelolaan sumber daya bisa dilakukan lebih baik lagi. Jika pengelolaan sumber daya bisa berjalan optimal maka kemakmuran masyarakat juga pasti bisa ditingkatkan.

Itulah 5 contoh program kerja KKN fakultas ekonomi akuntansi. Mahasiswa bisa berkreasi dengan ide-ide menarik agar program KKN yang dijalankan tidak terasa membosankan dan bisa mendatangkan manfaat. Tentu setiap jenis program harus bisa dipertanggungjawabkan dan tidak hanya menguntungkan pihak mahasiswa yang KKN tapi juga masyarakat di lokasi KKN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.