Contoh PKM Pengabdian Masyarakat

Bicara lebih jauh mengenai Program Kreativitas Mahasiswa tentu membuat banyak orang memutar otak. Semua itu karena contoh PKM pengabdian masyarakat memang cukup luas. Melihat program ini harus disesuaikan dengan potensi daerah yang dituju. Program Kreativitas Mahasiswa ini dimaksudkan untuk peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk masyarakat luas. Berikut ini merupakan beberapa contoh yang dapat disimpulkan dari contoh PKM:

1. PKM Peningkatan Pengelolaan Usaha Tingkat Desa

Contoh PKM pengabdian masyarakat dapat menyasar para pelaku usaha mikro tingkat desa. Salah satu usaha yang mulai dijalankan oleh beberapa warga ialah pembuatan keripik singkong. Singkong merupakan tanaman yang sangat mudah dikembangkan di desa. Harga jual yang murah membuat warga mulai berinovasi untuk membuat produk kreatif. Apa lagi di beberapa daerah pengelolaan pembuatan keripik belumlah sempurna.

Terlebih kebanyakan warga tidak memiliki surat izin usaha. Salah satu upaya pengabdian yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan edukasi mengenai surat izin usaha serta pembukuan keuangan. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengarahan cara membuat surat izin serta melakukan pengelolaan keuangan sederhana. Adapun cara yang dapat ditempuh ialah dengan pendampingan pada para pelaku usaha mikro.

2. PKM Pengembangan Dan Pemberantasan Buta Huruf Hijaiyah Pada Lansia

Jadi dalam mengentaskan buta aksara khususnya huruf Hijaiyah. Perlu upaya pengembangan serta pemberantasan yang serius. Ada bermacam cara mudah untuk mempelajari dan membaca kitab suci Al-Quran yang bisa diterapkan. Salah satunya yakni dengan metode berbasis digital dan multimedia.

Satu langkah yang bisa ditempuh ialah dengan penyajian pembelajaran teknik audio visual. Upaya tersebut diharapkan mampu mempermudah pembelajaran para ibu lansia yang terlanjur memiliki tingkat pendidikan rendah.

3. PKM Pengabdian Masyarakat Dalam Mengedukasi Pemilahan Sampah Organik

Program pengabdian masyarakat juga bisa menyasar sekolah perlu edukasi. Salah satunya ialah dengan pemilahan sampah organic. Sekolah di desa, sebagian besar masih terlihat asri namun tidak sedikit yang abai akan penanganan sampah.

Tujuan dari program ini adalah meningkatkan pengetahuan, kesadaran serta menambah keterampilan siswa dalam pengelolaan sampah khususnya organic. Metode yang disampaikan harus interaktif didasari dengan penjabaran yang menarik mengenai pemanfaatan sampah sesuai jenisnya.

4. PKM Pemanfaatan Dan Pembuatan Pupuk Organik

Sebagai bentuk pengabdian para masyarakat, berbekal edukasi yang dimiliki PKM dapat diwujudkan dengan pemanfaatan serta edukasi pembuatan pupuk organic. Penduduk desa yang notabene berprofesi sebagai petani cukup layak mendapatkan pembekalan ini. Terlebih melihat harga pupuk anorganik yang cenderung lebih mahal.

Melalui beberapa proses penjabaran, pengetahuan ini dapat terwujud dengan kerja sama serta melihat potensi dari desa tersebut. Pupuk organic umumnya dibuat dengan memanfaatkan kotoran ternak seperti domba, sapi atau ayam. Dapat juga dicampur dengan limbah sisa panen seperti jerami, bagas tebu dan lain sebagainya.

5. Implementasi Aplikasi Wingeom Guna Kemudahan Belajar Tingkat SMP

Para pengajar belum begitu maksimal untuk penerapan media sebagai pendukung bahan ajar, khususnya yang berhubungan dengan bangun ruang. Salah satu  aplikasi yang dapat dimanfaatkan para pengajar ialah Wingeom. Tujuan utama dari PKM pengabdian masyarakat adalah membantu para pendidik untuk membuat bahan ajar lebih mudah terutama untuk bangun ruang.

Pembelajaran yang lebih menarik membuat para siswa lebih tertarik dan mengerti secara visual materi mengenai bangun ruang secara mendalam. Dengan memberikan presentasi langsung, diharapkan para guru bisa mengoperasikan software tersebut sebagai bahan ajar di sekolah.

Berdasar ilmu pengetahuan, para mahasiswa diharapkan mampu membagi ilmu yang dimiliki demi kemaslahatan banyak orang. Adanya contoh PKM pengabdian masyarakat ini sebagai bentuk perwujudan para pelajar untuk meningkatkan sumberdaya alam dan manusia demi kemajuan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *