Contoh Proker KKN Individu Akuntansi

Mahasiswa akuntansi punya banyak kesempatan untuk mengadakan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat. Ada banyak contoh proker KKN individu akuntansi yang mungkin bisa dijadikan inspirasi. Program-program tersebut ada yang bisa ditargetkan untuk masyarakat, pelaku UMKM, maupun pengurus desa. Kali ini akan dibahas apa saja contoh program kerja yang memungkinkan untuk dijalankan mahasiswa akuntansi di lokasi KKN. Berikut ulasannya:

1. Sosialisasi Cara Pembukuan UMKM

Mahasiswa akuntansi bisa mengadakan program sosialisasi cara pembukuan untuk diterapkan pada UMKM. Jika lokasi KKN yang dipilih memiliki banyak pelaku UMKM maka program ini akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Mahasiswa bisa membagikan ilmu mengenai teknik penyusunan laporan keuangan atau pembukuan bagi pelaku UMKM.

Pembukuan dalam bidang UMKM sangat penting untuk dilakukan sebaik mungkin. Perkembangan UMKM akan sangat dipengaruhi oleh ketelitian dalam melakukan pembukuan. Itulah mengapa program ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Mahasiswa bisa membantu masyarakat pelaku UMKM untuk membuat bisnis lebih berkembang lewat sosialisasi teknik pembukuan yang tepat dan efektif.

2. Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Desa

Ide program berikutnya yang bisa dilakukan oleh mahasiswa akuntansi adalah pelatihan penyusunan laporan keuangan desa. Laporan keuangan ini harus disusun secara runtut untuk kepentingan audit. Mahasiswa bisa membantu perangkat desa yang bertugas untuk melakukan penyusunan laporan keuangan yang efektif.

Di wilayah perdesaan tertentu seringkali penyusunan laporan keuangan dilakukan asal-asalan. Mahasiswa bisa melakukan evaluasi dan tanya jawab terlebih dahulu seputar pembuatan laporan keuangan tersebut. Sesi pelatihan juga bisa langsung membahas kesalahan-kesalahan yang ditemukan dalam penyusunan laporan keuangan sebelumnya.

3. Sosialisasi Menabung di Sekolah

Program dari mahasiswa akuntansi juga bisa mengarah ke anak-anak sekolah. Mahasiswa bisa memberikan sosialisasi menabung di sekolah-sekolah. Kegiatan ini bisa dilakukan sebagai program individu dan bisa disusun semenarik mungkin agar anak-anak merasa bersemangat. Kegiatan sosialisasi menabung ini tentu akan memberi manfaat karena bisa membentuk kebiasaan baik bagi anak-anak untuk berlatih mengatur keuangan.

4. Sosialisasi Pengelolaan Keuangan UMKM

Contoh proker KKN individu akuntansi berikutnya adalah sosialisasi pengelolaan keuangan untuk UMKM. Topik ini sangat penting untuk dipahami oleh para pelaku UMKM. Manajemen keuangan yang baik jelas akan membantu UMKM untuk semakin berkembang. Mahasiswa juga bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk mengenal seperti apa pengelolaan keuangan yang diterapkan masyarakat di lokasi KKN.

Lewat program ini, mahasiswa bisa berinteraksi dengan masyarakat mengenai masalah perputaran uang yang terjadi saat menjalankan suatu usaha. Mungkin ada banyak pelaku UMKM di lokasi KKN yang kesulitan mengembangkan usahanya karena masalah ini. Mahasiswa bisa memberikan solusi lewat sosialisasi pengelolaan keuangan yang efektif agar usaha berkembang lebih pesat.

5. Pelatihan Penyusunan Anggaran Desa

Mahasiswa jurusan akuntansi juga bisa menyelenggarakan program pelatihan penyusunan anggaran desa. Setiap tahunnya desa selalu memiliki anggaran dalam jumlah tertentu. Anggaran ini tentu harus dikelola sebaik mungkin demi kebaikan dan kemajuan wilayah desa.

Mahasiswa dapat memberikan pelatihan mengenai penyusunan anggaran yang efektif agar semua dana bisa digunakan secara optimal dan bermanfaat. Tentunya diharapkan setelah program ini dijalankan, perangkat desa jadi bisa mengelola anggaran dengan lebih bijaksana.

Itulah 5 contoh proker KKN individu akuntansi yang bisa diaplikasikan ke masyarakat. Sebelum menentukan jenis program, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu. Paling tidak mahasiswa harus mengenali lingkungan KKN dan masalah yang dihadapi oleh masyarakat di sana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.