Contoh Pemberdayaan Masyarakat Di Bidang Pertanian

Pekerjaan sebagai petani memang terbilang susah-susah gampang untuk dilakukan. Kendati demikian pertanian yang ada tidak boleh dihentikan ataupun terhenti. Seperti yang diutarakan oleh Syahrul Yasil Limpo selaku Menteri Pertanian. Untuk itu dibutuhkan contoh pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian oleh para petani. 

Agar dunia pertanian yang berada di negeri ini terus berkembang dan bisa menghasilkan produk pertanian yang lebih berkualitas. Walaupun wabah penyakit Covid-19 tengah menyerang sebagian besar masyarakat, para petani tetap menjalankan tugasnya dalam merawat berbagai macam tanaman. Berikut informasi mengenai pemberdayaan kepada para petani yang bisa dilakukan:

1. Memanfaatkan Pekarangan Menjadi Lahan Pertanian

Salah satu contoh pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian adalah dengan menyulap lahan yang ada di sekitar rumah sebagai lahan untuk bercocok tanam. Pasalnya telah diketahui jika semakin kesini keberadaan akan lahan pertanian semakin berkurang akibat maraknya pembangunan. 

Baik dalam skala perseorangan maupun kelompok, ditambah dengan populasi penduduk yang semakin meningkat serta yang terbaru ini adanya pandemi Covid-19. Dari pihak pemerintah pun mendukung kegiatan tersebut. Namun masih banyak warga yang kurang berminat akan kegiatan menanam di halaman rumah.

2. Peningkatan Hasil Panen 

Biasanya sebuah hasil panen bisa dilihat dari tolak ukur pendapatan semisal berat dibandingkan dengan luas lahan. Contohnya seperti kg/hektar bisa juga berat digantikan dengan satuan lain layaknya ton dan juga kuintal. Pemberdayaan dalam bidang pertanian dengan meningkatkan hasil panen diharapkan dapat mengurangi jumlah kemiskinan yang ada. 

Terutama bagi warga yang berada di pedesaan dan berpotensi sebagai seorang petani. Caranya bisa dilakukan dengan memberikan motivasi atau dorongan terhadap para petani agar diadakannya sebuah saluran irigasi yang tergolong hemat. Tujuannya tidak lain supaya tanaman bisa tetap tumbuh dan berkembang walaupun tengah berada di musim kemarau.

3. Pembentukan Kelompok Tani

Yang termasuk contoh pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian berikutnya bisa dilakukan pembentukan kelompok tani di setiap daerah. Bahkan adanya kelompok tani tersebut telah diatur dalam undang-undang pemerintah. 

Jadi kelompok tani merupakan perkumpulan para petani yang memiliki tujuan sama yaitu untuk meningkatkan perekonomian yang ada dan juga efisiensi usaha. Perlu diketahui dalam sebuah kelompok tani biasanya diadakan yang namanya pelatihan dan juga peningkatan SDM dari petani itu sendiri. Baik dari segi keterampilan maupun dari segi kemampuan.

4. Sosialisasi Kelompok Wanita Tani

Bentuk lain dari pemberdayaan para petani dapat terwujud dengan dibentuknya sebuah kelompok wanita tani. Tentunya tantangan yang biasanya terjadi adalah menarik minat para perempuan untuk bersedia mengikuti. 

Pasalnya kebanyakan para ibu-ibu yang ada telah terbiasa dengan hanya melakukan aktivitas rumah saja. Namun keberadaan para perempuan dalam dunia pertanian dapat diandalkan untuk melakukan beberapa hal. Misalnya menanam padi, memetik cabai yang telah matang dan cukup usia disertai lainnya.

5. Penyuluhan Pertanian 

Penyuluhan dilakukan dalam dunia pertanian untuk tujuan supaya para petani dapat memanajemen berbagai macam hasil panen dengan lebih baik. Hal ini berkaitan erat akan sumber perekonomian dalam keluarga. Pasalnya hasil pertanian terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian para mahasiswa bisa memberikan informasi mengenai tata kelola hasil panen yang cukup menarik.

Itulah pembahasan mengenai contoh pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian yang bisa dilakukan. Pasalnya pihak dari pemerintah telah mendukung beberapa usaha di atas. Jadi dengan mulai merubah bentuk pertanian yang dulunya tradisional seperti membajak sawah dengan sapi. Kemudian beralih pada bentuk modern melalui alat bajak dari mesin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.