Program Kerja KKN Bidang Ekonomi Pembangunan

Mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan memiliki banyak kesempatan untuk menjalankan program-program menarik yang bermanfaat bagi masyarakat. Ada banyak pilihan program kerja KKN bidang ekonomi pembangunan yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan warga. Berikut akan dibahas apa saja contoh program KKN yang cocok untuk dijalankan oleh mahasiswa di jurusan ini:

1. Sosialisasi Usaha Kecil

Pilihan program pertama yang paling mudah untuk dijalankan adalah sosialisasi usaha kecil. Pembangunan ekonomi di negara ini tentu sangat dipengaruhi oleh keberhasilan usaha kecil yang dibangun oleh masyarakat. Mahasiswa bisa mengadakan sosialisasi mengenai pelaksanaan usaha kecil. Mulai dari ide usaha yang bisa dijalankan, penggunaan modal, pemasaran, juga pengelolaan keuntungan.

Program sosialisasi semacam ini tentu akan sangat bermanfaat bagi warga yang ingin menjalankan usaha. Banyak kasus dimana masyarakat menjalankan sebuah usaha namun sulit untuk berkembang. Lewat program ini mahasiswa bisa memberikan solusi agar usaha kecil yang dikelola warga bisa berkembang lewat manajemen yang tepat.

2. Pelatihan Usaha Kreatif

Mahasiswa juga bisa memberikan pelatihan usaha kreatif untuk masyarakat. Pelatihan ini dilakukan dengan tujuan agar masyarakat bisa mendapat inspirasi dan menjalankan bisnis dari keterampilan yang dimiliki. Ada banyak jenis pelatihan usaha kreatif yang bisa dilakukan mulai dari pelatihan pembuatan karya rajut, pelatihan daur ulang sampah, dan lain sebagainya.

3. Pelatihan Pemasaran

Jika usaha sudah dimulai dan produk sudah dihasilkan maka warga harus bisa menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Saat usaha yang dijalankan warga berkembang pesat maka pembangunan ekonomi di Indonesia juga akan semakin maju. Perkembangan usaha tersebut sangat dipengaruhi oleh keberhasilan strategi pemasaran yang dijalankan. Jadi, mahasiswa berperan besar untuk membekali warga dengan ilmu pemasaran yang memadai.

Sampaikan sosialisasi dan pelatihan mengenai teknik pemasaran yang saat ini efektif untuk diterapkan. Ajarkan warga untuk memanfaatkan teknologi sebaik mungkin dalam usaha pemasaran ini. Berikan pula contoh nyata agar warga bisa dengan mudah menangkap ilmu yang dibagikan. Misalnya dengan membantu warga membuat video iklan produk untuk diunggah ke media sosial.

4. Sosialisasi Sensus Ekonomi

Ide program kerja KKN bidang ekonomi pembangunan berikutnya adalah melakukan sosialisasi sensus ekonomi. Sensus ekonomi merupakan salah satu bagian penting yang akan menjadi sumber informasi dalam proses penyusunan rencana pembangunan nasional maupun daerah. Mahasiswa bisa mengambil peran membantu program sensus ekonomi dengan melakukan sosialisasi kepada warga.

5. Pembuatan Buku Panduan UMKM

Mahasiswa juga bisa mengadakan program pembuatan buku panduan UMKM. Saat ini peran UMKM dalam pembangunan ekonomi di Indonesia sangatlah besar. Warga perlu mendapatkan bekal ilmu yang memadai agar bisa memulai dan membesarkan UMKM. Mahasiswa bisa menyediakan fasilitas belajar bagi warga lewat pembuatan buku panduan pelaksanaan UMKM.

Penyusunan buku panduan bisa dibuat sesederhana mungkin sehingga mudah untuk dipahami oleh warga. Buku panduan ini bisa membuat ide-ide UMKM yang dapat dijalankan warga, strategi memulainya, serta manajemen pengelolaan usaha yang bisa diterapkan. Buku ini bisa dibagikan secara gratis kepada warga sehingga akan lebih mudah untuk semua orang belajar mengenai pelaksanaan UMKM.

Itulah 5 contoh ide program kerja KKN bidang ekonomi pembangunan yang dapat dijadikan referensi bagi mahasiswa. Selain itu Mahasiswa juga bisa menjalankan program ini dengan topik yang berfokus pada sumber daya alam di lokasi KKN. Sesuaikan saja tema program dengan kondisi masyarakat juga wilayah KKN supaya bisa diterima dan memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.