Tema KKN di Masa Pandemi

Pandemi yang tengah melanda saat ini, tidak menghentikan kegiatan kkn yang rutin dilakukan setiap mahasiswa. Namun kegiatan kkn kali ini terasa berbeda dari sebelumnya. Kebanyakan peserta kkn melaksanakan program kerja di daerah masing-masing. Terdapat beberapa topik inti yang bisa diangkat pada tema kkn di masa pandemi ini. Seperti yang akan disebutkan berikut ini:

1. Edukasi Kesehatan Cegah Covid Untuk Masyarakat

Kesehatan menjadi topik penting terlebih disaat pandemi saat ini. Abai akan kesehatan dapat memperparah atau mempercepat penularan virus. Oleh  karenanya, kegiatan kkn yang akan dilakukan dapat mengusung tema edukasi kesehatan cegah covid bagi masyarakat. Edukasi dapat dilakukan dengan mendatangi rumah warga satu persatu atau dengan mengundang ke balai desa dengan catatan patuh akan protokol kesehatan.

Besar orang yang belum paham mengenai apa itu virus Corona dan indikasi gejalanya. Selain daripada itu, melengkapi pembahasan mengenai pencegahan adalah kunci utama. Memberikan penjelas mengenai dampak berbahaya virus ini merupakan hal wajib yang harus disampaikan.

2. Ketahanan Faktor Ekonomi Masyarakat

Tentunya ditengah pandemi yang tak berujung, masyarakat harus lebih paham mengenai dampak yang ditimbulkan tidak terkecuali pada perekonomian warga. Warga desa kebanyakan berprofesi sebagai petani atau pedagang. Alur yang tidak stabil pasca merebaknya virus ini bisa menjadi faktor penghambat ekonomi. Dampaknya, banyak orang mengeluh akan sulitnya mencari penghasilan.

Memberikan wawasan edukasi ketahanan ekonomi masyarakat bisa menjadi tema kkn di masa pandemi. Edukasi bermanfaat untuk menciptakan lapangan kerja baru atau memberikan penyuluhan mengenai cara pemasaran secara digital bisa menjadi topik menarik.

3. Menggiatkan Kampung Tanggap Covid

Berbekal pengetahuan cukup, peserta kkn dapat menggiatkan kampung tanggap covid pada daerah terobservasi. Pengetahuan yang ada, berinduk pada beberapa hal yang wajib diketahui masyarakat seperti, penanganan terhadap terduga warga dengan gejala covid.

Serta tindakan cepat terhadap pasien dengan segera dibawa ke pelayanan kesehatan untuk mendapat pemeriksaan lebih. Hal ini bisa diajukan ke perangkat desa dengan membentuk panitia tanggap covid di wilayah tersebut.

4. Strategi Optimalisasi Psikologis Siswa di Tengah Pandemi

Efek dari virus covid yang terjadi tidak hanya berdampak pada perekonomian. Namun juga pada seluruh lembaga pendidikan yang serempak dihentikan pembelajaran tatap muka. Secara tidak langsung, kondisi ini mengganggu psikologis para siswa yang sebelumnya dapat bermain riang di sekolah kini harus belajar secara daring.

Salah satu tema penting yang bisa diangkat adalah mengenai strategi optimalisasi psikologis anak agar tetap mendapatkan pembelajaran yang optimal. Sistem daring yang dilaksanakan menuntut siswa untuk belajar lebih mandiri meski tanpa pembelajaran penuh dari peserta didik.

5. Memanfaatkan Waktu Luang Untuk Kegiatan Keagamaan

Kegiatan keagamaan dapat dilakukan di masa pandemi untuk mengokohkan rohani masyarakat. Pasca pandemi banyak orang tidak bisa bekerja, hal inilah yang membuat banyak masyarakat stress dengan keadaan yang ada. Mengadakan kegiatan keagamaan diharapkan dapat memperkuat iman untuk lebih legowo menerima keadaan yang ada.

Penyuluhan kegiatan keagamaan dapat dilakukan di fasilitas warga seperti mushola, masjid atau balai pertemuan masyarakat. Namun tetap harus memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan era baru yang menjadi keputusan pemerintah.

Menjaga kestabilan berbagai faktor di tengah pandemi menjadi tanggung jawab bersama. Peserta kkn yang notabene seorang penerus negeri ini harus lebih peka sebelum benar-benar terjun di tengah masyarakat. Tema kkn di masa pandemi penting untuk dikaji guna mendorong kesejahteraan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.