Judul Proker KKN Hukum

Ada yang masuk kuliah jurusan hukum? Tahun ini sedang menempuh semester akhir dan harus mengikuti program kkn? Jika benar begitu, mungkin bingung mencari judul proker kkn hukum yang cocok dan sesuai. Sebenarnya, mencari topik program kerja kkn untuk jurusan hukum tidak terlalu sulit.

Oleh karena sedang belajar tentang hukum, nanti program kerja kkn juga sebaiknya tidak jauh-jauh dari topik tersebut. Mengingat saat ini masih masa pandemi Covid 19, maka tidak ada salahnya juga untuk memasukkan isu tersebut. Masih penasaran apa saja contoh judul proker kkn hukum yang bisa dijadikan referensi? Berikut ulasan selengkapnya: 

1. Sosialisasi Pentingnya Dokumentasi Warga Seperti Akta Kelahiran, KTP, Surat Izin Usaha, Dan Lainnya

Judul proker kkn hukum tersebut bisa dipakai untuk bahan referensi. Pada umumnya, kegiatan KKN dilakukan di wilayah desa-desa. Rata-rata masyarakat desa masih belum terlalu peduli dengan dokumentasi penting terkait dirinya. Sebut saja KTP, yang pada hakikatnya sangat diperlukan. Orang desa mungkin tidak begitu peduli karena penggunaannya sendiri masih sangat jarang.

Selain KTP, dokumen seperti Surat Izin Usaha sepertinya juga tidak banyak yang memilikinya. Bahkan orang desa yang sudah lama punya usaha dan tergolong sukses pun belum tentu paham apa itu Surat Izin Usaha. Padahal, kepemilikan surat tersebut ada nilai hukumnya. Sosialisasi akan membantu para pengusaha desa untuk paham pentingnya dokumen tersebut.

2. Penyuluhan Tentang Macam-Macam Hukum Serta Tata Negara Yang Berlaku Di Indonesia

Hukum berdasarkan jenisnya ada 2 yaitu hukum pidana dan perdata. Sayangnya tidak semua orang paham letak perbedaan keduanya. Bahkan, masyarakat kota saja masih banyak yang meminta bantuan orang hukum untuk menjelaskan masing-masing perbedaannya. Oleh sebab itu, penyuluhan tentang perbedaan hukum tersebut sangat penting untuk masyarakat desa.

Tidak hanya penyuluhan tentang informasi macam-macam hukum. Masyarakat desa juga seharusnya diberikan edukasi tentang tata negara Republik Indonesia. Berikan pengertian jika Indonesia merupakan negara demokrasi. Setiap orang bebas mengemukakan pendapatnya dengan cara sesuai peraturan. Penjelasan tentang hak kewajiban warga negara juga bisa disampaikan sebagai tambahan.

3. Sosialisasi Bahaya Narkoba Serta Hukum Bagi Pengedar Maupun Pengguna

Narkoba memang ancaman besar bagi sebuah negara. Saat ini, penyebaran narkoba bahkan tidak hanya di kehidupan masyarakat perkotaan saja, namun pedesaan juga. Oleh sebab itu, masyarakat desa harus diberikan edukasi tentang bahaya narkoba. Tidak hanya untuk kalangan anak muda saja, bahkan sosialisasi ini sebenarnya juga penting bagi orang dewasa.

Selain menjelaskan apa saja bahayanya, sampaikan juga tentang peraturan hukum Indonesia tentang narkoba. Apa saja hukuman yang akan diterima oleh pengedar, begitu juga untuk pengguna.

4. Kegiatan Bantuan Terhadap Masyarakat Tentang Persoalan Hukum Yang Tengah Dihadapi

Tidak hanya masyarakat kota saja yang bisa terkena masalah hukum. Tidak menutup kemungkinan masyarakat desa juga. Rata-rata masalah hukum yang dialami orang desa adalah terkait kepemilikan tanah atau sawah.

Banyak yang tidak mengerti cara membaca sertifikat, bagaimana jika sampai terjadi sengketa, atau masalah lainnya. Bantuan dari mahasiswa jurusan hukum cukup diperlukan.

5. Sosialisasi Tentang Peraturan Daerah Setempat Mengenai Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Covid 19

Masing-masing daerah kadang punya aturan sendiri terkait pedoman pencegahan dan pengendalian Covid 19. Meskipun pandemi ini dialami oleh seluruh daerah, pasti ada sedikit perbedaan. Mungkin ada satu daerah yang minim penderita sehingga peraturan sedikit lebih longgar, dan sebaliknya.

Oleh sebab itu, masyarakat desa perlu diberikan sosialisasi pedoman pencegahan dan penanggulangan Covid 19 sesuai peraturan daerahnya masing-masing. Pembahasan bisa tentang apa saja bahaya penyakit tersebut, atau hukuman yang akan didapatkan jika tidak taat peraturan pemerintah.

Saat KKN ada pameo waktu untuk mencari jodoh, namun ada juga moment yang yang bagus untuk mengembangkan ide sebuah topik untuk skripsi tugas akhir kalian. Mahasiswa tertentu yang target waktu kuliiah cepat lulus kemudian kerja, maka saat KKN menggunakan waktu senggang untuk menyusun materi awal skripsi. Kadang susah namun bisa dilakukan sambal mengerjakan hal yang terbaik untuk masa depan. Jika ada hambatan bisa hubungi Jasa Analis Olah Data Skripsi, Tesis dan Disertasi. Di Jasa Olah Data bisa didiskusikan hal yang penting dan secara mendalam.

Itu tadi ada 5 judul proker kkn hukum. Semuanya bisa dipergunakan sebagai sumber referensi. Oleh sebab itu, tidak perlu bingung lagi ketika ingin mencari judul proker kkn. Terutama untuk jurusan hukum yang sebenarnya cukup sederhana.

One thought on “5 Contoh Judul Proker KKN Hukum Layak Dijadikan Referensi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.