Susunan Acara Perpisahan KKN

Ketika program kerja dan waktu KKN telah hampir selesai. Maka biasanya setiap kelompok mempersiapkan sebuah acara untuk perpisahan dengan para warga sekitar ataupun pihak perangkat desa. Untuk itu diperlukan sebuah susunan acara perpisahan KKN yang tepat dan sesuai dengan tema yang direncanakan. Selain itu juga agar acara berjalan dengan lancar mengingat akan dihadiri oleh banyak orang. 

Misalnya dalam acara tersebut ingin memberikan perlombaan dengan hadiah menarik untuk warga sekitar maupun lainnya. Pasalnya perpisahan tersebut sedikit banyak sebagai pertanda ucapan terima kasih kepada warga telah diterima dengan baik di daerah desa tersebut. Serta berbagai bantuan dan arahan yang diberikan kepada para mahasiswa. Berikut contoh susunan acara yang bisa digunakan untuk perpisahan KKN:

Sebelum Pembacaan Susunan Acara

Sebelum disampaikannya rincian mengenai susunan acara penutupan KKN ataupun acara lainnya, biasanya didahului dengan melakukan beberapa sapaan. Oleh seorang pembawa acara setelah mengucapkan salam kepada para hadirin. Maka dilanjutkan pemberian sapaan tersebut kepada para tamu kehormatan. 

Lalu diantara tamu yang hadir dan diberikan sapaan meliputi Kepala Desa atau yang mewakili. Ada juga Dosen Pembimbing Lapangan yang merupakan perwakilan dari pihak kampus. Selain itu, ada para warga tamu undangan yang hadir. Serta tidak lupa para teman-teman Kuliah Kerja Nyata. Itu adalah contoh simbolis karena memang nama dari banyak orang tidak dapat disebutkan satu demi satu. 

Salah satunya para warga yang menjadi tamu undangan pastinya ditindak hanya sekedar satu orang saja. Begitu juga yang terjadi pada para teman-teman KKN yang tinggal bersama. Baru setelah kalimat sapaan selesai diucapkan maka bisa dimulai dengan membacakan Syukur Kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan berbagai macam rahmatNya. Serta juga penyampaian sholawat untuk baginda Nabi SAW.

Mulai Pembacaan Susunan Acara Perpisahan 

Apabila telah dibacakan beragam sapaan terhadap para tamu yang hadir dalam acara tersebut yang dilanjutkan dengan ucapan syukur serta sholawat. Maka bisa dimulai dengan penyampaian susunan acara perpisahan KKN mulai dari pembukaan sampai penutupan. Bagi yang ingin mengetahui apa saja yang menjadi susunannya berikut pembahasannya:

1. Pembukaan dan Doa

Acara pertama yang dilaksanakan sebagai susunan acara perpisahan KKN yaitu pembukaan. Kegiatan yang termasuk dalam pembukaan salah satunya adalah doa. Tidak lain supaya acara yang tengah digelar tersebut diberikan kelancaran hingga selesai oleh Allah SWT.

Jadi disini pembawa acara melakukan ajakan terhadap para tamu untuk berdoa secara bersama-sama. Dengan dipimpin oleh pimpinan agama di daerah tersebut. 

2. Pembacaan Ayat Al Quran

Setelah itu dilanjutkan dengan menginjak acara berikutnya yaitu pembacaan ayat-ayat suci Al Quran yang disampaikan oleh salah satu perwakilan dari mahasiswa KKN. Setelah proses pembacaan selesai, pembawa acara bisa menambahkan kalimat yang mengandung makna harapan. Misalnya dengan dibacakannya ayat-ayat Al Quran tadi. 

Dapat memberikan tambahan rasa istiqomah serta kekhusyukan dalam menjalankan beragam hal-hal yang terpuji. Salah satunya adalah hal kegiatan akhirussanah yang dilaksanakan pada saat ini. 

3. Sambutan Kepala Desa 

Ketika menginjak acara yang ketiga ini pembawa acara mempersilahkan bagi Kepala Desa untuk memberikan sepatah dua patah kata perihal acara yang berlangsung. Pada umumnya Kepala Desa memberikan ucapan terima kasih terhadap segenap para mahasiswa KKN yang telah menjatuhkan pilihan praktek untuk menunaikan tugas kuliah di desa tersebut. 

Selain ditujukan kepada para mahasiswa, Kepala Desa juga turut mengucapkan terima kasihnya kepada warga sekitar. Yang sedikit banyak membantu mahasiswa saat melakukan berbagai kegiatan KKN. Kemudian yang terakhir disampaikan juga mengenai kesan serta pesan kepada semua mahasiswa yang mengikuti KKN dalam desa itu. 

4. Sambutan Sekretaris Desa 

Tidak terlewatkan salah satu anggota perangkat desa lainnya yang juga cukup penting kehadirannya selain kepala desa adalah sekretaris desa itu sendiri. Setelah Kepala Desa selesai melakukan sambutan dan turun dari panggung, maka pembawa acara bisa melanjutkan dengan susunan acara perpisahan KKN berikutnya yaitu sambutan dari pihak sekretaris desa. 

Lalu dalam sambutan yang diutarakan sedikit banyak menyinggung perihal pesan untuk para mahasiswa. Tentunya diantara pesan tersebut seperti nantinya supaya para mahasiswa tidak lupa akan daerah tersebut. Serta warga masyarakat yang turut membantu para anggota KKN ketika melakukan berbagai macam kegiatan. Baik menyangkut urusan yang berkaitan dengan program kerja maupun tugas lainnya. 

5. Sambutan DPL 

Keberadaan Dosen Pembimbing Lapangan agaknya menjadi tombak penghubung antara para mahasiswa yang melakukan KKN dengan para perangkat desa yang ada. Tentunya kedatangan DPL di saat acara perpisahan memang cukup penting. Dikarenakan selain berperan sebagai pembimbing, dosen tersebut juga menjadi perwakilan dari pihak perguruan tinggi. 

Untaian kata yang diutarakan dalam acara sambutan biasanya berisi ucapan terima kasih yang ditujukan kepada segenap warga masyarakat sekitar tempat KKN. Pasalnya mahasiswa bimbingannya telah diterima dengan baik dan kini akan dibawa kembali ke kampus untuk melanjutkan proses pendidikan yang selanjutnya. 

6. Sambutan Ketua Kelompok KKN 

Seluruh mahasiswa anggota KKN yang diwakilkan oleh sang ketua tidak lupa juga untuk memberikan sambutannya. Dengan disertai ucapan rasa syukur yang teramat dikarenakan kegiatan pengabdian di desa tersebut dapat selesai tepat pada waktu yang telah ditetapkan. Lalu dalam pesan yang disampaikan oleh ketua kelompok lebih kurang berisi mengenai ucapan terima kasih kepada banyak pihak. 

Contohnya seperti pihak dari perangkat desa yang sebelumnya juga menyampaikan sambutan yang diwakilkan oleh Kepala Desa dan Sekretaris Desa. Semua itu dikarenakan telah diberikan kesempatan untuk melaksanakan tugas yang diberikan oleh pihak kampus di desa tersebut. Tidak ketinggalan ketua kelompok KKN juga memberikan kesannya selama tinggal dan berbaur dengan masyarakat sekitar. 

7. Penyerahan Kenang-Kenangan

Menginjak acara yang ketujuh ini pembawa acara menyampaikan bahwa saatnya untuk menyerahkan Kenang-kenangan kepada pimpinan desa. Cukup dilakukan secara simbolis dengan diwakili oleh pihak terkait. Maksud dari penyerahan ini tidak lain untuk ucapan terima kasih dari kelompok KKN. 

8. Penutupan dan Doa

Pembawa acara menyampaikan bahwa telah memasuki akhir dari acara perpisahan. Ketika suatu kegiatan diawali dengan berdoa maka ketika ditutup pun sebaiknya juga dilakukan dengan berdoa. Hal ini karena telah diberikan kelancaran jalannya acara perpisahan yang digelar bersama-sama ini dengan baik. Doa dibacakan oleh pimpinan agama dari desa tersebut. 

9. Hiburan

Tidak sedikit para hadirin yang datang ke dalam acara tersebut menantikan sesi yang satu ini. Pasalnya setiap orang bebas mengekspresikan apa yang dirasakannya. Biasanya hiburan dalam susunan acara perpisahan KKN ini berisi kegiatan bernyanyi secara bersama-sama yang disertai dengan games seru. Membaur menjadi satu baik dari para perangkat desa, warga sekitar dan juga para mahasiswa KKN. 

Games dapat diikuti oleh anak-anak maupun orang dewasa. Tidak lupa juga disediakannya hadiah bagi orang yang berhasil menang dalam pertandingan yang diikuti. Perlombaan tersebut kebanyakan tidak jauh berbeda dari games hari kemerdekaan. Yakni seperti lomba makan kerupuk, balap karung dan yang lainnya. 

Demikian ulasan mengenai susunan acara penutupan KKN mulai dari pembukaan hingga ditutup dengan doa dan dilanjutkan sesi hiburan. Pada sesi ini banyak warga yang merasakan bahagia baik yang sedang mengikuti perlombaan atau yang hanya sekedar menonton saja. Pembahasan di atas hanyalah contoh, sehingga untuk susunan sendiri bisa disesuaikan dengan tema dan acara yang akan diusung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *