Contoh Proker KKN

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau yang disebut KKN selalu menarik perhatian. Setiap mahasiswa biasanya disibukkan kegiatan ini setidaknya selama dua bulan pelaksanaan. Setiap peserta KKN pasti memiliki proker yang seharusnya dipersiapkan jauh hari. Kesiapan matang akan memudahkan berjalannya program tersebut. Untuk memudahkan mencari referensi, berikut beberapa contoh proker KKN menarik dipetimbangkan:

1. Proker Untuk Bidang Keagamaan

Meski Indonesia adalah Negara dengan muslim terbanyak, namun di negeri ini juga dinaungi oleh sebagian agama lain yang saling bertoleransi. Untuk melakukan proker KKN untuk bidang keagamaan perlu melihat karakteristik serta disesuaikan setara dengan kondisi masyarakat. Oleh karenanya observasi terlebih dahulu dengan mengedepankan edukasi bermanfaat bagi masyarakat adalah suatu kewajiban.

Beberapa program yang bisa dilaksanakan untuk kegiatan keagamaan cukup beragam. contohnya saja saat memilih bidang agama Islam. Peserta kkn bisa menggelar pengajian umum di desa untuk menambah wawasan. Menggelar lomba baca Al-Quran untuk anak-anak, Memberikan pelatihan menulis karya Kaligrafi bagi pelajar.

2. Proker Untuk Bidang Kewirausahaan

Setiap daerah memiliki potensi tersendiri. Banyak orang di desa tidak begitu mengerti akan kewirausahaan. Inilah pentingnya kegiatan penunjang pengetahuan semacam kkn dilakukan. Menumbuhkan jiwa wirausaha pada warga desa terpencil mampu mengangkat potensi serta sumber daya manusianya. Ada banyak proker yang bisa diangkat.

Mulai dari memberikan pelatihan membuat aneka kue kering untuk para ibu atau remaja putri. Menyelenggarakan kegiatan bazar desa untuk memasarkan produk buatan warga, memberikan pelatihan umum kepada para pemuda mengenai pengolahan sawah yang baik atau memberikan pengetahuan mengenai promosi digital untuk para ibu agar lebih mudah memasarkan produk.

3. Proker KKN Dalam Bidang Kesehatan

Kesehatan merupakan hal penting bagi keberlangsungan manusia. Rendahnya tingkat menjaga kesehatan dan kebersihan membuat perlunya kegiatan edukasi semacam ini dilakukan. Khususnya di daerah terpencil yang masih minim atau enggan menjaga kesehatan. Ada banyak contoh proker kkn yang bisa digolongkan guna peningkatan kesehatan.

Seperti mengadakan senam sehat massal bagi ibu dan lansia, sosialisasi bahaya buang air kecil dan besar sembarangan atau bisa juga dengan mengadakan posyandu disertai pemberian nutrisi bergizi untuk balita.

4. Program Kerja Bidang Pendidikan

Program kerja untuk pendidikan diharapkan mampu memberikan pengetahuan mendalam bidang pendidikan bagi peningkatan mutu generasi mendatang. Terlebih saat pandemi seperti sekarang ini, dunia pendidikan dinilai mengalami kemerosotan. Sebab pembelajaran dari rumah dirasa kurang efektif untuk mutu belajar siswa.

Edukasi yang bisa digiatkan untuk program pendidikan antara lain. Membantu tenaga pengajar untuk memberikan pelajaran sistem rolling, memberikan ekstrakurikuler tambahan, memberikan pelatihan tari atau seni budaya untuk mengenalkan siswa dengan kebudayaan.

5. Program Kerja Mahasiswa Untuk Lingkungan

Abainya masyarakat bisa menjadi kebiasaan buruk untuk menjaga kebersihan lingkungan. Banyak kegiatan bermanfaat yang bisa digalangkan untuk masyarakat. Setelah mengetahui kondisi daerah tujuan beberapa hal pokok yang bisa dilakukan antara lain.

Menggiatkan penanaman tumbuhan bermanfaat seperti TOGA, mengadakan kerja bakti dan memberikan jadwal wajib untuk untuk warga, memberikan pengetahuan bermacam sampah menurut jenisnya. Selain itu kegiatan menanam pohon pada daerah hutan yang rawan bencana juga bisa menjadi agenda dalam proker kkn lingkungan.

Sebagai penerus bangsa, mahasiswa dituntut untuk bisa terjun dan membaur dengan masyarakat guna memberikan edukasi pengetahuan yang dimilikinya. Berbagai contoh proker kkn di atas menjadi referensi yang patut dipertimbangkan mengingat manfaat yang besar untuk masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *