Ingin Laporan KKN Cepat Selesai Coba Lakukan 5 Hal Ini www.belajarkreatif.org 1

Sahabat Kreatif: Ingin Laporan KKN Cepat Selesai? Coba Lakukan 5 Hal Ini.  Tak terasa KKN selesai juga. Eh tapi jangan keburu senang dulu karena setelah itu masih ada laporan yang menanti dan harus segera dikerjakan.

Untuk urusan yang satu ini sepertinya sudah jadi rahasia umum kalau kebanyakan mahasiswa lebih sering menunda-nunda untuk mengerjakan laporan. Padahal dengan segera mengerjakan, Sahabat Kreatif sebenarnya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar lho.

Memang apa untungnya?

Lebih cepat mengerjakan laporan artinya beban pekerjaan Sahabat Kreatif akan berkurang. Jadi Sahabat Kreatif bisa fokus atau beralih mengerjakan hal-hal yang lainnya, misalnya saja mulai mempersiapkan skripsi. Dengan begitu, Sahabat Kreatif akan selangkah lebih maju dan kesempatan lulus tepat waktu pun bukan hanya angan-angan belaka.

Nah, gak ada alasan lagi buat menunda-nunda kan? Oia biar proses mengerjakan laporan makin mulus berikut ada beberapa tips yang Sahabat Kreatif bisa coba. Simak yuk!

1. Komunikasi

Dalam satu kelompok KKN biasanya akan terdiri dari beberapa orang. Itu artinya akan ada banyak pikiran, kebiasaan, dan sifat yang berbeda. Jadi utamakan untuk berkomunikasi dengan anggota kelompok yang lain.

Dengan saling mengenal, tentunya kekompakan antar anggota semakin kuat. Kalau sudah begitu urusan mengerjakan laporan pun akan makin mudah karena komunikasi telah terjalin dengan baik.

Namun jangan sungkan pula untuk menyampaikan jika suatu saat ada masalah di antara anggota kelompok biar tidak terjadi kesalah pahaman yang berlarut-larut dan tim kembali kompak.

2. Kerjasama yang baik

Tips selanjutnya supaya laporan KKN segera cepat selesai adalah kerjasama antar anggota yang baik.  Sahabat Kreatif bisa memulainya dengan cara membagi tugas dengan teman kelompok. Sahabat Kreatif bisa membagi tugas berdasarkan kesepakatan bersama atau dengan sistem pengundian.  Tapi ingat bagi porsi pekerjaan dengan adil untuk menghindari kemungkinan permasalahan di kemudian hari.

3. Pakai sistem menyicil

Sabahat Kreatif juga bisa memakai sistem menyicil supaya pengerjaan laporan KKN cepat selesai. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan target atau jangka waktu pengerjaan, misalnya dalam satu hari Sahabat Kreatif membuat target untuk mengerjakan 1-2 halaman laporan. Untuk memudahkan pengerjaan, Sahabat Kreatif dapat menuliskan terlebih dahulu poin-poin apa saja yang akan disampaikan dalam laporan KKN.

4. Kerjakan sebaik mungkin

Meski laporan yang telah selesai sudah ditangan namun Sahabat Kreatif masih harus mengumpulkannya ke dosen pembimbing. Di tahap tersebut biasanya kesabaran Sabahat Kreatif kembali diuji karena ada kemungkinan laporan KKN akan direvisi. Kalau tak teliti, proses ini bisa-bisa justru memakan waktu.

Jadi akan lebih baik jika sedari awal, Sahabat Kreatif mencoba untuk mengerjakan laporan sebaik mungkin supaya mendapatkan hasil maksimal. Salah satu tipsnya adalah membiasakan diri untuk membaca ulang setelah mengerjakan laporan dan jangan lupa untuk mengecek kembali tanda baca. Dengan begitu harapannya laporan Sahabat Kreatif akan minim revisi.

5. Konsisten

Nah, tips terakhir adalah kerjakan laporan KKN dengan konsisten. Sahabat Kreatif bisa membuat jadwal rutin kapan harus mengerjakan laporan KKN yang mempermudah dan dapat meningkatkan produktivitas Sahabat Kreatif.

Bangun juga kondisi yang nyaman saat mengerjakan laporan, seperti misalnya meja yang bersih atau musik yang mendukung. Kalau Sahabat Kreatif mulai terdistraksi atau muncul rasa malas, coba untuk mengingat kembali tujuan dan target semula. Jika perlu beri buat pengingat khusus dan letakkan di meja belajar atau di telepon pintar kamu agar Sahabat Kreatif tetap terpacu. Demikian Sahabat Kreatif Informasi: Ingin Laporan KKN Cepat Selesai? Coba Lakukan 5 Hal Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *