Proker KKN Ilmu Komunikasi

KKN atau kuliah kerja nyata, merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan para mahasiswa di tingkat akhir. Pada umumnya, para mahasiswa tersebut akan dikirimkan ke lokasi seperti desa-desa. Tujuannya untuk terjun ke masyarakat sebagai bentuk pengabdian, termasuk juga jurusan ilmu komunikasi. Bagi yang merasa masih bingung untuk membuat proker kkn ilmu komunikasi sebenarnya tidak sulit.

Kegiatan seperti sosialisasi dan bimbingan pada masyarakat bisa jadi fokus utama. Tema sosialisasi bisa disesuaikan, misalnya seperti saat masa pandemi seperti ini. Covid 19 bisa jadi bahasan utama tiap sosialisasi. Tidak perlu berlama-lama, berikut contoh proker kkn ilmu komunikasi yang bisa dijadikan bahan referensi:

1. Sosialisasi Penggunaan Media Sosial Yang Efektif

Contoh proker kkn ilmu komunikasi yang pertama adalah mengadakan sosialisasi tentang penggunaan media sosial yang efektif. Saat ini, media sosial memang sudah tidak bisa lepas dari masyarakat. Semua kalangan sepertinya memiliki setidaknya satu media sosial. Masalahnya, masih banyak dari orang-orang yang belum paham bagaimana memanfaatkannya dengan benar.

Rata-rata hanya dipergunakan sebagai hiburan semata. Posting gambar, video, yang sebenarnya tidak seberapa diperlukan. Informasikan pada masyarakat sekitar tentang bagaimana cara membuat media sosial untuk beriklan. Misalnya untuk memasarkan produk jualan supaya lebih mudah dan praktis.

2. Membuat Rumah Baca

Komunikasi juga berkaitan dengan aktivitas membaca bukan? Sayangnya, saat ini sepertinya minat membaca di masyarakat makin minim. Padahal, membaca adalah kegiatan super bermanfaat. Oleh sebab itu, mengapa tidak coba membuat proker pembuatan rumah baca. Sebagai sumber bacaan, buku-buku bisa didapatkan dari sumbangan masyarakat.

Para peserta kkn pun bisa mulai menghimpun dana untuk membeli buku-buku. Boleh buku bekas, atau beberapa juga bisa terbitan baru. Sambil mengumpulkan buku, sosialisasikan pada masyarakat pentingnya membaca buku. Terutama bagi para pelajar, sebab bagaimanapun juga adalah generasi penerus bangsa yang butuh banyak sumber referensi.

3. Membantu Sekolah Untuk Penguatan Media Pembelajaran Daring

Saat ini banyak sekali kegiatan masyarakat yang terpaksa berubah dikarenakan pandemi covid 19. Termasuk bekerja maupun sekolah, yang sebisa mungkin harus dilakukan secara daring. Bagi masyarakat kota, cara pembelajaran daring mungkin tidak seberapa jadi penghalang. Sebab, pada dasarnya masyarakat kota sudah lebih terbiasa dengan teknologi.

Melalui proker kkn ini, sebisa mungkin ajak sekolah-sekolah di pedesaan untuk lebih terbiasa dengan teknologi. Misalnya dengan penyuluhan penggunaan media sosial, aplikasi perpesanan online, dan lainnya untuk membantu proses belajar daring.

4. Membantu Pemerintah Desa Serta Masyarakat Untuk Membuat Media Sosialisasi Pencegahan Covid

Resiko penularan covid 19 memang tidak terbatas. Baik itu masyarakat desa maupun perkotaan, semua tetap bisa berpotensi tertular virus tersebut. Oleh sebab itu, komunikasi dengan masyarakat tentang perlunya tindakan pencegahan penyakit tersebut sangat diperlukan. Pihak-pihak pemerintah desa harus turun tangan langsung.

Misalnya dengan membuat slogan-slogan di sepanjang jalan tentang anjuran untuk lebih sering cuci tangan. Bisa juga dengan sosialisasi pemanfaatan grub aplikasi perpesanan online yang beranggotakan seluruh warga. Supaya dalam grup tersebut bisa saling mengingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

5. Sosialisasi Tentang Strategi Pemasaran Produk Masyarakat Sekitar

Biasanya, produk yang dibuat oleh masyarakat pedesaan itu rata-rata berkualitas. Mulai dari hasil laut, sampai kerajinan semuanya memiliki nilai ekonomis tinggi. Sayangnya, masyarakat mungkin belum terlalu paham tentang pemasaran produk masa kini. Para mahasiswa kkn ilmu komunikasi bisa mulai mengajarkan tentang strategi pemasaran terbaru.

Misalnya dengan membantu membuat logo produk dengan aplikasi. Bisa juga dengan sosialisasi tentang cara mengemas produk menarik, dan lain sebagainya. Ini juga diajarkan di mata kuliah ilmu komunikasi. Saatnya diaplikasikan langsung pada masyarakat supaya tidak sia-sia.

Itu tadi beberapa proker kkn ilmu komunikasi. Proker-proker di atas bisa jadi sumber referensi terbaik. Kalau bisa, proker kkn jangan hanya itu-itu saja. Buat yang lebih beda, dan pastinya bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.