Contoh Judul Laporan KKN

Jika sebelumnya beranggapan bahwa kegiatan KKN hanyalah bersenang-sedang saja bersama teman. Maka anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah. Pasalnya tidak benar karena terdapat sebuah program kerja yang harus dilaksanakan ketika kegiatan KKN berlangsung. Untuk itu dibutuhkan contoh judul laporan kkn menarik yang nantinya akan diproses lebih lanjut dan kemudian dijadikan laporan. 

Sedangkan benar karena dalam kegiatan KKN isinya kebanyakan memang dari kelompok tersebut bukan dari kelompok lainnya. Oleh karena itu sebuah sikap keakraban juga cukup dibutuhkan supaya ketika melakukan diskusi berlangsung dengan lancar tanpa hambatan yang berarti. Berikut informasi tentang pentingnya KKN dan pertimbangan membuat contoh judulnya: 

Pentingnya KKN Untuk Pengembangan Diri 

Berbagai kegiatan yang dilakukan ketika KKN dapat dimanfaatkan sebagai sarana melatih pengembangan diri seseorang. Bagaimana tidak, ketika KKN berlangsung seorang banyak terlibat dalam urusan kemasyarakatan yang mungkin sebelumnya belum pernah dilakukan. Maka berikut adalah pentingnya kegiatan KKN agar diri lebih berkembang:

1. Menjadikan Pribadi Yang Lebih Tangguh 

Tentunya dengan kegiatan KKN yang cukup beraneka ragam menuntut setiap mahasiswa mampu bertahan dalam keadaan apapun. Misalnya ketika dihadapkan pada sebuah situasi yang kemungkinan lebih rendah jika dibandingkan dengan saat kost.

Selain itu ditambah dengan keadaan para teman-teman baru dengan karakter yang beragam pula. Tentu ada yang memang cocok dan sebaliknya ada beberapa yang kurang cocok. 

2. Sebagai Pembuktian Pengamalan Ilmu 

Saat berada di lingkungan masyarakat yang dengan berbagai macam layar belakang baik pendidikan, ekonomi serta lainnya. Menjadikan mahasiswa bisa membuktikan bahwa ilmu yang telah diperoleh dari belajar di kampus tidak sia-sia.

Cukup dibuktikan dengan memberikan program kerja yang sesuai dengan bidang para mahasiswa serta yang dibutuhkan masyarakat. Salah satu contohnya seperti pembukaan usaha mikro dan lainnya. 

3. Membangun Sikap Sosial 

Sikap atau jiwa sosial perlu adanya latihan supaya dapat peka terhadap keadaan di sekitar. Salah satu latihan yang bisa dilakukan adalah dengan terjun langsung dalam masyarakat seperti ketika KKN. Mulai dari permasalahan yang telah ditemukan kiranya apa solusi yang tepat untuk dilakukan oleh warga sekitar. Serta bagaimana keberhasilan solusi sehingga dapat menangani masalah tersebut. 

Pertimbangan Membuat Contoh Judul Laporan KKN Yang Baik

Jadi dalam proses pembuatan contoh judul laporan KKN yang menarik kiranya perlu mempertimbangkan beberapa hal terkait. Agar laporan yang dibuat tidak asal-asalan yang berakibat pada nilai akhir yang diperoleh.

Pasalnya setiap perguruan tinggi memiliki aturannya sendiri-sendiri dalam tatanan laporan hasil penelitian kegiatan KKN. Berikut beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan sebuah judul laporan pada saat melakukan KKN:

1. Melakukan Riset

Bagi para mahasiswa yang masih bingung tentang permasalahan contoh judul laporan KKN yang unik. Maka salah satu solusi untuk menemukannya adalah dengan melakukan beberapa riset terlebih dahulu. Tidak perlu dalam lingkup yang luas dan banyak melibatkan orang sebagai narasumber. 

Namun riset yang diperlukan cukup dalam skala kecil saja. Adapun tujuan dilakukannya riset itu sendiri tidak lain untuk mengetahui berbagai kondisi serta situasi dari masyarakat sekitar. Kegiatan riset bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai cara menarik:

1. Menggunakan Internet

Pertama ada yang menggunakan Internet sebagai cara mencari informasi yang dibutuhkan. Seperti mengenal tempat KKN dengan berbagai kondisi yang dialami warganya. Cara ini cukup mudah dilakukan tanpa mengharuskan seorang peneliti atau mahasiswa meninggalkan posko kelompok.

Akan tetapi ketika memilih menggunakan Internet jangan lupa untuk memperhatikan tentang sumber tersebut bisa dipertanggung jawabkan.

2. Survei Secara Langsung

Jika informasi yang dibutuhkan tentang proses pertimbangan memilih contoh judul laporan KKN yang menarik tidak ditemukan di internet. Maka mahasiswa bisa melakukan survei di lapangan secara langsung. Tentunya dengan demikian informasi yang didapat juga lebih meyakinkan.

Caranya bisa dengan bertanya kepada warga sekitar mengenai beberapa hal mulai dari keadaan sekitar sampai dengan permasalahan yang sering dihadapi di Desa tersebut. Dimana permasalahan tersebut memerlukan sebuah intervensi.

3. Bertanya Kepada Perangkat Desa

Jika masih belum menemukan informasi yang sesuai dengan keinginan maka solusi terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan berdiskusi dengan perangkat Desa. Para mahasiswa bisa memperoleh kontak dari para perangkat melalui Dosen Pembimbing Lapangan. Bisa juga melalui pihak akademik yang bertugas di bagian KKN.

2. Menyusun Prioritas

Selanjutnya ketika permasalahan yang sering dihadapi oleh warga masyarakat sekitar tempat KKN dan membutuhkan intervensi telah diketahui. Maka bisa dengan memulai untuk melakukan penyusunan prioritas. Pasalnya jika tidak dilakukan proses penyusunan prioritas terlebih dahulu. Maka kemungkinan program kerja yang akan dilakukan bisa-bisa membutuhkan waktu dalam skala tahunan.

Mahasiswa bisa memperkirakan atau menilai berbagai macam permasalahan yang telah diperoleh, mana yang bisa dijadikan bahan untuk program kerja. Untuk itu beberapa hal bisa dijadikan pertimbangan seperti berikut:

1. Masalah Paling Memerlukan Intervensi

Pertimbangan pertama saat memilih masalah untuk dijadikan sebuah proker sekaligus contoh judul laporan KKN yaitu permasalahan yang memerlukan intervensi dalam waktu cepat. Pastinya dari beragam jenis dan juga latar belakang permasalahan ada yang kiranya paling mendesak dan harus segera diselesaikan. Pengelompokan bisa dimulai dari yang paling penting sampai dengan yang paling tidak penting.

2. Masalah Yang Bisa Diselesaikan Dalam Jangka Waktu

Pertimbangan berikutnya adalah dengan menyusun permasalahan berdasar pada jangka waktu penyelesaiannya. Sebagai contohnya membutuhkan waktu 3-4 mingguan. Untuk itu mahasiswa bisa melakukan perencanaan proker sampai dengan tahap evaluasi. Oleh karena itu permasalahan dapat selesai dalam waktu yang telah ditetapkan.

3. Masalah Paling Dikuasai

Sebuah program kerja pastinya menuntut mahasiswa harus menguasai seluk beluk dari permasalahan yang diangkat. Hingga bisa menjadi contoh judul laporan KKN yang akan dikerjakan. Dalam catatan jika proker yang dibuat tersebut bersifat individu. Pasalnya jika bersifat kelompok apabila tidak menguasai permasalahan masih bisa didiskusikan dengan anggota yang lebih ahli.

3. Menyusun Rancangan

Ternyata pengambilan contoh judul laporan KKN yang nantinya akan dikerjakan butuh sebuah proses penyusunan rancangan. Proses ini cukup penting untuk dilakukan mengingat sebuah program kerja seharusnya dikerjakan dengan runtut. Setidaknya ada 4 perkara yang tidak boleh terlewatkan dalam sebuah rancangan proker. 

Diantaranya memuat tentang permasalahan yang telah ditemukan dan dipilih sebelumnya. Kemudian yang kedua yaitu menyangkut pembagian tugas antar anggota yang ahli sesuai bidangnya. Serta yang ketiga ada jadwal pelaksanaan yang meliputi tahap persiapan hingga evaluasi yang dijelaskan dengan rinci. Terakhir yaitu mengenai anggaran biaya yang digunakan dalam pelaksanaan proker tersebut.

Itulah pembahasan tentang pentingnya KKN dan pertimbangan dalam memilih contoh judul laporan KKN yang akan dilakukan. Pembahasan di atas bisa dijadikan referensi bagi para mahasiswa yang akan melaksanakan pengabdian bersama dengan para masyarakat.

Tentunya di Tempat KKN memiliki kenyamanan yang mungkin tidak sama seperti ketika berada di rumah. Untuk itu kemampuan sosial dari mahasiswa dapat ditunjukkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *