KKN Selama Pandemi 5 Ide Program Kerja Ini Bisa jadi Referensi www.belajarkreatif.org 2

Sahabat Kreatif; KKN Selama Pandemi, 5 Ide Program Kerja Ini Bisa Jadi Referensi. Kuliah Kerja Nyata atau KKN jadi salah satu momen penting bagi hampir setiap mahasiswa. Tak hanya sebagai syarat kelulusan, KKN juga jadi waktu yang pas bagi mahasiswa untuk belajar menerapkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan dengan terlibat langsung di masyarakat.

Bagi Sahabat Kreatif yang tengah bersiap untuk KKN tentunya saat ini sedang sibuk mencari ide program kerja. Berhubung sekarang kita masih menghadapi pandemi tak ada salahnya untuk membuat program kerja yang sesuai dan relavan dengan kondisi saat ini sehingga dapat membantu masyarakat.

Oia, jangan sampai lupa juga ya untuk terus menerapkan protokol kesehatan seperti cuci tangan, jaga jarak, pemakaian masker selama pelaksanaan KKN.

Nah, berikut beberapa ide program kerja yang bisa digunakan sebagai referensi. Simak yuk!

Sosialisasi pandemi Covid-19

Meski sudah beredar banyak informasi mengenai Covid-19, namun nyatanya di masyarakat tak sedikit pula yang kurang paham mengenai bahayanya virus tersebut. Sahabat Kreatif bisa memasukkan sosialisasi pandemi ini dalam program kerja KKN.

Berikan informasi seputar hal-hal dasar yang harus dipahami masyarakat, seperti misalnya apa itu Covid-19, bagaimana caranya mencegah penularan dengan mematuhi protokol kesehatan 3 M, serta menjaga kesehatan selama pandemi. Selain itu Sahabat Kreatif juga dapat membagikan informasi mengenai vaksin mengingat saat ini masih banyak pula keraguan pada masyarakat untuk menerima vaksin.

Sebisa mungkin gunakan bahasa yang sederhana serta tak berbelit sehingga penjelasan mudah dipahami oleh semua kalangan.

Pelatihan usaha

Tak bisa dipungkiri, banyak masyarakat yang perekonomiannya terkena dampak selama pandemi, seperti pemutusan hubungan kerja atau usaha yang terpaksa gulung tikar.

Sahabat kreatif pun bisa mendukung masyarakat yang terdampak melalui program kerja KKN, salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan-pelatihan usaha. Rancang pelatihan usaha yang cukup mudah serta tak membutuhkan modal yang tak terlalu banyak sehingga dapat langsung diaplikasikan oleh masyarakat.

Dengan berbagai pelatihan itu, harapannya masyarakat pun bisa kembali produktif sekaligus menggerakkan perekonomian.

Mengatur Keuangan

Selain berbagi soal peluang usaha, Sahabat Kreatif juga bisa membagikan informasi mengenai mengelola keuangan di masa pandemi juga lho.

Kemampuan mengelola keuangan ini penting dimiliki karena saat ini masyarakat masih menghadapi masa pandemi yang masih dipenuhi dengan ketidakpastian kapan akan berakhirnya. Padahal situasi pandemi ini menyebabkan adanya peningkatan biaya hidup sementara sebagian besar masyarakat justru mengalami penurunan penghasilan.

Dengan mengelola keuangan dengan baik maka bisa menjadi salah satu cara bagi masyarakat untuk melewati pandemi ini dengan lebih tenang.

Kemampuan dasar mendampingi anak saat sekolah daring

Selama pandemi mau tak mau siswa harus belajar di rumah. Namun beberapa orang tua mungkin mengalami kesulitan ketika harus mendampingi putera puteri mereka dalam mengerjakan tugas.

Sahabat Kreatif pun bisa membuat program kerja sederhana yang memudahkan orang tua saat mendampingi anak, misalnya saja kemampuan dasar dalam membuat foto atau video.

Pengadaan alat kebersihan dan kesehatan

Program kerja yang satu ini pun bisa Sahabat Kreatif coba garap. Beberapa wilayah hingga sekarang mungkin belum memiliki atau masih kekurangan alat kebersihan dan kesehatan yang memadahi. Padahal sarana kebersihan tersebut penting untuk mencegah penularan Covid-19.

Sahabat Kreatif pun bisa membantu pengadaan alat-alat  kebersihan dan kesehatan seperti tempat cuci tangan atau alat cek suhu badan. Memang program yang satu ini akan membutuhkan biaya yang lebih banyak jika dibandingkan program kerja yang lain, tetapi kalau itu digunakan untuk kesehatan masyarakat tak ada salahnya bukan?

Demikian Sahabat Kreatif Informsi; KKN Selama Pandemi, 5 Ide Program Kerja Ini Bisa Jadi Referensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *