Apa Itu Ujian Komprehensif

Jika mendengar kata ujian komprehensif, mungkin sebagian mahasiswa mengenal ujian ini sebagai ujian yang menakutkan. Ada juga yang belum mengenal ujian ini sama sekali. Ujian komprehensif biasanya menjadi suatu ajang pembuktian hasil belajar bagi mahasiswa, khususnya untuk yang sudah menempuh tingkat akhir. lalu apa itu ujian komprehensif? Berikut ini adalah pembahasannya:

Pengertian

Banyak yang mengartikan ujian komprehensif ini kedalam beberapa pengertian yang berbeda-beda tergantung dari sudut pandang suatu lembaga. Misalnya di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Medan, dikatakan bahwa ujian komprehensif adalah ujian yang dilakukan untuk mengukur pemahaman dan penguasaan teoritis mahasiswa, baik dalam bidang sains dan Teknologi secara umum maupun keilmuan jurusan secara khusus.

Ada juga pengertian lain yang didapat dari Sekolah Tinggi Agama Islam negeri Sultan Abdurrahman. Ujian Komprehensif adalah ujian lisan yang harus diikuti oleh mahasiswa setelah lulus seluruh mata kuliah, kecuali KKN. ujian ini dilaksanakan sebelum ujian skripsi di hadapan majelis sidang.

Terakhir, ada pengertian mengenai ujian komprehensif dari IAIN Purwokerto. Di situ dijelaskan bahwa ujian komprehensif adalah upaya mengetahui kemampuan mahasiswa dalam memahami dan mengembangkan materi perkuliahan yang sesuai dengan bidang keilmuan program studi.

Tujuan ujian Komprehensif

Ujian komprehensif ini memang benar-benar menakutkan bagi sebagian orang, apalagi ketika mendengar tujuan dari ujian komprehensif ini diadakan. Namun ternyata, dibalik kengerian para mahasiswa ini, terdapat tujuan yang sebenarnya baik dari diadakannya ujian komprehensif ini di antaranya adalah:

  • Menguji kelayakan dari pengetahuan komprehensif mahasiswa.
  • Menilai Kemampuan Akademik mahasiswa dalam aspek pemikiran dan kompetensi keahlian dalam bidang studi yang dipelajari.
  • Menyiapkan mahasiswa yang mumpuni dan unggul di bidang pemahaman ilmu-ilmu yang spesifik ,dalam bidang studi yang ditempuh.

Tips Menghadapi Ujian Komprehensif

Ketika sudah mengetahui apa itu ujian komprehensif, mahasiswa juga harus mengetahui bagaimana tips dalam mempersiapkannya. Adapun beberapa tips untuk menghadapi ujian komprehensif yang dapat membantu selain dengan giat belajar, agar hasil yang diraih dapat maksimal:

1. Cari Informasi Soal

Adanya informasi mengenai soal apa saja yang akan diberikan pada ujian nanti, dapat mempermudah mahasiswa untuk mempersiapkan materi yang sekiranya akan ada di ujian nanti. Sehingga dapat membuat lebih efisien dalam hal waktu karena tidak perlu mempelajari semua materi sekaligus.

2. Membuat Resume

Ketika informasi mengenai materi apa saja yang akan keluar dalam ujian, langkah selanjutnya adalah membuat resume seputar materi tersebut. Membuat resume akan membuat mahasiswa lebih mudah mempelajari materi sehingga dapat lebih memahami materi-materi yang ada.

3. Hindari Sistem Kebut Semalam

Jangan pernah lakukan sistem kebut semalam dalam mempersiapkan ujian, hal ini mungkin terdengar gila dilakukan mengingat materi ujiannya pun tidaklah sedikit. Butuh waktu untuk membaca, mendalami materi, mengingat kembali yang telah diajarkan oleh dosen, dan masih banyak lagi.

4. Percaya Diri

Ketika sedang menjalani ujian, mahasiswa harus percaya diri dengan bekal yang dia punya. Percaya lah dengan kemampuan diri sendiri, ketika sudah bersusah payah belajar. Meskipun ketika menjawab tidak akan seratus persen benar, namun ada baiknya untuk selalu berpikir positif dan jangan gugup.

5. Berdoa

Tips terakhir yang paling wajib dilakukan adalah berdoa. Mohonlah doa untuk diberikan kelancaran kepada Sang Pencipta, jangan jadi manusia angkuh dan sombong yang lupa kepada Tuhannya, karena mungkin Tuhan bisa memberikan keringanan saat ujian nanti. Jangan lupa juga untuk meminta doa dan restu kepada orang tua, karena doa mereka itu sangat mujarab.

Sekian penjelasan singkat mengenai apa itu ujian komprehensif dan bagaimana tips dalam menghadapinya. Hal yang perlu diingat adalah untuk tetap belajar serta tenang ketika ujian. Tak perlu panik, karena justru bisa menyebabkan apa yang sudah dipelajari terlewat saat ujian berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *