Pertanyaan Saat Sidang Skripsi

Bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan penelitiannya, sidang skripsi menjadi momen paling ditunggu sekaligus momen paling ditakutkan. Sebab, dalam sidang akan ada dosen penguji yang siap mengajukan pertanyaan saat sidang skripsi secara bertubi-tubi terkait dengan penelitian tersebut.

Mahasiswa bisa mendapat nilai jelek jika sampai tidak bisa menjawab atau bahkan dicecar oleh dosen penguji. Namun, hal ini sebenarnya dapat diantisipasi dengan memprediksi apa saja pertanyaan-pertanyaan yang muncul saat sidang skripsi yang akan muncul. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering muncul saat sidang:

1. Apa Urgensi dari Penelitian Tersebut?

Pertanyaan saat sidang skripsi yang paling sering muncul yaitu ‘apa urgensi dari penelitian yang dilakukan?’. Sebetulnya ini adalah pertanyaan mendasar, tetapi tak jarang mahasiswa kesulitan menjawabnya karena grogi. Sebagai peneliti yang merencanakan sekaligus melakukan penelitian tersebut hingga selesai mestinya pertanyaan seperti itu bisa dijawab dengan mudah.

Untuk mengantisipasi supaya tidak kesulitan menjawab, buatlah catatan khusus berupa poin-poin yang berhubungan dengan pertanyaan tersebut. Pada umumnya urgensi penelitian selalu berkaitan dengan masalah penelitian. Jawaban dari pertanyaan tersebut tentunya sudah ada di Bab I. Jadi, mahasiswa hanya perlu membaca kembali dan menjelaskan secara singkat bahwa urgensi penelitian berkaitan dengan suatu masalah sehingga penelitian itu sendiri penting dilakukan.

2. Apakah Teori Ini Penting Bagi Penelitian?

Pertanyaan berikutnya yang mungkin diajukan oleh dosen penguji yaitu berkaitan dengan teori yang digunakan. Seperti diketahui, teori adalah bagian paling penting dalam sebuah penelitian. Teori berfungsi sebagai landasan untuk menganalisis data yang nantinya diperoleh. Selain itu, teori juga memiliki peranan penting karena akan mempengaruhi sudut pandang peneliti dalam melihat masalah.

Menjawab apakah teori yang digunakan penting atau tidak bisa dengan menjelaskan relevansinya dengan masalah penelitian. Setiap teori memiliki fokus perspektifnya masing-masing dan hal inilah yang perlu dijelaskan saat menjawab.

3. Bagaimana Data Penelitian Diperoleh?

Tak bisa dipungkiri bahwa data penelitian adalah bagian paling penting dalam skripsi. Bagaimana cara data diperoleh akan sangat mempengaruhi hasil penelitian hingga penarikan kesimpulan. Jawaban dari pertanyaan ini sebetulnya sudah dijelaskan di Bab III berkaitan dengan metodologi penelitian. Jadi, jangan panik jika penguji tiba-tiba menanyakan pertanyaan ini.

Seperti diketahui, metodologi juga diperlukan sebagai panduan untuk mengarahkan peneliti bagaimana penelitiannya bisa dilakukan dengan benar. Jadi, setiap langkah dalam pengambilan data harus dilakukan sesuai dengan metodologi yang sudah ditentukan.

4. Apa Kesimpulan yang Didapatkan dari Penelitian Ini?

Pertanyaan ini mungkin akan menjadi pertanyaan termudah karena sebagai peneliti pastinya akan memahami kesimpulan dari penelitian yang dilakukannya. Supaya jawaban terlihat lebih logis, jelaskanlah kesimpulan dengan mengaitkannya dengan masalah, teori, hingga data yang didapatkan. Jadi, harus ada benang merah dari setiap Bab yang telah dijelaskan hingga akhirnya muncul sebuah kesimpulan.

5. Apa Saja Kontribusi Sumber Pustaka terhadap Penelitian Ini?

Sumber pustaka adalah referensi atau buku-buku yang dipakai dalam penyusunan skripsi. Jika mendapat pertanyaan seperti ini, jawablah bahwa sumber pustaka sangat penting untuk membentuk kerangka penelitian yang kokoh. Mulai dari masalah, teori, hingga data pendukung didapatkan dari sumber pustaka. Peneliti yang menggunakan teknik studi dokumen juga akan lebih banyak mengandalkan buku yang relevan dengan penelitian.

Itulah 5 pertanyaan saat sidang skripsi yang sering muncul. Agar tidak grogi dan kesulitan saat menjawab, pastikan untuk menguasai seluruh materi presentasi dengan baik supaya tidak muncul pertanyaan yang membingungkan. Membaca ulang hasil penelitian juga akan membantu mahasiswa memahami penelitiannya dan mengantisipasi kesulitan menjawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *