Cara Chat Dosen untuk Bimbingan Online

Agar dapat menyelesaikan skripsi dengan lancar, tentu seorang mahasiswa harus selalu menjalin komunikasi yang baik dengan dosen pembimbing. Ini dilakukan untuk membuat dosen mempunyai penilaian tersendiri terhadap mahasiswa yang ia bimbing. Komunikasi yang baik perlu dijaga mulai dari hal yang kecil seperti chatting, nah berikut ini akan dibahas bagaimana cara chat dosen untuk bimbingan online yang baik:

1. Ucapkan Salam Pembuka

Hal yang pertama dalam cara chat dosen untuk bimbingan online yang baik dan sopan, adalah dengan mengucapkan salam terlebih dahulu. Sebelum membicarakan maksud yang akan dituju, sebaiknya mahasiswa yang baik mengucapkan salam terlebih dahulu kepada sang dosen. Hal ini bukan semata mendapatkan pandangan yang baik dari dosen, namun ini adalah dasar dari tata krama yang baik.

Mulailah ucapkan salam sebelum mengutarakan maksud, bisa mulai dengan “Assalamualaikum” jika dosen yang bersangkutan seorang muslim. Bisa juga dengan “Selamat pagi/siang/malam” tergantung waktu berkirim pesan, atau salam yang lainnya.

2. Ucapkan Maaf

Untuk langkah yang kedua ini bisa dibilang adalah opsional. Apalagi jika merasa menghubungi dosen di waktu yang kurang tepat, seperti dosen sedang mengajar atau ketika menghubungi dosen ketika hari sudah malam. Maka yang perlu dilakukan adalah meminta maaf terlebih dahulu, karena dengan kata maaf akan menunjukkan kerendahan hati karena telah mengganggu waktu sang dosen.

3. Perkenalkan Diri

Jika kedua langkah tadi sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah memperkenalkan diri dengan baik. Mengenalkan diri tidak perlu bertele-tele, cukup sebutkan nama, asal jurusan atau asal kelas. Hal ini dilakukan karena bisa saja dosen menerima banyak pesan dari mahasiswanya dan tidak mungkin menyimpan nomornya satu-satu.

Lebih jelasnya, cukup perkenalkan nama lengkap, asal jurusan, nomor induk mahasiswa atau sebutkan saja angkatan berapa. Terkadang, beberapa dosen paling tidak suka dengan mahasiswa yang menghubunginya tanpa memperkenalkan diri terlebih dahulu. Namun, hal ini bisa dilewati jika mahasiswa telah akrab dengan dosen dan telah saling menyimpan nomor.

4. Biarkan Dosen Menentukan Waktu

Saat akan menentukan jadwal bimbingan yang akan dilakukan, sebaiknya jangan menentukan waktu secara sepihak. Jika mahasiswa yang menentukan waktu terlebih dahulu, ini akan memberikan kesan bahwa dosen yang membutuhkan mahasiswa dan bukan mahasiswa yang sedang membutuhkan dosen.

Cara yang sebaiknya dilakukan adalah menentukan terlebih dahulu kapan dosen memiliki waktu luang untuk menyempatkan dirinya memberikan bimbingan secara online. Jika dosen sudah memberitahukan waktu kosongnya, barulah mahasiswa menyesuaikan waktu kosongnya untuk menjadwalkan kapan bimbingan online akan dilakukan.

5. Ucapkan Terima Kasih

Jika sudah terjadi kesepakatan antara mahasiswa dengan dosen mengenai kapan bimbingan akan dilakukan. Selanjutnya adalah mengucapkan kata terimakasih untuk dosen. Meskipun terlihat hal yang kecil, namun memberi terima kasih ini seringkali dilupakan oleh sebagian orang.

Kalimat terima kasih bisa menjadi kalimat penutup yang berkesan bagi sang dosen. Terimakasih dapat menjadi kata yang berdampak besar terhadap hubungan mahasiswa dengan dosen. Ini memperlihatkan jika mahasiswa adalah seorang yang memiliki etika. Sebaliknya jika lupa tidak mengucapkannya maka dosen akan mencap mahasiswa tersebut sebagai orang yang tidak beretika.

Itulah sedikit informasi mengenai cara chat dosen untuk bimbingan online. Ulasan ini mungkin bisa dijadikan jawaban, bagi mahasiswa yang bertanya-tanya mengapa pesannya tidak dibalas oleh dosen. Bisa jadi pesan yang dikirimkan tidak berkenan di hati dosen tersebut. Bisa juga kurangnya etika dari mahasiswa ketika mengirim pesan terhadap dosen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *