Contoh Sambutan Perpisahan KKN

Setelah menjalani satu per satu program KKN dan menyelesaikan semua kewajiban, maka mahasiswa bisa sampai di akhir periode KKN. biasanya akan digelar acara khusus untuk berpamitan dan ada sesi sambutan yang harus disampaikan mahasiswa juga kepala desa. Kali ini akan dibahas seperti apa contoh sambutan perpisahan KKN yang dapat disampaikan sebagai tanda berakhirnya kegiatan KKN.

Rangkaian Acara Perpisahan

Sebelum membahas contoh sambutan perpisahan KKN, mari pahami dulu penyelenggaraan acara ini. Setelah melaksanakan serangkaian program KKN, mahasiswa harus mengakhiri masa KKN dengan mengadakan acara perpisahan. Acara ini diselenggarakan sebagai simbol berpamitan dengan warga desa. Ada beberapa pihak yang biasanya akan diundang untuk hadir dalam acara pamitan ini, di antaranya adalah:

  • Mahasiswa peserta KKN
  • Dosen yang menjadi pembimbing di lapangan
  • Lurah desa
  • Ketua RT dan RW, serta perangkat desa lainnya
  • Kelompok pemuda-pemudi
  • Perwakilan warga sekitar
  • Tamu undangan (pengisi acara hiburan misalnya)

Acara pamitan KKN ini pada umumnya digelar di kantor balai desa setempat. Namun bisa juga dipilih lokasi lain sesuai dengan persetujuan dari pihak desa. Mahasiswa juga perlu menyusun rangkaian acara agar sesi pamitan ini bisa berjalan dengan lancar juga supaya bisa lebih hemat waktu. Berikut ini merupakan contoh rangkaian acara pamitan KKN yang diselenggarakan oleh mahasiswa:

  • Pembukaan
  • Menyanyikan lagu kebangsaan dan universitas
  • Sambutan dari mahasiswa peserta KKN
  • Sambutan dari lurah atau kepala desa
  • Lain-lain (contoh: pemberian kenang-kenangan atau sesi hiburan)
  • Penutup

Isi Pidato Perpisahan

Saat menyampaikan pidato perpisahan tentu ada beberapa hal yang wajib untuk disampaikan. Terdapat poin-poin penting yang tidak boleh terlewatkan. Berikut ini adalah beberapa poin penting yang harus diselipkan dalam pidato sambutan di acara perpisahan:

  • Salam kepada semua pihak yang hadir
  • Pembuka
  • Ucapan terima kasih
  • Kesan dan pesan
  • Ucapan permohonan maaf
  • Penutup

Pidato perpisahan ini disampaikan dalam waktu yang singkat. Jadi sangat disarankan untuk menyusun isi pidato yang singkat dan padat. Pastikan untuk memberi kesan positif kepada warga maupun semua pihak yang hadir dalam acara tersebut. Penyampaian pidato juga harus jelas dan tidak terburu-buru agar bisa dipahami oleh semua pihak yang hadir. 

Pidato Sambutan dari Mahasiswa

Mahasiswa terpilih untuk memberikan sambutan ini biasanya adalah ketua dari kelompok KKN. Namun bisa juga dipilih mahasiswa lain sebagai perwakilan. Berikut adalah contoh pidato sambutan perpisahan KKN dari pihak mahasiswa.

Assalamualaikum wr. wb.

Selamat pagi hadirin semua.

(Sapaan kepada semua orang yang hadir di acara pamitan. Dapat disebutkan satu per satu sesuai urutan mulai dari kepala desa hingga mahasiswa)

Terlebih dahulu mari kita bersama menghaturkan ucapan puji syukur kepada Tuhan untuk limpahan rahmat yang tak terhingga. Kita tentu tidak mungkin punya kesempatan hadir bersama di sini dalam kondisi tubuh yang sehat serta bahagia tanpa izin maupun ridho dari-Nya.

Hari ini mahasiswa peserta program KKN Universitas…di Desa…telah resmi menyelesaikan tugas. Sebagai penanda usainya tugas kami di desa ini saya ingin memberikan terima kasih khususnya bagi seluruh pihak terlibat. tentu semua kegiatan tidak akan bisa berjalan tanpa hambatan jika tidak ada kerja sama dari kita semua.

Terima kasih telah memberikan bimbingan termasuk bantuan kepada kami untuk menyelesaikan tugas selama menjalani kegiatan di sini. Serta tidak lupa kami ingin mengucapkan rasa syukur karena telah disambut dengan sangat ramah saat memulai program KKN di desa ini. Begitu sampai di tempat KKN, kami semakin bersemangat karena dapat sambutan yang hangat.

Ada begitu banyak pengalaman yang sudah kami rasakan selama tinggal di sini. Meskipun harus pergi dari desa ini, kami pasti akan selalu mengingat setiap kebaikan tulus yang ditunjukkan oleh para warga. Khusus untuk teman-teman pemuda yang selama ini membantu kami menjalankan program, saya hanya bisa mengucapkan rasa terima kasih dengan sangat tulus. Saya harap teman-teman semua bisa terus berjuang memajukan desa serta memberi kesejahteraan bagi semua warga.

Sekali lagi saya sebagai wakil semua mahasiswa berterima kasih. Kami pun ingin meminta maaf dengan segenap hati apabila selama menjalankan kegiatan di sini kami meninggalkan banyak kesalahan. Saya berdoa agar kita semua selalu diberi berkah tubuh yang sehat.

Sekian yang saya sampaikan di waktu yang cukup singkat ini. Terima kasih untuk perhatian yang diberikan.

Wassalamualaikum wr. wb.

Pidato Sambutan dari Kepala Desa

Setelah sambutan dari mahasiswa, maka acara bisa dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari kepala desa. Berikut adalah contoh sambutan perpisahan KKN yang bisa disampaikan kepala desa: 

Assalamualaikum wr.wb.

Selamat pagi semuanya.

(Pemberian sapaan kepada satu per satu pihak yang datang di acara pamitan KKN)

Sebelum melangkah lebih jauh mari kita haturkan rasa puji syukur pada Allah SWT untuk berkah luar biasa yang telah diberikan bagi kita. Atas izin dari-Nya kita semua dapat bertemu bersama di kesempatan ini dalam kondisi sangat sehat juga bahagia.

Hari ini bisa disebut sebagai saat yang istimewa terutama bagi adik-adik mahasiswa KKN yang telah resmi menyelesaikan kegiatannya di Desa… Saya sebagai kepala desa hanya ingin mengucapkan selamat karena kalian telah berhasil mengakhiri periode KKN dengan lancar. Sebuah kehormatan besar tentu bagi saya secara pribadi serta semua warga desa karena bisa menyambut sekaligus membantu para mahasiswa menjalani masa KKN-nya.

Perlu saya sampaikan dengan tulus hati bahwa kedatangan para mahasiswa di desa tercinta ini telah memberi begitu banyak kebaikan. Semua program yang telah dijalankan oleh adik-adik semua memberi manfaat besar untuk warga dari berbagai sisi. Terima kasih juga untuk Bapak dosen yang sudah memberi bimbingan juga arahan bagi kami semua.

Hari ini kalian akan segera kembali ke universitas untuk meneruskan perjalanan studi di jurusan masing-masing. Saya begitu mengapresiasi setiap bentuk usaha dan kerja keras mahasiswa semua dalam melaksanakan program-program selama KKN. Semoga apa yang telah dilalui di desa ini bisa menjadi sebuah pelajaran dan bekal di masa depan.

Saya selaku wakili semua warga desa menyampaikan mohon maaf setulus hati apabila kami semua mungkin punya kesalahan selama menjamu adik-adik di sini. Semoga kalian selalu diberikan kesehatan juga kelancaran untuk kedepannya. Selain itu, saya juga mengajak warga sekalian untuk tetap melanjutkan program-program yang sudah dimulai oleh para peserta KKN di sini.

Cukup sekian kata sambutan dari saya. Selamat kembali lagi ke kampus tercinta dan semoga kita diberi kesempatan di lain waktu supaya bisa menjalin silaturahmi. 

Wassalamualaikum wr.wb.

Itulah contoh sambutan perpisahan KKN yang bisa diucapkan oleh mahasiswa serta kepala desa. Acara pamitan KKN bisa menjadi momen yang membahagiakan sekaligus mengharukan. Jangan lupa berikan juga kenang-kenangan kepada warga sebagai tanda pengingat bahwa pernah ada kegiatan KKN di lokasi desa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *