Jangan Malas Ini Lho Alasan Harus Semangat Ikut KKN www.belajarkreatif.org 3

Sahabat Kreatif:Jangan Malas, Ini Lho Alasan Harus Semangat Ikut KKN. Beberapa mahasiswa mungkin merasa jika Kuliah Kerja Nyata atau KKN bukan sesuatu hal yang penting dan relevan lagi karena buang-buang, waktu, dan tenaga.

Jika Sahabat Kreatif berpikir demikian, waktunya mengubah cara pandang itu ya. Sebab KKN ternyata punya manfaat yang jauh lebih besar daripada sekedar syarat kelulusan semata.

Memang apa saja sih keuntungannya? Yuk simak artikel berikut ini, dijamin Sahabat Kreatif makin semangat buat ikut kegiatan KKN.

Adaptasi

Kegiatan KKN biasanya akan berlangsung dalam durasi yang cukup panjang. Sahabat Kreatif pun dituntut untuk berada di lingkungan baru yang mungkin penuh kekurangan dan tak senyaman rumah maupun kos.

Selain soal lingkungan itu, Sahabat Kreatif tentunya akan berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal yang memiliki kebiasaan atau adat yang mungkin belum diketahui sebelumnya.

Nah, Sahabat Kreatif mau tak mau harus beradaptasi dengan kondisi baru ini. Gak mungkin kan, Sahabat Kreatif tiba-tiba memutuskan untuk menunda ikut KKN dengan alasan tak bisa adaptasi.

Mengelola konflik

Sahabat Kreatif pasti sudah tahu saat mengikuti kegiatan KKN, maka Sahabat Kreatif akan bergabung dengan anggota kelompok yang berasal dari beragam latar belakang.

Tak jarang interaksi dengan orang-orang baru itu akan memicu perselisihan. Pada posisi ini, Sahabat Kreatif pun bisa belajar bagaimana mengatasi konflik dan apa apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikannya.

Tapi ingat, usahakan untuk menyelesaikan konflik dengan kepala dingin. Jangan sampai karena terbawa emosi membuat Sahabat Kreatif kemudian melakukan tindakan yang tak terpuji.

Kerjasama dengan orang lain

Tanpa kita sadari kegiatan KKN itu membantu Sahabat Kreatif mengasah kemampuan soft skill, salah satunya kerjasama.

Dari awal Sahabat Kreatif bakal disibukkan dengan berbagai hal seperti seperti menentukan tempat lokasi, membuat program kerja KKN dan lain-lain. Lalu, saat di lokasi KKN Sahabat Kreatif mungkin juga akan berhadapan dengan berbagai masalah.

Dengan memiliki kerjasama yang baik dengan seluruh anggota kelompok maka dapat membantu Sahabat Kreatif mengatasi bermacam hal selama KKN.

Tahu masalah sosial

Sebelum benar-benar terjun di lapangan, mungkin tak terpikirkan sama sekali mengenai berbagai permasalahan yang ada masyarakat. Namun saat mengikuti kegiatan KKN,  Sahabat Kreatif bisa dengan lebih jelas mengetahui seperti apa masalah yang dihadapi masyarakat.

Sahabat Kreatif juga bisa turut membantu mengatasi masalah itu melalui program kerja yang disusun. Namun perlu diingat, buat program kerja yang tidak terlalu muluk dan sesuai dengan kondisi masyarakat lokal. Semisal saja Sahabat Kreatif KKN di lokasi yang cukup terpencil yang memiliki akses listrik terbatas, akan kurang relevan jika membuat program yang memerlukan banyak listrik.

Implementasi ilmu perkuliahan

KKN didesain sebagai salah satu cara pengabdian masyarakat dan memberikan solusi dari berbagai masalah yang ada. Nah, bagi Sahabat Kreatif ini adalah waktu yang tepat untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat di perkuliahan.  Sahabat Kreatif bisa memulainya dengan membuat proker yang sederhana namun tetap berhubungan dengan ilmu yang dipelajari, misalnya mengatur keuangan atau bercocok tanam di pekarangan.

Asah kemampuan wirausaha

Nah, ini mungkin manfaat yang paling aneh. Apa hubungannya KKN dengan wirausaha? Tenang jangan terburu komentar negatif dulu ya. Jadi begini, selama berada di lokasi KKN, Sahabat Kreatif lambat laun akan mengenali potensi suatu daerah. Potensi tersebut mungkin kurang tergali karena bermacam hal. Jika jeli membaca peluang, Sahabat Kreatif pun bisa mengembangkan potensi-potensi yang kurang tergarap itu dan menyulapnya sebagai lahan bisnis. Demikian Sahabat Kreatif Informasi:Jangan Malas, Ini Lho Alasan Harus Semangat Ikut KKN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *