Contoh Kata Pengantar Laporan KKN

Kata pengantar laporan kkn merupakan hal penting dari keseluruhan isi laporan yang telah dibuat. Pada dasarya guna kata pengantar ialah membawa pembaca kepada inti dari sebuah laporan itu sendiri. Berikut adalah sebagian contoh kata pengantar laporan dari berbagai macam kegiatan kkn:

1. Kata Pengantar Laporan Individu

Salah satu aktivitas kkn yang juga diterapkan di sebagian besar kampus ialah kkn individu. KKN dapat dilakukan di desa sendiri atau merujuk pada desa dikehendaki. Contoh kata pengantar kkn individu seperti di bawah ini:

Kata Pengantar

Segala puji selalu dilimpahkan kehadirat Tuhan, kerana berkat kasih sayang-Nya kita semua mampu menyelesaikan laporan kkn individu dengan baik. Pada kesempatan yang bahagia ini saya ingin menghaturkan banyak terima kasih khususnya:

  1. Ibu….. sebagai dosen pembina yang berbaik hati mengosongkan waktu, tenaga serta pikiran untuk membantu pembuatan laporan.
  2. Bapak….sebagai Ketua Panitia Pelaksana KKN Universitas Surabaya
  3. Ibu… sebagai Kepala Desa Mawar Sari
  4. Masyarakat Desa Mawar Sari yang membantu penulis dalam pelaksanaan kkn di desa ini.
  5. Untuk seluruh teman-teman semua yang senantiasa memotivasi serta mendukung untuk selalu semangat melakukan kegiatan.

Pada akhirnya, penulis ingin laporan kegiatan ini memberikan manfaat kepada semua pembaca serta menjadi pengetahuan bagi yang membutuhkan.

2. Kata Pengantar Laporan KKN Covid 19

Merebaknya virus covid yang mendunia menjadikan beberapa tema atau topic kkn saling berkaitan denganya. Berikut adalah contoh kata pengantar kkn yang mengusung topic covid 19 sebagai bahan referensi:

Kata Pengantar

Puji serta syukur senantiasa dipanjatkan kepada Tuhan  Yang Maha Esa. Atas kasih sayang Tuhan laporan kkn yang mengusung tema “ Posko Tanggap Covid” mampu terselesaikan.

Terwujudnya laporan kegiatan ini tidak lepas dari tangan dingin berbagai pihak. Oleh karenanya, pada kesempatan ini kami ucapkan beribu terima kasih kepada:

  1. Prof. Dr…. Rektor Universitas Negeri Surabaya.
  2. Bapak…..selaku Kepala Desa Mekarsari yang berkenan memberikan izin atas pelaksanaan kkn ini.
  3. Ibu…..sebagai dosen pembimbing lapangan (DPL) yang telah berkenan membimbing kami dalam kegiatan ini.
  4. Seluruh masyarakat Desa Mekarsari yang membantu dalam penyelesaian laporan.
  5. Serta seluruh teman seperjuangan yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Penulis menyadari seluruhnya apabila laporan ini tidak terlepas dari kekurangan. Oleh karenanya, akan sangat membantu apabila pembaca berkenan memberikan kritik demi kemajuan kedepan. Semoga penyusunan laporan kegiatan ini memberikan manfaat pada semua pembaca.

3. Kata Pengantar Laporan KKN Tematik

KKN tematik merupakan sebuah kegiatan kkn yang orientasinya merujuk pada kegiatan tertentu yang lebih terfokus. Biasanya kkn tematik menyesuaikan permasalahan kemasyarakatan serta mengarah pada kebijakan pembangunan yang diselenggarakan pemerintahan tertentu.

Kata Pengantar

Puji syukur senantiasa dipanjatkan kehadirat Allah Yang Maha Esa, sebab hanya atas kemurahan-Nya kami mampu menyelesaikan laporan dengan tema “ Menuju Tata Kelola Desa Yang Bersih Untuk Masyarakat Sejahtera”.

Maksud dari penyusunan laporan ini adalah sebagai acuan serta mendorong pemerintahan lebih bersih dari segala tindakan korupsi, kolusi dan nepotisme. Begitu juga pentingnya peran masyarakat dalam mengawasi anggaran dana desa agar lebih transparan.

Ucapan terima kasih tidak lupa kami haturkan kepada beberapa pihak yang berjasa atas terselesaikannya laporan ini. Terutama kepada dosen pembimbing serta seluruh perangkat dan warga Desa Arum. Kami sadar jika pembuatan laporan ini belum sempurna. Sehingga kami sangat menerima segala bentuk kritikan membangun. Semoga dengan selesainya laporan ini mampu memberikan manfaat untuk para pembaca.

Kegiatan KKN cukup penting untuk menopang berbagai aspek kehidupan di masyarakat. Setiap kegiatan tentu disesuaikan dengan kepentingan serta kondisi daerah yang dituju. Beberapa contoh kata pengantar laporan KKN tersebut bisa dijadikan acuan untuk membuat kalimat pengantar sebuah laporan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *