Pidato Perpisahan KKN

Masa akhir periode KKN biasanya ditandai dengan acara perpisahan. Pada kegiatan ini biasanya akan ada pidato perpisahan KKN yang disampaikan oleh ketua kelompok KKN. Tentu ada banyak perasaan yang ingin disampaikan lewat pidato perpisahan tersebut. Agar tidak bingung, berikut adalah 5 poin penting yang perlu disampaikan dalam sebuah ucapan perpisahan KKN:

1. Ucapan Terima Kasih

Setelah menyapa semua pihak yang hadir dalam acara perpisahan, maka bisa segera disampaikan ucapan terima kasih. Tentu saja mahasiswa tidak bisa bekerja sendiri menjalani program KKN tersebut. Tentunya dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak khususnya masyarakat sehingga KKN bisa berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir periode.

Ucapan terima kasih bisa disampaikan kepada perangkat desa yang sudah banyak membantu regulasi sehingga KKN berjalan efektif. Sampaikan juga rasa terima kasih kepada warga yang sudah banyak bekerja sama dan berpartisipasi dalam setiap program KKN. Jangan lupa, berikan juga terima kasih kepada teman-teman satu kelompok KKN yang sudah bekerja keras hingga program selesai.

2. Kilas Balik Program

Tak ada salahnya untuk menyelipkan beberapa kata tentang kilas balik program yang sudah diselenggarakan. Mahasiswa bisa memberikan review mengenai program-program apa saja yang sudah dijalankan. Tidak perlu memasukkan semua jenis program namun bisa dipilih beberapa program yang dirasa paling berkesan. Ini akan membuat warga juga merasa bahagia karena telah terlibat dalam program-program tersebut.

3. Kesan Selama KKN

Jangan lupa sampaikan kesan yang dirasakan selama menjalani KKN. Ini akan menjadi sebuah pesan manis yang bisa disampaikan untuk mengakhiri program KKN. Sampaikan apa saja yang dirasakan selama menjalani KKN. Ajak juga teman-teman yang lain untuk memberikan kesan-kesan yang dirasakan sehingga akan terasa lengkap.

Berikan beberapa komentar mengenai warga juga lokasi tempat berlangsungnya KKN. Berikan pujian kepada warga yang sudah dengan ramah menjamu mahasiswa KKN. Kata-kata manis berupa pujian dan kesan-kesan ini akan terus ada di ingatan warga dan membuat mahasiswa KKN akan selalu dikenang.

4. Pesan untuk Warga

Sampaikan juga pesan untuk para warga yang ada di lokasi KKN tersebut. Pesan yang disampaikan bisa berupa pesan untuk melanjutkan program-program yang sudah dijalankan selama KKN. Mintalah warga untuk tetap mempertahankan kegiatan-kegiatan positif yang sudah diselenggarakan selama ini. Jika program bisa memberi manfaat, maka akan jauh lebih baik jika bisa dilanjutkan bahkan setelah KKN berakhir.

Jangan lupa, sampaikan juga kepada warga untuk terus mengingat ilmu-ilmu yang disampaikan selama program penyuluhan. Ingatkan warga agar bisa mengaplikasikan ilmu-ilmu tersebut sehingga bisa membawa manfaat yang lebih besar. Sampaikan harapan misalnya ingin melihat warga bisa memberdayakan diri dengan membangun UMKM demi kemakmuran desa.

5. Pesan untuk Rekan KKN

Selain pesan untuk warga, sampaikan juga pesan untuk rekan mahasiswa yang menjalani KKN. Tentu selama tinggal bersama menjalani kegiatan KKN ada banyak kenangan yang didapatkan. Berikan motivasi kepada teman-teman KKN agar bisa tetap menjaga semangat meskipun kegiatan sudah selesai. Kekompakan dan silaturahmi juga tetap harus dijaga setelah kembali berkuliah dan bahkan setelah lulus nanti.

Pidato perpisahan KKN sebaiknya disampaikan secara singkat dan padat. Usahakan semua poin ini bisa disampaikan tanpa harus menghabiskan banyak waktu. Jika acara perpisahan juga dihadiri DPL, jangan lupa sampaikan juga pesan untuk DPL yang sudah membimbing mahasiswa menjalani seluruh kegiatan KKN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.