Seminar Proposal Skripsi

Sebelum melakukan pelaksanaan skripsi secara lengkap, pada umumnya setiap mahasiswa di berbagai universitas memiliki kewajiban untuk melakukan seminar proposal skripsi. Secara sederhana, seminar tersebut bertujuan untuk menyampaikan perencanaan penelitian yang dimiliki kepada dosen pembimbing, dosen ahli, dan audiens lainnya. Seminar tersebut dapat dikatakan memiliki peran yang penting dalam pelaksanaan skripsi.

Ketika mempersiapkan dan menyusun proposal penelitian, setiap mahasiswa akan didampingi oleh dosen pembimbing tertentu. Setiap dosen pembimbing memiliki karakteristik masing-masing yang dapat memberikan pengaruh yang besar dalam pelaksanaan penelitian termasuk seminar proposal. Meskipun begitu, setiap mahasiswa tetap membutuhkan tips-tips agar seminar proposal skripsi yang dilakukan itu berhasil seperti berikut ini:

1. Jangan Mempersiapkan Slide Secara Mendadak

Hal pertama yang masih sering dilakukan oleh beberapa mahasiswa adalah meremehkan seminar proposal dan mempersiapkan slide presentasi masing-masing secara mendadak. Padahal seharusnya Power Point yang akan digunakan tersebut perlu disiapkan sejak jauh hari sebelumnya secara teliti dan tepat. Setiap mahasiswa juga dapat melakukan jadwal tertentu untuk membuat slide presentasi tersebut.

2. Menyesuaikan Materi dengan Pemahaman

Ketika menyusun bahan presentasi melalui beberapa slide, sebaiknya mahasiswa memperhatikan setiap kata, kalimat, dan gambar yang disampaikan melalui slide. Hal ini dikarenakan setiap tulisan dan gambar yang digunakan perlu disesuaikan secara tepat dengan pemahaman yang dimiliki dalam pikiran masing-masing. Jika sudah tepat, maka mahasiswa dapat menyampaikan presentasi dengan tepat pula.

3. Melakukan Latihan Presentasi Secara Rutin

Jika seminar proposal skripsi yang dijadwalkan oleh pihak akademik fakultas akan diadakan pada minggu depan, maka lakukan latihan untuk presentasi. Mahasiswa dapat pula membuat rencana dan jadwal tertentu secara mandiri untuk membantu proses latihan yang diinginkan sekaligus mempermudah proses presentasi. Selain itu, jangan lupa memanfaatkan aplikasi penghitung waktu dengan sebaik-baiknya.

4. Menyampaikan Latar Belakang dengan Tepat

Selanjutnya terdapat tips yang perlu dilakukan oleh setiap mahasiswa ketika menjadi presentator adalah menyampaikan latar belakang masalah dengan tepat. Latar belakang masalah secara sederhana dapat dikatakan sebagai kunci utama dari lancar atau tidaknya serta diterima atau tidaknya seminar skripsi. Oleh karena itu, mahasiswa sebaiknya menyampaikan latar belakang dengan percaya diri.

5. Mempertebal Bagian Metode Penelitian

Selain perlu menyampaikan latar belakang masalah dari penelitian skripsi yang dimiliki, setiap mahasiswa juga perlu mempertebal penyampaian bagian metode penelitian. Hal ini dikarenakan pada umumnya, setiap dosen pembimbing ataupun dosen ahli yang menyaksikan presentasi akan memperhatikan bagian metode yang digunakan. Dosen juga akan menganalisis kesesuaian dari metode penelitian yang dipilih.

6. Menulis Setiap Pertanyaan dan Saran

Setelah menyampaikan presentasi dalam seminar proposal skripsi masing-masing secara tepat, mahasiswa akan dihadapkan pada sesi yang tidak kalah menegangkan selanjutnya. Sesi tersebut terdiri dari komentar, pertanyaan, kritik, hingga saran yang memang dibuka untuk seluruh peserta dari seminar proposal tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya catat setiap hal yang disampaikan oleh audiens.

7. Menerima Setiap Kritik yang Diberikan

Terakhir, agar seminar proposal berjalan dengan lancar dan tentu saja berhasil, mahasiswa harus memiliki karakter seperti tahan banting akan kritik. Terutama jika suatu kritik datang dari dosen pembimbing atau dosen ahli, maka sebaiknya terima kritik tersebut dengan lapang dada. Ditambah lagi, mahasiswa dapat menjadikan kritik tersebut sebagai bahan untuk perbaikan.

Pada proses pelaksanaan skripsi, keberadaan dan kelancaran dari suatu seminar proposal skripsi yang dilakukan sebelumnya memiliki peran yang besar. Ditambah lagi, seminar tersebut juga perlu direncanakan dengan matang dan disiapkan secara tepat sebelum benar-benar dilaksanakan oleh mahasiswa. Oleh karena itu, gunakan dan praktikkan setiap tips di atas agar seminar berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *