Manfaat Penelitian Bagi Mahasiswa

Banyak mahasiswa baru yang sering menanyakan apa manfaat penelitian bagi mahasiswa. Setiap penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir khususnya yang sedang menggarap skripsi, tesis maupun disertasi pasti mempunyai manfaat tersendiri. Bahkan penelitian untuk sekedar tugas mata kuliah, tugas akhir maupun kompetisi yang membutuhkan karya ilmiah pasti memiliki manfaat juga.

Umumnya penelitian mencakup keilmuan dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dengan metode ilmiah dan pemikiran yang sistematis. Hasil dari penelitian juga biasanya berisi tentang informasi dan solusi untuk pemecahan masalah. Berikut ada beberapa manfaat yang didapatkan oleh mahasiswa melalui penelitian:

1. Kemampuan Memecahkan Masalah Meningkat

Dalam menyelesaikan sebuah penelitian mahasiswa dituntut agar dapat memecahkan suatu masalah. Kemampuan ini harus dimiliki oleh setiap mahasiswa agar lebih siap menghadapi dunia pekerjaan.Jadi dengan melakukan penelitian tentu kemampuan untuk memecahkan sebuah masalah akan meningkat. Jika saat kuliah saja kemampuan trouble shooter telah dimiliki tentu akan lebih siap menghadapi kehidupan dunia kerja. 

2. Kemampuan Berpikir Secara Logis dan Sistematis Meningkat

Selain kemampuan memecahkan masalah, kemampuan berpikir secara logis dan sistematis juga akan mengalami peningkatan. Manfaat penelitian bagi mahasiswa yang satu ini memiliki peranan yang penting di dunia kerja nantinya. Sebenarnya pola pikir seperti ini tidak hanya didapat saat penelitian sebab saat perkuliahan berlangsung pun setiap mahasiswa dituntut berpikir sistematis.

Hanya saja saat melakukan penelitian pola pikir seperti ini akan semakin diasah. Hal ini dikarenakan mahasiswa akan dihadapi dengan masalah yang harus diselesaikan dengan pikiran yang logis dan sistematis agar mendapatkan solusinya. Wawasan pun akan semakin luas karena mahasiswa akan terus menggali informasi dari berbagai referensi melalui metode-metode penelitian yang dilakukan.

3. Keahlian di Bidang Keilmuan Meningkat

Melakukan penelitian tentu memiliki banyak manfaatnya bagi mahasiswa termasuk di bidang keilmuan. Saat melakukan penelitian mahasiswa akan menerapkan berbagai teori yang didapat selama kuliah yang nantinya akan dikaitkan dengan masalah yang akan diselesaikan.

Jadi istilahnya mahasiswa akan langsung mempraktekkan ilmu yang dimiliki secara real di lapangan. Hal ini tentu akan meningkatkan serta memperdalam pemahaman para mahasiswa yang melakukan penelitian. Dengan begitu hasil penelitiannya diharapkan akan obyektif kebenarannya juga bisa dipertanggungjawabkan saat sidang akhir.

4. Melatih Rasa Tanggung Jawab

Saat sudah memasuki tahap akhir perkuliahan mahasiswa akan dihadapkan dengan sebuah penelitian agar dapat mendapatkan gelar sarjana. Dengan melakukan penelitian maka mahasiswa mau tidak mau dituntut untuk segera menyelesaikan penelitian yang dilakukan. Semakin mengulur waktu maka kelulusannya akan tertunda.

Dihadapkan dengan penelitian sebagai syarat kelulusan tentu mahasiswa akan merasa mempunyai tanggung jawab yang harus segera diselesaikan. Tidak hanya tanggung jawab untuk menyelesaikan skripsi tapi jawaban dari hasil penelitiannya pun harus dipertanggung jawabkan juga. Jadi tidak bisa asal-asalan dalam menyelesaikan suatu penelitian.

5. Belajar Untuk Mempertahankan Pendapat

Manfaat penelitian bagi mahasiswa yang lainnya yaitu belajar agar bisa mempertahankan pendapat ataupun ide. Proses untuk menyelesaikan penelitian tentu melalui berbagai tahap dan metode-metode ilmiah yang telah ditentukan. Saat sidang akhir para dosen penguji biasanya akan membahas penelitian yang dilakukan mahasiswa.

Pada saat inilah mahasiswa yang melakukan penelitian akan adu argumen dengan dosen penguji. Mahasiswa harus bisa mempertahankan pendapatnya sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan agar dosen penguji lebih yakin. Daya berpikir kritis dan logis para mahasiswa sangat diuji saat tahap sidang akhir. Dengan begitu mahasiswa akan terlatih untuk mengutarakan dan juga mempertahankan pendapatnya.

Itulah beberapa manfaat yang akan didapat oleh mahasiswa yang melakukan penelitian. Manfaat penelitian bagi mahasiswa tidak hanya berguna saat di dunia perkuliahan saja. Hal ini dikarenakan saat terjun ke dunia kerja mahasiswa yang berhasil melewati tahap penelitian akan terbiasa dan terlatih untuk menghadapi berbagai tantangan yang akan dihadapi di depan nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *