Apa Itu Tugas Akhir

Masa kuliah merupakan masa yang sulit untuk dilupakan bagi beberapa orang terutama ketika menjalaninya pada masa pandemi COVID-19. Ditambah lagi, bagi mahasiswa akhir, kuliah tidak dapat dilepaskan dari perjuangan untuk memperoleh gelar tertentu melalui tugas akhir. Namun sayangnya, tidak sedikit yang masih tidak mengetahui apa itu tugas akhir secara lengkap.

Pada umumnya, tugas akhir seringkali disamakan secara persis dengan istilah skripsi mulai dari proses perencanaan awal, pelaksanaan, hingga pasca penyelesaian. Padahal sebenarnya tugas akhir memiliki definisi dan karakteristik sendiri dan dapat dibedakan dengan skripsi dalam beberapa konteks tertentu. Untuk lebih lanjut, jangan sampai lewatkan ulasan tentang tugas akhir sebagai berikut:

Definisi Tugas Akhir Secara Garis Besar

Siapa yang sampai saat ini masih merasa bingung tentang apa itu tugas akhir dan hal-hal lainnya yang masih berkaitan dengannya? Secara garis besar, tugas akhir sebenarnya dapat dimasukkan ke dalam kategori penelitian atau bahkan karya ilmiah tertentu oleh mahasiswa. Oleh karena itu, tugas akhir bisa dikatakan bukan sekadar penulisan referensi.

Setiap tugas akhir dapat berbeda satu dengan yang lainnya tergantung pada aturan dari kampus, jenis penelitian, hingga objek yang dikaji. Selain itu, setiap program studi dalam satu universitas yang sama tetap memiliki peraturan masing-masing jika menyangkut tugas akhir. Tugas akhir juga perlu disesuaikan dengan konsentrasi yang diambil oleh setiap mahasiswa.

Membedakan Tugas Akhir dengan Skripsi Secara Tepat

Jika membahas penelitian yang menjadi kewajiban mahasiswa untuk meraih gelar, maka terdapat istilah mulai dari tugas akhir hingga disertasi. Namun pada masa sekarang, tugas akhir lebih sering disamakan persis dengan penelitian skripsi walaupun keduanya sebenarnya berbeda. Ketahui apa saja perbedaan yang dimiliki oleh tugas akhir dengan skripsi di bawah ini.

1. Permasalahan yang Ditentukan

Pertama-tama, apa itu tugas akhir dapat diketahui dan dipahami melalui perbedaannya dengan skripsi dalam hal topik permasalahan yang digunakan. Jika skripsi bisa bertolak belakang dari permasalahan yang berasal dari dokumen atau buku tertentu, maka berbeda dengan tugas akhir. Dikerjakan oleh mahasiswa diploma, tugas akhir harus berasal dari praktik lapangan tertentu.

2. Tujuan Utama yang Dicapai

Berdasarkan perbedaan yang dimiliki oleh mahasiswa diploma dan mahasiswa sarjana, perbedaan antara tugas akhir dan skripsi dapat diuraikan dengan tepat. Skripsi dapat dikatakan lebih berfokus pada aspek yang berkaitan dengan pengembangan bidang ilmu tertentu yang dilakukan melalui cara penelitian ilmiah. Sedangkan tugas akhir sejak awal berfokus pada praktik dalam lapangan.

3. Aturan Penulisan yang Diikuti

Pada umumnya, aturan penulisan yang dimiliki oleh skripsi ataupun tugas akhir pada setiap program studi, fakultas, ataupun universitas itu berbeda-beda. Walaupun begitu, aturan penulisan skripsi itu dimulai dari pendahuluan yang diakhiri dengan bagian bertuliskan kesimpulan dan saran. Sementara tugas akhir itu harus diawali dengan bagian tentang summary dari hasil praktik.

4. Hasil dari Penelitian yang Dilakukan

Jika skripsi mengutamakan aspek keaslian penelitian sehingga perlu didahului oleh suatu perbandingan, maka berbeda halnya dengan suatu tugas akhir. Tugas akhir sejak awal diharuskan untuk memiliki fokus penulisan tentang hasil penelitian yang diperoleh melalui metode lapangan. Selain itu, mahasiswa juga perlu memaparkan secara jelas mengenai bagaimana pengaplikasian ilmu yang dipakai.

5. Presentasi Evaluasi yang Dihitung

Terakhir, terdapat aspek yang berkaitan dengan proses evaluasi yang dapat meletakkan skripsi dan tugas akhir dalam kategori dan posisi yang berbeda. Pada proses evaluasi yang dilakukan pasca pelaksanaan penelitian, skripsi memiliki persentase yang tinggi pada kontribusi yang diberikan kepada keilmuan. Sedangkan tugas akhir memiliki persentase tertinggi pada aspek praktik keilmuan.

Sebelum mengerjakan tugas akhir tertentu, mahasiswa perlu mengetahui dan memahami apa itu tugas akhir dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Oleh karena itu, ulasan di atas diharapkan membantu dan dijadikan sebagai salah satu rujukan ketika mengalami kebingungan mengenai definisi tugas akhir. Selain itu, pembaca juga dapat melakukan perbandingan dengan penelitian skripsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *