Pembukaan Sidang Skripsi Bahasa Inggris

Saat akan menjalani sidang skripsi, mahasiswa harus menyampaikan sebuah kalimat pembuka. Pembuka ini disampaikan untuk mengawali proses sidang. Selain menggunakan bahasa Indonesia, mahasiswa juga bisa menyampaikan pembukaan sidang skripsi bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan agar bisa memberikan kalimat pembuka sidang memakai bahasa Inggris:

1. Cari Referensi

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah cari referensi. Biasanya membuka presentasi apalagi sidang skripsi dengan memakai bahasa Inggris akan terasa mendebarkan. Seringkali mahasiswa juga merasa bingung seperti apa kalimat pembuka yang baik. Agar bisa memahaminya, maka carilah referensi sebanyak-banyaknya.

Tak perlu langsung mencari referensi yang langsung menggunakan bahasa Inggris. Bisa juga mencari contoh-contoh pembuka yang menggunakan bahasa Indonesia. Apalagi jika belum punya gambaran sama sekali mengenai kalimat pembuka yang baik saat mengawali suatu presentasi.

2. Pahami Poin Pembuka

Cari tahu dulu apa saja yang bisa disampaikan ketika membuka sebuah presentasi. Kalimat pembuka sebaiknya tidak terlalu panjang. Singkat saja karena kalimat ini cukup dipakai mengawali presentasi. Intinya tetap ada pada pemaparan hasil penelitian yang sudah dilakukan. Terlalu banyak menyampaikan kalimat pembuka juga pasti akan ditegur oleh dosen penguji.

Catat poin apa saja yang sebaiknya disampaikan di bagian pembukaan. Misalnya, kalimat pembuka sebaiknya mengandung salam sapa kepada audiens khususnya penguji. Kemudian harus ada perkenalan diri terlebih dahulu. Sampaikan juga tujuan dari presentasi yang akan disampaikan.

3. Buat Catatan Tertulis

Selanjutnya cobalah mencatat kalimat pembuka yang rencananya akan disampaikan di waktu sidang. Tuliskan saja langsung kalimat pembuka seperti apa yang ingin disampaikan. Menulis dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu tidak masalah baru kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Membuat catatan kalimat pembuka ini bisa membantu mahasiswa menilai apakah kalimat pembuka tersebut sudah cukup efektif atau belum. Jika terlalu panjang, segera kurangi dan jika dirasa terlalu singkat bisa ditambah kalimat lain. Catatan ini nantinya digunakan untuk belajar mempersiapkan diri.

4. Perbaiki Susunan Kalimat

Setelah membuat catatan, baca kembali kalimat pembuka yang sudah ditulis tadi. Jika ingin menggunakan bahasa Inggris, maka pastikan untuk benar-benar memahami pola kalimat yang benar. Pemilihan kata juga harus dilakukan secara hati-hati dan tepat. Selama mempersiapkan diri, luangkan waktu untuk mengoreksi susunan kalimat juga pilihan kata.

Bagi mahasiswa yang berkuliah di jurusan bahasa Inggris, tentu hal ini tidaklah sulit untuk dilakukan. Namun, demi mendapatkan nilai lebih dari penguji maka cobalah untuk memakai kosa kata yang tidak biasa. Ini bisa membantu meningkatkan kualitas kemampuan berbahasa Inggris di mata penguji.

5. Lakukan Latihan

Jika sudah selesai menyusun kalimat pembuka, maka segeralah berlatih. Mahasiswa sebaiknya berlatih secara rutin mengucapkan kalimat pembuka. Ini dilakukan agar bisa semakin hafal dan lancar ketika maju sidang skripsi nanti.

Berlatihlah di depan cermin dan perhatikan gerak-gerik selama menyampaikan kalimat pembuka. Pastikan untuk mengucapkan kalimat pembuka perlahan-lahan dan tetap tenang. Jika ingin melakukan presentasi dalam bahasa Inggris maka pelafalannya harus benar. Oleh karena itu, berlatihlah sebanyak mungkin sehingga bisa melafalkan kalimat bahasa Inggris tadi dengan lancar.

Itulah cara agar bisa sukses menyampaikan pembukaan sidang skripsi bahasa Inggris. Penggunaan bahasa Inggris saat sidang skripsi bisa menambah nilai di mata para penguji. Jika memang diperbolehkan memakai bahasa Inggris, maka coba saja. Selama dipersiapkan dengan baik pasti bisa dilalui dengan baik pula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *