Cara Membuat Kesimpulan Skripsi

Menulis skripsi sering menjadi satu masalah untuk mahasiswa tingkat akhir karena ini tidak semudah yang dibayangkan. Sebagai mahasiswa, memang ada kewajiban untuk membuat skripsi yang memang di dalamnya memuat tentang penelitian terkait bidang keilmuan. Banyak mahasiswa yang bertanya, bagaimana cara membuat kesimpulan skripsi?

Saat melaksanakan sebuah penelitian, tentu saja harus diakhiri dengan kata penutup, dalam hal ini berupa kesimpulan dari seluruh penelitian. Masih belum banyak mahasiswa yang bisa membuat kesimpulan dengan baik dan benar karena terlalu menganggap ini hal remeh.

Teknik dalam Pembuatan Kesimpulan

Secara garis besar, ada beberapa teknik yang bisa digunakan untuk membuat sebuah kesimpulan penelitian yang dilakukan. Jenis penelitian juga ikut mempengaruhi teknik mana yang hendak digunakan dalam pembuatan kesimpulan. Berikut ini beberapa teknik dalam membuat kesimpulan supaya terhubung dengan penelitian:

1. Teknik Generalisasi

Pertama ada teknik generalisasi dimana teknik ini lebih berfokus pada sebuah kesimpulan yang diambil berdasarkan kesimpulan secara umum. Hal ini dilakukan ketika sudah ada kumpulan data tertentu di dalam penelitian kemudian menggunakan mayoritas untuk penarikan kesimpulan. Kesimpulan jenis ini bisa terdiri dari beberapa poin bergantung pada variabel.

2. Teknik Analogi

Selanjutnya ada teknik analogi yang digunakan untuk menarik kesimpulan dengan cara perbandingan antara pembahasan di dalam penelitian. Kesimpulan nantinya akan berisi tentang persamaan dan juga perbedaan dari hasil dan pembahasan yang sudah dibuat sebelumnya. Jadi di dalam kesimpulan, nantinya cuma ada perlakuan sewenang-wenang.

3. Sebab-Akibat

Terakhir ada teknik sebab akibat seperti namanya teknik ini berfokus pada penjelasan dari hasil penelitian yang dilakukan. Mudahnya, teknik ini akan memberi kesimpulan berdasarkan sebab suatu kejadian lalu akibatnya apa terhadap data penelitian. Nantinya di kesimpulan, hanya ada tujuan untuk memperjelas gagasan utama yang terkandung di bab pendahuluan.

Cara Membuat Kesimpulan

Ada pentingnya mengetahui bagaimana cara membuat kesimpulan skripsi yang benar karena bab ini tidak boleh dibuat serampangan. Ketika dirasa kesimpulan kurang mendapat respon negatif untuk presentasi yang telah dilakukan. Kesimpulan ini menjadi hasil paling akhir dan apa yang didapatkan berdasar penelitian tersebut.

  • Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah memperhatikan permasalahan yang diangkat dalam penelitian. Pastikan untuk kembali memahami apa permasalahan yang ada di penelitian karena nantinya ini akan dipakai sebagai dasar dari kesimpulan. Jika pada rumusan masalah terdapat beberapa poin, maka nanti kesimpulan juga akan berisi beberapa poin. Fokuskan saja kesimpulan pada fokus menjawab permasalahan yang sudah ditentukan sejak awal.
  • Setelah memperhatikan permasalahan, langkah selanjutnya adalah dengan menentukan jawaban yang paling tepat dengan melihat pembahasan dan data. Tulis kesimpulan secara kasar terlebih dahulu berdasarkan jawaban dari pertanyaan di bagian rumusan masalah. Sebenarnya kesimpulan hanyalah penjelasan dari tulisan tersirat pada bagian pembahasan saja. Jangan sampai kembali mengulas data yang dicantumkan pada bagian hasil karena ini adalah langkah yang salah.
  • Setelah mendapat kesimpulan secara kasar, tambahkan beberapa kata untuk menjelaskan alasan dari kesimpulan kasar tersebut. Hubungkan kembali dengan bagian pembahasan yang telah dibuat. Untuk catatan, penulisan kesimpulan adalah tidak boleh menggunakan bahasa berbelit dan bersifat membingungkan.

Itulah beberapa cara membuat kesimpulan skripsi karena memang skripsi seringkali menjadi momok paling besar untuk mahasiswa akhir. Cobalah baca kembali tujuan dan manfaat penelitian setiap membuat kesimpulan baru supaya ada pencerahan. Jangan pernah meremehkan kesimpulan maka biasanya akan ada banyak pertanyaan lainnya dari dosen sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *