Cara Olah Data SPSS

Penelitian kuantitatif memang lebih condong kepada perolehan angka-angka karena harus menyebarkan beberapa survey di lapangan. Pengolahan data tersebut biasanya menggunakan aplikasi bernama SPSS karena dapat akurat saat menghitung datanya. Oleh karena itu mahasiswa harus mengetahui cara olah data SPSS yang baik agar datanya menjadi akurat.

Cara Mengolah Data SPSS

Penggunaan aplikasi SPSS ini memang sangat membantu para mahasiswa dalam mengerjakan skripsi dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Terdapat beberapa tutorial mengenai pengolahan data ini yang dapat dijadikan acuan para mahasiswa. Bagaimana cara olah data SPSS dengan baik? Silakan simak ulasan berikut:

  • Langkah pertama buka aplikasi SPSS
  • Masuk halaman dan tekan Analyze.
  • Kemudian tekan tulisan Descriptive Statistics.
  • Lalu pilih lagi tulisan Descriptives.
  • Setelah itu Pilihlah Variabel mana yang akan dilakukan analisis.
  • Lakukan pemindahan variabel pada kolom kiri menuju kolom kanan.
  • Selanjutnya tekan tombol Option.
  • Silahkan memilih analisis yang akan dilakukan penghitungan.
  • Lanjut dengan tekan tulisan OK.
  • Tunggu hingga hasil analisis muncul pada halaman Output.
  • Perhatikan apakah sudah benar langkah melakukan analisisnya.
  • Jika sudah lakukan copy dan pindah hasil analisis pada Word.
  • Silahkan lakukan sendiri langkah di atas.

Pentingnya Olah Data Harus Menggunakan SPSS

Melakukan penghitungan banyaknya data di lapangan akan sangat melelahkan saat dilakukan dengan cara manual. Bahkan tak jarang akan mengalami salah hitung karena saking banyaknya data-data. Oleh karena itu menggunakan cara olah data SPSS sangatlah tepat dan mudah mendapatkan hasilnya. Lantas apa pentingnya mengolah data menggunakan SPSS?

1. Kemampuan Mengolah Berbagai Format Data

Hal utama yang menjadikan seseorang tetap menggunakan SPSS dalam melakukan pengolahan data adalah karena mampu membaca berbagai format data. Kemampuan seperti inilah yang menjadikan aplikasi SPSS ini dapat membantu para peneliti menyelesaikan penghitungan data dengan cepat. Dengan begitu tidak perlu lagi menggunakan banyak aplikasi tambahan lainnya.

2. Tampilan Informasi Data Lebih Kompleks

Tujuan peneliti melakukan penghitungan data penelitian kualitatif adalah agar mengetahui berapa hasil nilai keseluruhannya. Selain menampilkan nilai juga terdapat sebuah fitur kode yang dapat menandai bahwa data tersebut dari laki-laki maupun perempuan. Melalui kode-kode inilah yang akan memberikan kemudahan peneliti dalam membaca hasil olahan datanya.

3. Informasi Hasil Data Akurat

Penggunaan SPSS memang sangat tepat bagi penelitian jenis kuantitatif karena pengolahan data sangatlah akurat. Keakuratan ini karena memperlakukan missing datanya secara tepat. Maksudnya adalah memberikan penjelasan melalui sebuah kode mengapa dapat terjadi missing data. Dengan begitu selain hasil angka yang didapat juga dapat mengetahui alasan suatu data melalui kode tertentu.

4. Mampu Menganalisis Data Berbeda dalam Satu Klik

Para peneliti di lapangan tentunya ingin melakukan penelitian dengan waktu secepat mungkin. Hal ini ini akan terbantu dengan kehadiran SPSS karena memiliki kemampuan dalam mengolah data berbeda dengan sekali klik saja. Melalui fitur inilah data dari masing-masing pengamatan kelompok berbeda akan tampil hasilnya secara bersamaan.

5. Kemampuan Menjadikan Data Tabel Multidimensi

Melakukan pengolahan sebuah data memang akan lebih mudah dibaca hasilnya apabila dibuatkan sebuah tabel. Kemampuan dari SPSS sendiri mampu melakukan olah data menggunakan tabel multidimensi. Selain tabel-tabel dapat dilakukan perubahan sesuai dengan keinginan sehingga dapat memudahkan dalam mengeksplorasi data lapangan.

Demikian ulasan tentang cara olah data SPSS yang dapat dicoba menggunakan laptop maupun komputer. Pastikan perolehan data di lapangan harus teliti dan sesuai agar tidak terjadi salah hitung atau hal-hal merepotkan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *