Beasiswa Monbukagakusho S2

Mendaftar beasiswa ke luar negeri menjadi kesempatan emas untuk belajar dan menambah pengalaman. Beasiswa Monbukagakusho S2 ini dibuka setiap tahunnya oleh pemerintah Jepang untuk mahasiswa di Indonesia dan negara lain. Peserta bisa memilih beberapa jenis program yang tersedia dan dibiayai penuh selama masa studi.

Peserta wajib memenuhi ketentuan dan persyaratan dokumen untuk bisa mendaftar beasiswa tersebut. Apabila lolos tahapan pertama, peserta akan mengikuti tes tertulis lalu dilanjutkan dengan wawancara jika berhasil. Bagi yang berminat untuk studi ke Jepang, inilah pembahasan selengkapnya wajib disimak:

Mengenal Beasiswa Monbukagakusho S2 dan Cakupannya

MEXT atau beasiswa Monbukagakusho S2 ini diselenggarakan oleh pemerintah Jepang yang membuka kesempatan kepada pelajar untuk menempuh pendidikan di negara tersebut. Penyelenggara umumnya akan menanggung biaya kuliah, tiket pesawat hingga kebutuhan bulanan. Biaya hidup bulanan yang diberikan akan disesuaikan dengan program yang diambil.

Tidak hanya itu, beasiswa ini juga mengcover biaya visa untuk mahasiswa. Pihak universitas yang dipilih akan membantu mahasiswa mencari tempat tinggal jika tidak menyediakan asrama. Tidak ada ikatan pada beasiswa MEXT.

Apa Saja Ketentuan Beasiswa Monbukagakusho S2?

Program beasiswa ini ditujukan kepada pelajar yang ingin melanjutkan S1, S2 hingga S3 dengan bidang studi pilihan yang tersedia. Ada sejumlah ketentuan yang harus dipenuhi jika ingin mendaftar beasiswa satu ini di Jepang, antara lain:

  • Berusia maksimal 34 tahun.
  • Lulus D4/S1, S2 dan sederajat.
  • Memilih field study yang berkaitan dengan jenjang pendidikan sebelumnya.
  • Nilai IPK diutamakan 3.2 minimal
  • Mencantumkan sertifikat bahasa asing seperti TOEFL, TOEIC dan JLPT dengan nilai yang telah ditentukan.
  • Pelamar harus bersedia belajar bahasa Jepang.
  • Memenuhi persyaratan akademik lain.

Persyaratan Dokumen Beasiswa Monbukagakusho

Selain ketentuan yang disebutkan, pelamar beasiswa Monbukagakusho perlu mempersiapkan dokumen tertentu. Persyaratan ini dapat berupa formulir, surat rekomendasi, sertifikat dan lain sebagainya. Berikut ini daftar syarat dokumen yang perlu disiapkan, yaitu:

1. Mengisi Formulir

Pertama, peserta perlu mencetak email konfirmasi registrasi online yang terdapat nomor ujian sebanyak 3 lembar. Lalu unduh Application Form dan isi lembaran dengan tulis tangan atau diketik serta lengkapi pula dengan pas foto formal. Selanjutnya, download dan isi formulir aplikasi Placement Preference serta rencana program studi.

2. Mengumpulkan Salinan Ijazah dan Transkrip Nilai

Peserta perlu menyerahkan salinan ijazah atau SKL dan transkrip nilai pendidikan terakhir. Dokumen tersebut harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Jepang serta dilegalisasi oleh perguruan tinggi. Keduanya dikumpulkan dalam bentuk 2 rangkap salinan dan 1 lembar asli.

3. Menyerahkan Surat Rekomendasi

Terdapat dua jenis surat rekomendasi yang diserahkan yaitu dari pihak perguruan tinggi dan atasan atau supervisor bagi yang bekerja. Surat ini berisi tentang pribadi dari pelamar beasiswa yang ditulis menggunakan bahasa Jepang atau Inggris.

4. Mencantumkan Abstrak dan Portofolio

Peserta perlu mencantumkan abstrak tugas akhir, skripsi dan tesis pendidikan terakhir yang ditulis menggunakan bahasa Inggris atau Jepang. Jika memilih bidang desain dan seni, portofolio hasil karya atau rekaman perlu dilampirkan dengan format bebas.

5. Menyiapkan Sertifikat Kemampuan Bahasa

Salinan sertifikat bahasa asing seperti TOEFL, IELTS, TOEIC serta JLPT perlu disiapkan. Peserta harus mengumpulkan salinan sertifikat sebanyak 3 lembar lengkap dengan lembar skor.

Demikian pembahasan tentang beasiswa Monbukagakusho S2 di Jepang yang perlu disimak. Program ini bisa diikuti bagi yang berencana meneruskan studi S1, S2 dan S3 di Jepang dengan biaya penuh. Peserta dapat mengunjungi website atau sosial media milik Kedutaan Besar Jepang untuk informasi selengkapnya mengenai pendaftaran dan persyaratan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.