Cara Mengajukan Judul Skripsi

Setiap mahasiswa yang memasuki semester akhir pasti akan dihadapkan dengan skripsi. Oleh karena itu, mahasiswa tingkat akhir wajib mengetahui cara mengajukan judul skripsi dengan tepat. Judul yang diterima dengan cepat oleh pihak kampus tentunya akan membuat proses pengerjaan skripsi menjadi lebih cepat pula.

Mahasiswa tentunya harus bisa menyelesaikan skripsi sebagai salah satu syarat untuk bisa lulus dari kampus. Sebelum membuat skripsi, pada umumnya pihak kampus akan meminta mahasiswa untuk menyerahkan judul dan menjelaskan apa urgensi di balik judul tersebut. Berikut ini adalah cara mengajukan judul dengan baik:

1. Tentukan Judul

Hal paling utama yang perlu dilakukan mahasiswa tentunya adalah menentukan judul yang akan digunakan dalam skripsi. Judul yang dipilih tentunya harus bisa merepresentasikan masalah penelitian dan mewakili apa saja yang akan dibahas di dalam skripsi itu sendiri. Menentukan judul mungkin tidak semudah yang dipikirkan dan membutuhkan waktu yang cukup untuk memahami masalah yang akan diangkat dalam skripsi.

Supaya tidak kebingungan saat menentukan judul, cobalah amati sekitar dan cari inspirasi untuk menentukan hal apa saja yang bisa diangkat menjadi judul. Luangkan waktu supaya bisa benar-benar fokus mendapatkan ide. Sebetulnya judul bisa didapatkan dari menganalisis suatu masalah. Mahasiswa bisa mengidentifikasi masalah dan apa saja yang menjadi keresahan banyak orang yang bergerak di suatu bidang.

2. Uraikan Latar Belakang Masalah

Selain judul, mahasiswa juga harus bisa menjelaskan latar belakang masalah penelitian. Hal ini dikarenakan tujuan dari penelitian dalam skripsi itu sendiri untuk menjawab masalah yang ada dan memberikan solusi nyata. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai peneliti harus bisa merumuskan masalah dan menjelaskannya dengan tepat.

Latar belakang masalah juga harus bisa menjelaskan mengapa judul skripsi yang sudah direncanakan ini harus segera dilaksanakan. Selain itu, mahasiswa juga sebaiknya menjabarkan urgensi dari penelitian yang akan dilakukan.

3. Buatlah Proposal Pengajuan Judul Skripsi

Cara mengajukan judul skripsi selanjutnya yaitu membuat proposal pengajuan judul skripsi. Sama seperti penelitian pada umumnya, untuk melakukan skripsi juga harus dimulai dengan membuat proposal. Bagi yang belum mengetahui tentang pembuatan proposal, penting untuk diketahui bahwa proposal pengajuan skripsi harus dibuat semenarik mungkin dan pastinya memiliki tujuan berbeda dari penelitian yang sudah ada sebelumnya.

4. Daftar Seminar Proposal

Setelah membuat proposal pengajuan judul dengan tepat, langkah berikutnya yaitu mendaftar seminar proposal. Pada umumnya kampus akan membuka pendaftaran seminar proposal di setiap semester dalam periode waktu tertentu. Jadi, pastikan catat kapan calon peserta seminar bisa mendaftar dan sampai kapan batas waktu pendaftarannya.

Beberapa kampus memberlakukan aturan yang ketat sehingga mahasiswa yang telat mendaftar tidak bisa mengikuti seminar. Oleh karena itu pastikan tidak telat saat mendaftar seminar dan jangan lupa cek lagi apakah proposal yang telah dibuat sudah sesuai dengan ketentuan kampus atau masih ada yang kurang.

5. Presentasikan Proposal Judul

Mahasiswa akan diminta mempresentasikan proposal judul di hadapan dosen, lalu akan ditentukan apakah proposal judul diterima atau tidak. Proposal judul yang diterima akan berubah menjadi proposal skripsi dan mahasiswa pun bisa melanjutkan tahapan berikutnya dalam pembuatan skripsi. Maka, setelah proposal judul diterima segera lanjutkan membuat skripsi dan jangan ditunda-tunda agar cepat selesai.

Itulah 5 cara mengajukan judul skripsi dengan tepat. Agar judul tak ditolak, sebaiknya cek lagi apakah judul yang dibuat telah mengikuti aturan kampus atau tidak. Jangan sampai judul yang diajukan tidak diterima karena ada beberapa hal yang tidak disertakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *