Cara Presentasi Sidang Skripsi

Setelah penelitian dalam skripsi sudah selesai, maka mahasiswa harus mengikuti sidang skripsi untuk mempresentasikan hasil penelitiannya. Dalam tahap ini, hasil penelitian tersebut akan diuji oleh dosen penguji dan langsung diputuskan apakah mahasiswa yang bersangkutan layak lulus atau justru masih harus meneruskan penelitiannya. Oleh karena itu, mahasiswa tingkat akhir sebaiknya mempelajari cara presentasi sidang skripsi yang baik supaya mendapatkan nilai yang memuaskan. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk menampilkan presentasi skripsi yang baik:

1. Pastikan Penelitian Sudah Selesai

Mengikuti sidang skripsi berarti mahasiswa sidang akhir harus sudah menyelesaikan penelitian. Hal ini dikarenakan sidang skripsi merupakan kesempatan mahasiswa tingkat akhir untuk mempresentasikan hasil penelitiannya kepada penguji. Konsultasikan terlebih dahulu kepada dosen penguji apakah hasil penelitian sudah cukup dan layak untuk dipresentasikan pada sidang skripsi atau masih ada data penelitian yang kurang. Jika penguji telah mengatakan bahwa skripsi sudah lengkap, maka mahasiswa bisa segera mendaftar sidang skripsi.

2. Daftar Sidang Skripsi

Cara presentasi sidang skripsi yang berikutnya yaitu mendaftar ke bagian staf kampus. Pada umumnya kampus akan membuka pendaftaran sidang di setiap semester dalam periode waktu tertentu. Jadi, pastikan catat kapan mahasiswa bisa mendaftar dan sampai kapan batas waktu pendaftarannya. Beberapa kampus memberlakukan aturan yang ketat sehingga mahasiswa yang telat mendaftar tidak bisa mengikuti sidang.

Selain itu, biasanya ada sejumlah persyaratan lainnya yang harus dipenuhi mahasiswa saat mendaftar. Misalnya seperti menyerahkan draf final skripsi beberapa rangkap. Oleh karena itu, sebelum mendaftar pastikan skripsi sudah selesai dan telah disetujui oleh pembimbing untuk mengikuti seminar.

3. Perhatikan Jadwal Sidang

Pada umumnya pihak kampus selalu menyelenggarakan sidang skripsi dalam satu hingga dua minggu berturut-turut. Dengan demikian, sidang akan berlangsung berturut-turut sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Wajar saja karena pelaksanaan sidang hanya bisa dilakukan mahasiswa sendiri-sendiri. Jadi, presentasi untuk menjelaskan hasil penelitian skripsi dilakukan secara bergantian.

Setelah jadwal sidang diumumkan, pastikan untuk mempersiapkannya dengan baik supaya presentasi dapat berjalan dengan lancar. Catat kapan mendapat giliran untuk presentasi dan pastikan untuk datang lebih awal supaya tidak terlambat.

4. Pahami Karakter Audiens

Pada umumnya, audiens yang hadir dalam seminar proposal adalah rekan sekelas, dosen pembimbing, dan juga dosen penguji. Jika memungkinkan, carilah informasi terlebih dahulu siapakah dosen penguji yang akan hadir. Dosen penguji yang sudah dikenal tentunya akan membuat rasa percaya diri lebih meningkat saat presentasi.

Sedangkan penguji yang kritis sebaiknya diantisipasi dengan mempersiapkan materi presentasi sebaik mungkin. Berusahalah mempresentasikan hasil penelitian sebaik mungkin sehingga membuat penguji terkesima. Selain itu, kuasai materi presentasi supaya dapat menjawab semua pertanyaan yang diajukan penguji berkarakter kritis.

5. Presentasikan Hasil Penelitian

Setelah melakukan keempat cara di atas, tiba waktunya untuk tampil dan mempresentasikan hasil penelitian. Untuk memudahkan dalam menjelaskan materi, buatlah presentasi menjadi poin-poin dan hindari menjelaskan dengan membaca draft skripsi tanpa menatap audience. Selain mempersiapkan materi presentasi dengan baik, penting juga untuk memperhatikan durasi presentasi.

Jangan sampai waktu yang sudah ditentukan tidak cukup untuk menjelaskan seluruh materi presentasi, terutama hasil penelitian. Hal ini dapat berakibat fatal dan berpotensi mendapatkan pengurangan nilai dari dosen penguji.

Itulah 5 cara presentasi sidang skripsi dengan benar. Pastikan setiap cara yang telah dijelaskan di atas dilakukan dengan baik untuk mendapatkan nilai maksimal. Jangan lupa untuk mempersiapkan materi yang akan dipresentasikan dengan sebaik mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *