Dosen killer merupakan salah satu tantangan besar mahasiswa saat menghadapi sidang skripsi. Mengetahui bahwa dosen yang akan menguji sidang skripsi adalah dosen killer tentu akan membuat mahasiswa bergidik karena takut.

Mendapatkan dosen yang terkenal killer sebagai dosen penguji skripsi tentu seperti mimpi buruk yang menjadi kenyataan. Sialnya, dosen seperti ini mau tidak mau tetap harus dihadapi saat sidang skripsi.

Kamu Takut Menghadapi Dosen Killer saat Sidang Skripsi

Tidak perlu terlalu khawatir, pada dasarnya tidak ada ujian skripsi yang tidak bisa ditaklukkan sekalipun diuji oleh dosen killer. Magna Statistika akan mengulas bagaimana cara menghadapi dosen killer saat sidang skripsi pada artikel berikut ini.

  • Pastikan telah menguasai materi

Kunci utama dalam menghadapi dosen killer adalah penguasaan materi. Menguasai seluruh materi skripsi secara luas dan mendalam akan meningkatkan rasa percaya diri sehingga siapapun dosen yang menguji mahasiswa tidak akan merasa begitu khawatir.

Ketika mahasiswa telah menguasai materi dengan baik tentu akan lebih mudah ketika menghadapi pertanyaan dari dosen penguji. Sebaliknya jika mahasiswa tidak menguasai skripsinya sendiri tentu akan menjadi bulan-bulanan dosen killer saat sidang skripsi.

  • Perhatikan etika saat sidang skripsi

Etika adalah satu hal yang harus dijunjung ketika berhadapan dengan siapapun. Terlebih ketika berhadapan dengan dosen killer di forum sidang skripsi. Mahasiswa harus memperhatikan benar cara bertingkah laku, gaya tubuh, serta cara berbicaranya.

Tetap Optimis Menghadapi Dosen Killer

Misalnya menghindari kalimat yang terkesan membantah. Meskipun tujuan mahasiswa adalah melakukan bantahan tetapi ada baiknya jika kalimat bantahan yang disampaikan secara positif. Penyampaian yang baik akan memudahkan mahasiswa ketika berhadapan dengan dosen killer sekalipun.

  • Menjaga kedisiplinan

Kedisiplinan juga salah satu hal yang harus dijaga untuk menghadapi dosen killer saat sidang skripsi maupun setelah sidang dilaksanakan. Saat pelaksanaan sidang, pastikan untuk datang di ruang sidang sebelum dosen datang. Jangan sampai datang setelah dosen sudah masuk ruangan apalagi datang terlambat dari jadwal yang telah ditentukan.

Baca Juga Kajian Teori Selesaikan Skripsi Tesis Tepat Waktu

Mengenal 10 Perbedaan Skripsi Tesis dan Disertasi yang Wajib Diketahui

Inilah Beberapa Tugas Jasa Bimbingan Pembuatan Skripsi

Begitupun ketika mengumpulkan hasil revisi sidang skripsi. Pastikan untuk mengumpulkan maksimal di hari-H deadline yang diberikan oleh dosen. Keterlambatan bisa saja menjadi satu faktor yang tidak dapat ditoleransi.

  • Kenali karakter dosen

Mahasiswa juga bisa melakukan pemetaan di awal tentang dosen yang akan menguji di sidang skripsi. Jika dosen yang akan menguji memang terkenal killer, cobalah untuk mengidentifikasi karakter dari dosen itu.

Mahasiswa bisa menanyakan kepada teman tentang hal-hal apa saja yang disukai dosen penguji dan hal-hal apa yang tidak bisa ditoleransi oleh dosen penguji. Kesalahan-kesalahan kecil yang terkesan sepele bisa saja menjadi masalah jika tidak ada usaha untuk melakukan mitigasi awal.

Dosen killer bukanlah hal yang harus ditakuti saat sidang skripsi. Jika mahasiswa telah melakukan persiapan sebaik mungkin maka dosen dengan karakteristik seperti apapun tidak akan sulit untuk dihadapi. Artikel ini telah diterbitkan oleh Magna Statistika. Hubungi Magna Statistika dan dapatkan layanan semua permasalahan statistik terbaik dan bisa diandalkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *